Sabtu11252017

Last update05:00:00 AM

Back Anambas Panwaslu Anambas Lantik Anggota Panwascam

Panwaslu Anambas Lantik Anggota Panwascam

 foto bersama panwascam dengan undangan yang hadir usai pelantikanANAMBAS (HK) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) melantik sebanyak 21 Anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) di Aula Rumah makan  Siantan Nur Selasa (14/11).

Pelantikan tersebut sesuai agenda menjelang masuknya tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 mendatang.Pelantikan sendiri dipimpin langsumg oleh Ketua Panwalu Kabupaten Yopi Susanto.

Yopi mengatakan,  Selain melaksanakan pelantikan pihaknya hari ini, juga melakukan pembekalan bagi anggota Panwascam sebelum menjalani tugas dan fungsinya. "Sebelum berkerja mereka kita berikan pembekalan agar paham dan mengerti apa tugas dan fungsinya," kata Yopi,  Selasa (14/11)

Sebelum terpiliha menjadi anggota Panwascam Sebut Yopi, Para anggota Panwascam tersebut telah menjalani berbagai tahapan seleksi. Yopi menguraikan, adapun jumlah pendaftar awal berjumlah 16 orang, pendaftaran dibuka pada tanggal 9-14 September. Lalu dilanjutkan pengantaran berkas pada tanggal 13-20.

Yopi mengakui terjadi kekurangan pelamar maka pihaknya memperpanjang waktu pendaftaran dan dibuka kembali pada tanggal 21-26 September. "Para pelamar semuanya lolos administrasi dan tahapan tes tertulis hingga tahapan wawancara. Tahapan seleksi tersebut telah dilaksanakan pada bulan September 2017 lalu," bebernya.

Lebih lanjut  anggota yang telah terpilih  menjalankan tugas di 7 kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas diantaranya Kecamatan Siantan, Siantan Timur, Siantan Selatan, Siantan Tengah, Kecamatan Jemaja dan Kecamatan Jemaja Timur ditambah Kecamatan Palmatak, masing-masing kecamatan dibagi 3 orang yang menjalani tugas nantinya.

"Masing-masing kecamatan ada 3 orang anggota Panwascam yang menjalani tugas. Ada 7 kecamatan yang ada di Kabupaten Kepulauan Anambas," ujarnya.

Yopi menambahkan, Badan Pengawas Pemilu Republik Indonesia (Bawaslu RI) juga telah memberikan intruksi dalam pelaksanaan pelantikan Panwascam untuk dilaksanakan paling lambat pada tanggal 15 Oktober 2017, oleh sebab itu pihaknya melaksanakan pada hari ini sesuai dengan intruksi. Hal ini merupakan amanat Undang–Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum lembaran negara republik Indonesia tahun 2017 nomor 182,  tambahan lembaran negara RI nomor 6109 dan sesuai dengan amanat pasal 132 ayat 5 Undang-Undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilihan Umum yang berisikan bahwa tata acara seleksi dan pemilihan calon anggota panwas pemilihan kecamatan diatur dalam peraturan Bawaslu.(yud)

Share