Sabtu11252017

Last update05:00:00 AM

Back Andalas Haluan, Koran Berbahasa Indonesia Terbaik I

Haluan, Koran Berbahasa Indonesia Terbaik I

di Sumatera Barat

PADANG (HK)— Badan Bahasa memberikan peringkat terhadap media massa cetak berbahasa Indonesia terbaik 2017. Ada 75 media massa cetak di seluruh Indonesia dalam daftar pemeringkatan tersebut. Harian Haluan menempati posisi ke-15 secara nasional, ke-3 se-Sumatera, dan terbaik pertama se-Sumatera Barat.
Ketua Panitia Bulan Bahasa dan Sastra 2017, Mustakim, mengutarakan, pihaknya menilai pemakaian bahasa pada berita utama (headline) dan tajuk rencana media massa cetak yang dikirim oleh Balai Bahasa di seluruh Indonesia. Pihaknya menilai berita utama dan tajuk rencana yang terbit dari Juni hingga Agustus 2017. Tim penilainya terdiri dari perwakilan organisasi media massa, akademisi, dan Badan Bahasa.

“Mengapa yang dinilai berita utama dan tajuk rencana? Tajuk rencana dipandang mewakili bahasa pimpinan di media, sedangkan berita utama mewakili bahasa rata-rata wartawan media yang bersangkutan. Gabungan keduanya merupakan versi bahasa media tersebut. Penilaian didasarkan pada ketepatan penggunaan kaidah bahasa, logika berita, dan keterbacaan. Pengutamaan bahasa Indonesia termasuk yang dinilai, yakni tidak menggunakan bahasa asing. Media yang berita utama dan tajuk rencananya memakai bahasa Inggris berkurang nilainya, apalagi kalau penggunaan bahasa asing itu tidak disertai dengan bahasa Indonesianya,” tuturnya saat dihubungi Haluan dari Padang melalui pesan WhatsApp, Senin (30/10).

Pada pemeringkatan terhadap media massa cetak berbahasa Indonesia terbaik 2017, kata Mustakim, Media Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai terbaik pertama. Sementara itu, Koran Tempo dan Harian Kompas tidak termasuk dalam daftar peringkat tersebut karena dinyatakan sebagai media berdedikasi dalam berbahasa Indonesia. (h)

Share