Selasa12122017

Last update12:00:00 AM

Back Anambas Pemerintah Gandeng Pokdarwis

Pemerintah Gandeng Pokdarwis

Kelola Destinasi Pariwisata

ANAMBAS (HK) - Sebanyak tiga destinasi wisata  akan di kelola oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis). Langkah tersebut dilakukan agar ada sinergi antara pemerintah daerah dan masyarakat dalam mengembangkan pariwisata.
Kepala Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Kepualauan Anambas (KKA), Iwan  mengatakan, pelimpahan tersebut akan dilakukan dalam waktu dekat tinggal menunggu Peraturan Bupati (Perbup) selesai dan ditanda tangani Bupati KKA Abdul Haris, SH.

"Insya Allah tiga destinasi yakni Air Terjum Temburun, Pantai Padang Melang dan Pantai Arung Hijau segera akan dikelola oleh Pokdarwis," kata Iwan,  Minggu (1/10).

Iwan menguraikan,  dipilihnya Pokdarwis  sebagai pengelola mengingat masyarakat merupakan salah satu ornamen terpenting dalam terbangunnya pariwisata. Tak dapat dipungkiri masyarakat memiliki sumber daya berupa tradisi  yang menyimpan segudang pesona dan daya tarik tersendiri.

"Mereka nantinya akan berperan sebagai tuan rumah  serta pelaku yang memiliki peran vital  dalam pengembangan pariwisata," paparnya.

Dengan adanya sinergitas ini tak dapat dipungkiri berjuta kesempatan yang efeknya adalah peningkatan perekonomian."tentunya kapasitas teresebut sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya.

Pokdarwis lanjut Iwan, keberadaanya perlu dibdukung, serta diberikan pembinaan agar dapat memberikan peran  efektif dalam upaya menggerakan partisipasi masyarakat agar lebih meningkat dan menumbuh kembangkan perekonomiannya.

"Pemerintah sebagai fasilitator,  masyarakat yang berperan langsung di lapangan," jelasnya.

Masyarakat sambung Iwan, akan lebih berperan untuk meningkatkan kunjungan wisata, dengan menerapkan sapta pesona.

"Efek domino dalam pengembangan pariwisata ini akan sangat dirasakan oleh masyarakat juga," bebernya.

Anggota Komisi III DPRD KKA,  Raja Bayu Febri Gunadian,SE yang diminta tanggapannya mengenai hal itu  mengatakan,  pihaknya siap mendukung langkah dinas Pariwisata tersebut. Kendati demikian Dinas Pariwisata mesti juga memberikan pelatihan kepada Pokdarwia terlebih dahulu. Selain itu sejumlah fasilitas lain sebagai penunjang agar dapat berkerja.

"Jangan sampai diserahkan pengelolaanya, namun dibiarlan begitu saja dan tak akan jalan," tegasnya.

Politisi Partai Golkar itu menegaskan, dalam pengembangan pariwisata haruslah bersama-sama.  Tidak berjalan sendiri-sendiri, jika berjalan sendiri niscaya apa yang di cita-citakan tidak akan berhasil.

"Sayang rasanya jika sumber daya alam yang melimpah tidak dimanfaatkan dengan maksimal untuk kesejahteraam masyarakat dan itu memang tugas kita bersama," imbuhnya.(yud)



Share