Rabu04232014

Last update12:00:00 AM

Back Andalas Pemprov Sumbar Batasi Pelamar CPNS

Pemprov Sumbar Batasi Pelamar CPNS

PADANG (HK)— Pemerintah Provinsi Sumbar  membatasi jum­lah pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hanya sebanyak 8.000 orang. Mareka akan mengikuti Tes Komptensi Dasar (TKD), dengan menggunakan system Computer Assisted Test (CAT) pada jadwal yang ditentukan. Pemilihan 8.000 orang pelamar tersebut, akan di­ten­tukan berdasarkan waktu pendaftaran online, dan telah memenuhi syarat adimistasi yang telah ditetapkan oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Pemprov Sumbar.
“Kebijakan ini untuk me­nyeimbangkan keter­se­diaan anggaran. Jadi, apabila pela­mar sudah memenuhi jumlah 8.000 orang, maka berkas lamaran selanjutnya tidak akan kami proses lagi,” ujar Kepala BKD Sumbar Jaya­disman kepada warta­wan di kantornya, Selasa (10/9) lalu.

Lanjutnya lagi, bagi pela­mar yang tidak masuk kate­gori 8.000 pelamar perta­ma, dan tidak memenuhi per­syaratan umum, maka status pelamar tersebut, akan diu­mumkan melalui webside BKN, atau dalam webside Pemprov Sumbar. “Persyaratan umum, dan persyaratan khusus untuk pendaftaran CPNS di lingku­ngan Pemprov dapat dilihat melalui webside Pemprov Sumbar di web­side BKN. Selain itu, calon pelamar juga bisa melihat persyaratannya di berbagai media lokal di Sumbar,” ungkapnya lagi.

Bagi calon pelamar yang ingin mengikuti tes CPNS di lingkungan Pemprov Sumbar, pelamar sudah bisa mendaftar secara online mulai tanggal 14 September sampai 26 September, melalui webside www.sscn.bkn.go.id. Selain itu, pelamar hanya bisa mendaftar satu kali saja. Setelah mendaftarkan secara online, maka pelamar diwajibkan mengirim seluruh berkas-berkas persyaratan ke BKD paling lambat tanggal 26 September. Namun, berkas tersebut wajib dikirim via POS, dan tidak diperbolehkan mengantar langsung.

“Perlu diketahui pelamar yang mengirim berkas harus sesuai dengan PO BOX yang telah diten­tukan oleh panitia. Dimana, untuk tenaga pendidik pelamar mengrim PO BOX 25001, dan demikian seterusnya,” tuturnya lagi.

Kata Jayadisman, pada pene­rimaan CPNS tahun 2013 ini, Kementerian PAN dan RB telah memberikan formasi sebanyak 193 orang untuk perekrutan CPNS di lingkungan Pemprov Sumbar. Dimana, 72 orang untuk tenaga pendidik ono-disabilitas, 2 orang untuk tenaga pendidik disabilitas. Kemudian, 80 orang untuk tenaga kesehatan, 37 orang tenaga teknis non-disabilitas, 1 orang untuk tenaga teknis disabilitas, dan terakhir 1 orang untuk tenaga teknis pelatih renang.

“Jadi, dengan jumlah formasi itu, 8.000 orang pelamar bisa mendapatkan peluang yang cukup besar,” katanya. (hmg)

Share