Minggu02252018

Last update05:00:00 AM

Back Batam PKL Dibabat, Kios Depan Edukit Dibiarkan

PKL Dibabat, Kios Depan Edukit Dibiarkan

Penertiban Terkesan Pilih Kasih

BATAM (HK) - Pelebaran sejumlah ruas jalan di Kota Batam oleh Walikota Batam, Muhammad Rudi dengan melakukan penertiban bangunan, mendapat perhatian dari sejumlah pihak. Salah satunya dari Anggota Komisi I DPRD Kepri, Ruslan Kasbulatov.
Ruslan Kasbulatov menyebutkan bahwa penertiban selama ini terkesan pilih kasih. Dimana keberadaan Pedagang Kaki Lima (PKL) dibabat habis oleh tim terpadu, sementara keberadaan sejumlah kios di depan Ruko Edukit, Batam Center, justeru luput dari penertiban.

"Walikota pilih kasih, PKL ditertibkan sementara sejumlah kios di Edukit dibiarkan," ungkap Politisi PDIP ini.

Seharusnya, kata mantan Wakil Ketua DPRD Batam ini, keberadaan kios-kios di depan Ruko Edukit harusnya mendapatkan perlakuan sama seperti PKL yang selama ini diterbitkan, sebab sama-sama berada di row jalan atau jalur penyangga.

Dengan demikian, terangnya, harusnya keberadaan kios depan ruko Edukit juga harus rata dengan tanah karena berada di row jalan. ”Kios depan Edukit harusnya juga rata dengan tanah, karena berada di row jalan," tegasnya lagi.

Dengan pembiaran keberadaan kios dan bangunan lain depan Ruko Edukit, ungkapnya, menjadi pertanda bahwa walikota tidak tegas dengan pengusaha, tetapi dengan PKL justru sangat tegas. "Sangat menyesalkan ini terjadi, ini karena ini menunjukkan pak Walikota Batam tidak tegas dengan pengusaha," terangnya.

Sebagaimana diketahui bersama Walikota Batam melalui tim terpadu tengah gencar melakukan penertiban bangunan di row jalan sejak 2017 lalu, hal tersbut sebagai upaya melebarkan sejumlah ruas jalan. Menyambut visi misi menjadikan Batam sebagai salah satu kota tujuan pariwisata.

Di tahun 2018 ini, ada 10 ruas jalan yang akan dilebarkan oleh Pemko Batam, yakni Simpang Sincom ke Simpang Frengki, kemudian dari simpang Frengki ke Simpang Kabil dan dari Simpang Kabil ke Simpang Masjid Raya.

Selanjutnya, Simpang Frengki ke Simpang BNI lalu dilanjutkan ke Underpass, Simpang 21, Simpang Sei Ladi dan Simpang KDA, Batam Centre. (ays)

Share