Sabtu11252017

Last update05:00:00 AM

Back Anambas Inti Pembangunan Kesehatan Pada Keluarga

Inti Pembangunan Kesehatan Pada Keluarga

Hari Kesehatan Nasional ke-53

ANAMBAS(HK) - Menyambut Hari Kesehatan Nasional Ke-53 Pemerintah daerah Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA)  menggelar sejumlah agenda kegiatan. Antara lain yakni senam sehat, gerak jalan santai dan puncaknya apel bersama yang dilaksanakan di halaman Kantor Bupati KKA,  Senin (13/11).
Usai apel Bupati Abdul Haris, SH dan Wakilnya Wan Zuhendra memberikan  penghargan dan bantuan kepada sejumlah pihak yang telah ikut serta membantu proses pembangunan dibidang kesehatan.

Dalam pidatonya membacakan Sambutan Menteri Kesehatan  Republik Indonesia Bupati Kabupaten Kepulauan  Anambas Abdul Haris, SH mengatakan,  keluarga merupakan unit terpencil dari masyarakat yang menjadi inti pembangunan kesehatan sesuai dengan undang-undang Nomor 38 Tahun 2009.

Haris menambahkan, Pendekatan terhadap keluarga bagian dari peran penting dari program Indonesia sehat, di lingkungan juga salah satu sebagai dasar bagi seseorang untuk memiliki kebiasaan, perilaku dan gaya hidup sehat.

"Kita harus berupaya terus menerus berperilaku hidup sehat dimulai dari lingkungan keluarga sendiri," urainya

Lebih jauh Haris mengungkapkan, sebagian besar indikator Standar Pelayanan Minimal (SPM) bidang kesehatan beriringan  dengan 12 indikator keluarga sehat. Lalu terdapat 8 indikator lagi keluarga sehat, namun ada 4 indikator kelurga sehat yang tidak terkait dengan SPM yaitu, merokok, jamban sehat, akses terhadap air bersih dan anggota JKN.

Haris berharap pendekatan terhadap keluarga sehat itu sangat penting untuk menyukseskan dan akan meningkatkan capaian bidang kesehatan di  Anambas. Dalam peringatan hari kesehatan nasional ini merupakan momentum untuk meneguhkan kembali komitmen, menguatkan tekad serta menggungah semangat Pemda agar senantiasa memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan bisa memberi kesadaran kepada masyarakat agar dapat mandiri dalam aspek kesehatan.

"Kita semua harus memiliki komitmen yang jelas dan kita harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik dan menciptakan masyarkat yang mandiri," ujarnya.

Dalam kesempatan itu juga Bupati Anambas memberikan sejumlah bantuan yakni penyerahan secara simbolis bingkisan kepada dukun beranak sebagai mitra bidan yaitu ibu Rahmah dan ibu Dahniar dan penyerahan Haemoglobin set kepada bidan ibu Miskawati dan Desy Varanita. Bantuan lain lagi diberikan pemberi hibah tanah untuk sarana kesehatan yakni pak Idrus dan ibu lilis, selain itu 2 unit motor dinas untuk dua orang dokter di Rumah Sakit Bergerak (RSB) Letung Kecamatan Jemaja. (yud)

Share