Sabtu11252017

Last update05:00:00 AM

Back Batam 2.234 JH Debarkasi Batam Sudah di Tanah Air

2.234 JH Debarkasi Batam Sudah di Tanah Air

hajiBatam (HK) - Sebanyak 2.234 orang Jamaah Haji (JH) atau 5 Kloter dari Debarkasi Batam sudah tiba di Tanah Air via Bandara Hang Nadim Batam. Diketahui, pada musim haji 1438 H/2017 tahun ini, Embarkasi/Debarkasi Batam melayani 27 Kloter jamaah dari empat provinsi, yakni, Kepri, Riau, Jambi, dan Kalimantan Barat (kalbar).

Jamaah Haji Kloter 5 Debarkasi Batam tiba di Batam pada, Selasa (12/9) sekitar pukul 23.34 WIB, atau terlambat 34 menit dari jadwal semula pukul 23.00 WIB. JH Kloter 5 merupakan jamaah haji yang berasal dari Kuantan Singingi 191 orang dan Bengkalis 250 orang ditambah 5 petugas kloter dengan total 446 orang. Terdapat dua JH yang mutasi masuk ke dalam Kloter 5 atas nama Darmiah Abdul Wahid asal Kuantan Singingi dari Kloter 09/149 dan Umar Usman Sugab asal Kuantan Singingi dari Kloter 05/38.

Selain itu, terdapat empat orang JH yang masih dirawat di Arab Saudi di berbagai rumah sakit Arab Saudi. Mereka yang masih tertinggal antara lain a.n Dahliana Badur Rahman asal Kuantan Singingi, a.n Habibah Ibrahim Jamaludin asal Bengkalis, a.n Rusli Jamal Johan asal Bengkalis, dan a.n Ahmad Muhammad Wahid asal Bengkalis karena sakit.

Ketua Kloter 5, Jefri Eriadi Erman dalam laporannya saat sampai di Asrama Haji Batam, mengatakan, seluruh rangkaian ibadah haji bagi Jamaah Haji sudah dilaksanakan secara paripurna. “Empat jamaah haji terpaksa kami tinggal karena masih sakit dan dirawat di RS Arab Saudi. Dua jamaah dirawat di RSAS Jeddah, dan dua JH dirawat di RSAS Makkah,” kata Jefri Eriadi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh petugas kloter, karu dan karom atas dedikasinya melayani jamaah. Kerja keras yang luar biasa. Kepada jamaah kami mohon maaf jika pelayanan kami belum sempurna,” katanya lagi.

Sementara dalam kesempatan itu, Heri Indra Putra, Asisten II Pemkab Bengkalis dalam sambutannya mengharapkan JH dapat menjadi suri tauladan masyarakat. "Jadilah teladan di tengah-tengah masyarakat. Diharapkan kepulangan Jamah Haji ke tengah-tengah masyarakatnya dapat membawa nilai positif," ucapnya lagi.

Kemarin siang, Rabu (13/9) seluruh JH Kloter 5 langsung dipulangkan ke daerah asal dengan menggunakan kapal Ferry pada pukul 07.00 WIB dan dua penerbangan masing-masing pada 10.30 dan 13.30 WIB.

Sementara itu, sampai berita ini diturunkan, pesawat Saudi Arabian Airlines no penerbangan SV5318 yang membawa 445 JH Kloter 6 tengah mengudara menuju Bandara Hang Nadim Batam. Diperkirakan tiba di Batam pada pukul 23.16 WIB tadi malam. Dalam Kloter 6 terdapat dua JH yang mutasi yakni a.n Johni Najwan dari Kloter 21 dan a.n Evi S dari Kloter 21. Lalu, dalam kloter ini ada tiga JH yang wafat yakni, a.n Risda Yarni Muhammad Rasyid asal Kabupaten Siak, a.n Hasan Basri Zakari asal Kabupaten Siak, dan, a.n Samidi Citro Sentono asal Kabupaten Siak.

Menurut jadwal, siang ini, Kamis (14/9) seluruh JH Kloter 6 akan dipulangkan ke daerah masing-masing, dimana JH Siak diberangkatkan dengan kapal Ferry Dumai Ekspress via Pelabuhan Sekupang pada pukul 07.15 WIB, dan JH Pelalawan dengan pesawat Citilink via Bandara Hang Nadim pada pukul 10.30 WIB dan 13.30 WIB.

Seiring dengan itu, JH Kloter 7 dijadwalkan akan landing pada pukul 23.00 WIB nanti malam. Kloter 7 merupakan gabungan JH dari Dumai, Indragiri Hilir, Rokan Hulu, Pelalawan, dan Kuantan Singingi. (fhy)

 

Share