Sabtu11252017

Last update05:00:00 AM

Back Anambas Upacara Hari Pahlawan di Anambas Berjalan Khidmat

Upacara Hari Pahlawan di Anambas Berjalan Khidmat

ANAMBAS (HK) - Peringatan ke-72 Hari Pahlawan 10 November di Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA)  berlangsung khidmat dan meriah. Ada yang menarik pada peringatan Hari Pahlawan kali ini, selain melaksanakan upacara di Lapangan Sulaiman Abdullah  setelah itu dilanjutkan dengan tabur bunga di Pelabuhan tarempa.
Bertindak sebagai Inspektur Upacara yakni Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris, Komandan Upacara Ipda Gunawan Husein sementara peserta upacara terdiri dari Kompi, TNI dan Polri, Ormas dan LSM, ASN dan PTT serta siswa-siswi SD, SMP dan SMP di Kecamatan Siantan. Hadir dalam upacara tesebut antara lain yakni Ketua DPRD, Danlanal Tarempa, Kapolres Anambas, Wakapolres, Kacabjari, Sekda, Kepala OPD, Tokoh Masyarakat,  Tokoh Adat  dan lainnya.

Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Abdul Haris, SH mengatakan,  untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berkorban  segenap jiwa dan raga  hingga memperoleh kemardekaan perlu kiranya ditanamkan kepada generasi muda.

"Kita harus memaknai ini dan semangat juang ini harus dilaksanakan di kehidupan nyata dalam wujud pembangunan," demikian disampaikan Haris Usai Menjadi Inspektur Upacara (Irup) pada peringatan Hari Pahlawan (10/11).

Untuk itu Orang Nomor satu KKA tersebut mengajak para generasi muda untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan pembangunan. "Ayo bangun dan lanjutkan perjuangan dengan kerja nyata pembangunan demi kesejahteraan masyarakat," ajaknya.

Sementara itu Dan Lanal Tarempa Letkol Laut Teknik Arie Cahyo Nugroho mengatakan, Perjuangan para pahlawan itu mesti dimaknai perjuangan dan tidak selesai sampai di situ saja.

Salah satu perjuangan saat ini tambah Arie  adalah dengan meningkatkan taraf hidup keluarga masing-masing terlebih dahulu. "Salab satunya adalah dengan akselersi berkerha berkreasi untuk meningkatkan taraf hidu."ujarnya.

Arie juga mencontohkan didesa Telaga Kecamatan Siantan Selatan yang mampu berkreasi dengan membuat kerupuk dan membuat sirup salah satu cara dalam mengisi kemardekaan. "Dengan mampu menciptakan inovasi baru akan meningkatkam taraf hidup."jelasnya.

Upacara Digelar

Dibagian lain upacara Hari Pahlawan 10 November juga di Laksanakan di Pulau terdepan Indonesia yakni Pulau Tokong Nanas. Upacara tersebut dilakukan Kwartir Cabang (kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) bersama instansi vertikal.  upacara di pulau terdepan depan  dilakukan dengan suasana khidmat.

Kwarcab Pramuka Anambas Wan Zuhendra mengatakan, rombongan berangkat sejak pukul setengah enam pagi untuk berangkat ke pulau terluar yang berbatasan dengan Negara tetangga tersebut.
"Alhamdulillah, hari ini pelaksanaan upacara di sini (Pulau Tokong Nanas,red) sudah dilaksanakan," sampainya.

Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Bupati KKA itu mengungkapkam,  upacara yang dilakukan ini, selain untuk memperingati hari pahlawan, juga mengajak seluruh komponen untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, terlebih dengan posisi Anambas yang berada pada daerah perbatasan.

"Melalui langkah ini, kami harapkan dapat mengetuk dan menyerukan ke seluruh komponen untuk bersama menjaga kedaulatan Republik Indonesia, apalagi daerah Anambas yang terdiri dari banyak pulau," imbuhnya.(yud)

Share