Sabtu10212017

Last update05:00:00 AM

Back Batam Komitmen untuk Perbaikan Sosial Masyarakat

Komitmen untuk Perbaikan Sosial Masyarakat

skk migasKunjungan SKK Migas dan Kontraktor KKS ke Haluan Kepri

Batam (HK) - "Kami tetap komitmen dalam upaya memperbaiki dan meningkatkan sosial masyarakat, terutama di daerah tempat kami melakukan eksplorasi. Hal itu diwujudkan dalam bentuk Tanggung jawab Sosial Perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR)."

Demikian kesimpulan dari silaturrahmi yang dilakukan Kepala Urusan Administrasi dan Keuangan Perwakilan SKK Migas Sumbagut, Supriyono bersama Kontraktor KKS Wilayah Riau ketika mengunjungi Haluan Kepri, Rabu (13/9). Hadir dalam rombongan tersebut perwakilan Medco Energi Natuna, Primier Oil Natuna, Star Energi Natuna dan disambut langsung oleh Pemimpin Redaksi Haluan Kepri, Andi, Redaktur Pelaksana I, Muhammad Syahdan, Litbang Haluan Kepri, Fery Heriyanto, dan sejumlah tim kerja Haluan Kepri.

Bentuk CSR yang telah dilakukan, ucap Drajat Panjawi, Senior Manager Relation & Security Dept Medco Energi, dengan memberikan bea siswa pada putra-putri terbaik dari Natuna dan Anambas untuk melanjutkan pendidikannya di bidang pariwisata di Tanjungpinang. "Tidak hanya itu, kami juga konsen terhadap pengembangan ekonomi, pendidikan, dan lainnya," ucapnya lagi.

"Kenapa kami memberikan bea siswa untuk pendidikan pariwisata? Karena, Natuna dan Anambas merupakan dua daerah yang memiliki potensi wisata yang sangat besar. Kami berharap, siswa-siswi ini nanti bisa menjadi pengelola dan pengembang dari pariwisata yang ada di dua daerah ini," terang Drajat.

Hal tersebut juga diamini oleh Yudi P, perwakilan dari Star Energi Natuna. Menurutnya, tanggung jawab sosial perusahaan terhadap masyarakat merupakan hal penting dilakukan. "Sebab, itu merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan pada masyarakat," ucapnya lagi. "Karena itu, untuk lebih "memboomingkan" hal tersebut, perlu komunikasi yang intens antara perusahaan, masyarakat, dan media.

"Inilah yang ingin kami wujudkan dan jalin lebih akrab lagi untuk masa depan," papar lagi. Menanggapi hal itu, Pemimpin Redaksi Haluan Kepri, Andi, menyampaikan, Haluan Kepri merupakan satu-satunya media massa di Kepri yang memiliki penyebaran di seluruh wilayah di Kepri.

"Kami ada di seluruh kota dan kabupaten di Kepri. Jadi tidak salah jika menjadikan Haluan Kepri sebagai media tempat menyaluran informasi dari program-program yang dilakukan oleh SKK Migas dan Kontraktor KKS. Kami, tidak hanya hadir dalam bentuk media cetak, namun juga ada bentuk online-nya," ucap Andi lagi.

Dalam suasana yang akrab tersebut, masing-masing Kontraktor KKS juga menyampaikan apa-apa yang tengah dilakukan mereka saat ini. Termasuk menyinggung soal rendahnya harga minyak dunia saat ini.

"Kita berharap, harga minyak dunia yang anjlok kini yang mencapai angka 40 dollar per barel, tidak berlangsung lama. Soalnya, hal itu juga sangat berdampak terhadap perkembangan ekonomi Kepri terkhusus Batam," ucap Supriyono.   

"Kita begitu merasakan dampak yang sangat besar dari anjloknya harga minyak sekarang. Walaupun begitu, usaha untuk terus memproduksi migas apalagi gas akan terus dilakukan. Semoga situasi ini dapat segera berakhir, harga minyak kembali naik, dan putaran ekonomi bisa seperti waktu-waktu sebelumnya," ujarnya berharap.

Ketika disinggung soal masih tingginya penjualan gas ke Singapura dan Malaysia, Supriyono mengatakan hal itu terjadi karena adanya perjanjian jangka panjang dilakukan sejak dulu.

"Jika kita tarik waktu ke belakang, penjualan gas ke dua negara tetangga itu didasarkan perjanjian yang telah ditandatangani sejak puluhan tahun lalu. Apalagi kita tahu, pada tahun 70-an dan 80-an, penggunaan gas di negara kita masih minim. Karena itu, gas ini ditawarkan ke luar negeri. Bahkan, untuk Singapura saja perjanjian penjualan gas kesana sampai 2028 mendatang," paparnya lagi.

"Namun, walaupun begitu, gas untuk dalam negeri tetap menjadi perhatian utama," jelas Supriyono. (fhy)

 

Share