Sabtu11252017

Last update05:00:00 AM

Back Batam Curanmor Lintas Kabupaten di 'Dor'

Curanmor Lintas Kabupaten di 'Dor'

curanmor lintas kabupatenHasil Curian Dikirim ke Lingga

SAGULUNG (HK) -- Dua bandit pencuri sepeda motor (Curanmor) di dor unit reserse Polsek Sagulung saat penangkapan di Pelabuhan Kampung Baru, jembatan 6 Barelang, Minggu (12/11) sekira pukul 01.00 WIB subuh. Keduanya ditembak (di dor) karena melawan petugas.

Selain dihadiahi timah panas, polisi juga berhasil mengamankan 3 unit barang bukti, yakni 1 unit Honda Beat Biru Putih BP 3499 QQ, 1 unit Honda Beat Hitam BP 2377 QI dan 1 unit Satria FU Biru Putih BP 6351 FM yang hendak dikirim ke pulau Lingga.

Kedua bandit motor tersebut adalah Wahyudi Megantara (27) yang berdomisili Bengkong Otorita dan Budi Susanto (29) tingggal di komplek Jaya Putra Jodoh, Batuampar.

Sementara itu, polisi juga menangkap dua penadah atau pembeli motor curian yakni bernama Rido Rustisa (27) ditangkap paksa dari Kampung Pancur RT 01/RW01, Lingga Utara, Kabupaten Lingga serta Said Farizan (34) seorang nelayan yang tinggal di Kampung Limbong RT 02 RW 01 Kelurahan Bukit Harapan, Lingga.

Sementara pelaku lainnya berisinial Saragih masih dalam Daftar Pencarian Orang (DPO), sedangkan sepeda motor yang dicuri yang juga sempat dibawa ke Lingga menggunakan kapal diantaranya 1 unit Honda Scoopy Putih, 1 unit Satria FU Hitam, 1 unit Yamaha Vixion Hitam, 3 unit Honda Beat Hitam, 1 unit Honda Beat Putih, 2 unit Honda Beat Biru Putih.

Kapolsek Sagulung, AKP Hendrianto didampingi Kanit Reskrim, Ipda Yohannes Bonar Adiguna Hutapea mengatakan, penangkapan  ketiga tersangka ini bermula saat transaksi di Kampung Baru, Jembatan 6 Barelang hendak mengirim 3 unit motor ke Lingga.
"Kedua pelaku ini melawan petugas, makanya ditembak kedua kakinya," ungkap Kapolsek.  

Bahkan, beberapa unit sepeda motor yang dicuri itu dibeli dari Saragih di Kampung Baru Jembatan VI Galang pada Sabtu (11/11) sekira pukul 23.00 WIB kemarin malam. "Tersangka ini kita tangkap pada saat transaksi di jembatan 6 Barelang. Dan pada saat ditangkap mereka melawan petugas, makanya kita dor kakinya," ujar Hendrianto, Senin (13/11) siang.

Dikatakan Kapolsek lagi, ketika dilakukan penangkapan, Rido juga ikut dikapal untuk membeli sepeda motor tersebut. Setelah dikembangkan dari pelaku, kita mendapati 35 TKP sekota Batam. Oleh karena itu, penyidik Polsek Sagulung juga masih melakukan pengembangan dengan TKP lainnya.

"Kasus ini juga akan kita kembangkan terus dimana saja TKP nya. Dari pengakuan pelaku sudah 35 TKP yang dijelajahi. Kita juga akan kita jemput paksa motor yang sudah dikirim ke pulau Lingga tersebut," katanya lagi.

Akibat perbuatannya, kedua pelaku tersebut dikenakan Pasal 362 KUHP, tentang pencurian dengan ancaman 5 tahun penjara. Sedangkan terhadap 2 pelaku penadah dijerat Pasal 480 KUHP, dengan ancaman 4 tahun kurungan penjara. (ded)

 

Share