Sabtu11252017

Last update05:00:00 AM

Back Batam Tingkatkan Keamanan dan Kenyamanan Lingkungan

Tingkatkan Keamanan dan Kenyamanan Lingkungan

polsek blp12 Anggota Pokdar Kamtibmas BLP Dikukuhkan

BELAKANGPADANG (HK)- Guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan dilingkungan masyarakat di Kecamatan Belakangpadang Batam, Kapolsek BLP melantik dan mengukuhkan 12 anggota Kelompok Sadar (Pokdar) Keamanan dan Katertiban Masyarakat (Kamtibmas), Selasa (14/11), di Gedung Nasional Kampung Tanjung, Kelurahan Tanjungsari, Kecamatan Belakangpadang.

Pengukuhan yang berlangsung sederhana itu dihadiri Kanit Binmas Ipda Kirman, Lurah Sekanak Raya Amir Kasim SPdi, Seklur Tanjungsari, Yopi, seluruh Pers Bhabinkamtibmas Polsek Belakangpadang dan Pokdar Kamtibmas dari masing masing kelurahan.

Kapolsek BLP, AKP Ulil Rahim S.Kom mengatakan, Pokdar merupakan inovasi, dan kreativitas polisi dengan masyarakat dalam mendukung program prioritas promoter kapolri guna meningkatkan kondusivitas di lingkungan masyarakat.

"Pengukuhan ini sebagai Asistensi Kelompok Sadar Kamtibmas, khususnya di Polsek Belakangpadang tahun 2017, periode setahun kedepan yang diperkuat personel kepolisian dari unit Binmas maupun seluruh Bhabinkamtibmas Polsek Belakangpadang," sebut AKP Ulil Rahim.

Diterangkan Kapolsek, yang telah dikukuhkan ini sebanyak 12 orang, sebagai anggota Pokdar Kamtibmas Polsek Belakangpadang, yang unit masing-masing terdiri dari 2 org anggota Pokdar Kamtibmas di setiap kelurahan.

"Pembentukan Pokdar Kamtibmas ini, mengingat dan menimbang letak wilayah geografis Kecamatan Belakangpadang yang mencangkup pulau-pulau. Dari itu, perlu dibentuk Pokdar Kamtibmas agar membantu kinerja Polri ke depan, serta dapat membangun mitra kerja antara Polri dan masyarakat," ungkap AKP Ulil.

Adapun tugas atau peran dari Pokdar Kamtibmas ini, imbuhnya, dapat bekerja sama dengan Bhabinkamtibmas diwilayahnya masing-masing, sehingga dapat memberikan informasi sekecil apapun.

"Jelas informasi yang diberikan ialah berkaitan dengan Kamtibmas. Sehingga, informasi tersebut dapat ditindaklanjuti untuk menjaga dan meningkatkan rasa aman, nyaman, serta kondusivitas terjaga di tengah tengah masyarakat," ujar Kapolsek BLP ini.

Selain itu, sebutnya, Pokdar Kamtibmas harus mampu mengembang tugasnya serta dapat menciptakan ide-ide yang baru, sehingga dapat membuat sebuah wilayah menjadi lebih aman, tentram, dan kondusif.

Lurah Sekanak Raya Amir Kasim SPdi mengungkapkan, pembentukan Pokdar Kamtibmas ini merupakan kebijaksanaan strategi Polri melalui pola Pembinaan Pengamanan Swakarsa, yang pada hakekatnya adalah untuk memberdayakan peran aktif, serta tanggungjawab masyarakat terhadap penciptaan keamanan dan ketertiban dilingkungan masing-masing secara swadaya.

"Tujuannya, dalam rangka membina, mencegah, serta menanggulangi tindak kriminalitas, atas keterbatasan personel Polri di setiap kecamatan. Sehingga itu dianggap perlu memberdayakan potensi-poetnsi masyarakat sebagai mitra Polri yang memiliki obsesi yang sama gunamewujudkan Kamtibmas yang aman dan mantab," kata Amir Kasim SPdi .

Menurut Lurah Sekanak Raya ini Pokdar Kamtibmas ialah termasuk salah satu potensi masyarakat yang sangat consern, sehingga bisa memberikan bantuan komunikasi dan informasi tentang situasi Kamtibmas disetiap wilayahnya itu.

"Dengan mendapatkan informasi yang cepat dan akurat, pihak kepolisian akan lebih mudah, tepat sasaran, serta cepat untuk mengatasi setiap permasalahan yang timbul, di tengah tengah masyarakat kita ini," pungkasnya. (vnr)

 

Share