Minggu05202018

Last update05:00:00 AM

Back Batam Melihat Dekat Cara Kerja Media Cetak

Melihat Dekat Cara Kerja Media Cetak

images/stories/Berita/2018/Februari/14Februari18/09 - 14 februari 18 melihat dekat haluan kepri.jpgPelajar SMPN 38 Kunjungi Kantor Haluan Kepri

BATAM (HK) -- Guna melihat secara langsung proses penerbitan surat kabar (media cetak) dan sistem kerjanya, belasan pelajar dari Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 38 Batam didampingi Kepala Sekolahnya Alfida Hasan dan sejumlah guru, mengunjungi Kantor Redaksi Hari Umum Haluan Kepri, Selasa (13/2) pagi.

Kedatangan belasan pelajar tersebut di Jalan Yos Sudarso 9, Bengkong Grama, Bengkong disambut langsung oleh Kabag Sirkulasi Haluan Kepri, Paruhum Nasution bersama pewarta Haluan Kepri, Dedi Manurung dan lainnya.

Mewakili pihak managemen, Paruhum Nasution menjelaskan proses pemilihan isu, pencarian berita, proses editing, layout hingga pra cetak, kemudian cetak hingga sampai ke tangan pembaca.  

Pertama, lanjut Paruhum, berita merupakan hasil liputan wartawan dari berbagai daerah, kiriman berita dari instansi pemerintah, lembaga formal dan non formal. Hasil liputan atau rilis tersebut kemudian dikirim oleh wartawan ke bagian redaksi.

"Wartawan menulis berita atau dapat dari rilis, kemudian tulisan tersebut diserahkan ke redaktur untuk diedit agar susunan dan ejaannya memenuhi kaedah jurnalis," terangnya.

Setelah selesai diedit, tulisan tersebut kemudian diserahkan oleh redaktur ke bagian yang lebih tinggi untuk diperiksa ulang, dan juga mengatur penempatannya apakah di hal I, II dan seterusnya. "Setelah melalui proses editing dan layout, berita kemudian dicetak dan jadilah surat kabar atau koran," jelasnya.

Sesi akhir dari rangkaian ini, yakni bagian sirkulasi kemudian mengirimkan koran ke seluruh agen-agen, dan langganan yang ada di Batam, di luar Batam hingga ke Kabupaten Natuna dan Anambas melalui transportasi udara.

Kepala SMPN 38 Batam, Alfida Hasan menyampaikan terimakasih atas penerimaan dan penjelasan yang diberikan, sehingga wawasan para siswa bertambah menyangkut proses penerbitan koran Haluan Kepri ini, apalagi ada khusus halaman pendidikan.

Selain itu, Alfida Hasan serta guru lainnya juga mengusulkan bahwa di moment Ulang Tahun (Ultah) Haluan Kepri meminta supaya diadakan lagi lomba Cerdas Cermat (CC) yang sebelumnya pernah diadakan di Haluan Kepri.

"Kami senang berkunjung kekantor redaksi Haluankepri ini. Ternyata ketika dilihat-liat sangat sulit prosesnya pembuatan koran ini. Kami berharap Haluan Kepri kembali menggelar cerdas cermat di hari Ultah Haluan Kepri," ungkapnya.

"Alhamdudillah kami sudah tau proses pembuatan ini koran ini. Mudah-mudah Haluan Kepri selalu eksis dan menjadi inspirasi pelajar di Batam," ungkapnya lagi.

Diakhir sesi kunjungan, para siswa dan guru berkenaan meninjau percetakan. Dalam kesempatan itu para siswa juga banyak bertanya baik menyangkut tehnik percetakan, kertas yang dipakai dan syarat menjadi wartawan. (ded)

 

Share