Sabtu11252017

Last update05:00:00 AM

Back Anambas Pemkab Anambas Revitalisasi Pasar Inpres 2018 Mendatang

Pemkab Anambas Revitalisasi Pasar Inpres 2018 Mendatang

revitalisasi pembangunan pasar infresANAMBAS(HK)-Pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA)  segera  melaksanakan revitalisasi terhadap  Pasar Inpres Kota Tarempa. Agar hasil pembangunannya benar-benar maksimal telah dilaksanakan presentase Perencanaan Detail Engenering Desain (DED) Pasar Inpres Tarempa di Aula Kantor Bupati KKA belum lama ini.

Bupati KKA,  Abdul Haris, SH mengatakan, revitalisasi pembangunan pasar infres dianggap penting mengingat pasar tersebut dibangun pada tahun 1998 silam."Dari segi usia pasar ini memang sudah layak untuk dibangun , karena saat pembangunannya pak Zuhkrin  (Asisten I -red)  masih menjabat sebagai camat Kecamatan Siantan," kata Haris, Minggu (12/10)

Pembangunan Pasar infres lanjut Haris,  direncanakan akan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK)  Kementrian Perdagangan  dengan besaran anggaran sekitar Rp6,6 milliar. "Berapa angka pembangunanya nanti masih menunggu Juknis dari kementrian namun save dana sudah dari pusat sebesar Rp6,6 milliar," ujarnya.

Pembangunan pasar ini tambah Haris, nantinya dapat  merubah wajah kota Tarempa sebagai ibu kota Kabupaten. Untuk itu Haris mengingatkan agar dalam pembangunannya kelak tidak menjadi persoalan maka sebelum dilaksanakan harus benar-benar  serius sehingga hasilnya memuaskan.

"Yang diinginkan itu pasar tersebut repersentatif dan nyaman bagi masyarakat, walaupun tidak ada Mall namun dengan adanya pasar ini menjadi pusat perbelanjaan yang nyaman dikunjungi masyarakat, karena disitu dijual segala macam  sampai foodcourt pun ada," bebernya.

Sementara itu Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan KKA Usman, ST mengatakan, agar pembangunan pasar kelak benar-benar optimal, pihaknya sejak awal  sengaja menampilkan gambar pembangunan pasar sejak awal.

"Hal ini kami lakukan agar mendapatkan koreksi  dari Bupati, wakil Bupat, dan Sekda, sehingga hasil yang didapatkan dapat maksimal," tuturnya.

Masih kata Usman, beberapa hari kedepan pihaknya akan melakukan sosialisasi kepada para pedagang yang berjualan di pasar inpres tersebut. "Kita aka segera lakukan sosialisasi kepada para pedagang yang berjualan dipasar terkait pembanguna pasar ini," sampainya.

Hendri,  Konsultan Perencanaan dari Nusa Dua Konsultan mengatakan, untuk saat ini memang pasar infres sudah tidak layak,  strukturnya sudah tidak maksimal dan sempit, untuk itu akan di coba konsep agar lebih maksimal.

"Rencananya untuk lantai itu terdiri dari 32 Kios sembako Kering dan 8 titik pintu, untuk lantai 2 bangunan baru dibuat kuliner dan foodcourt," imbuhnya.(yud)

 

Share