Senin04232018

Last update05:00:00 AM

Back Batam Gandeng Bank Terapkan Pos Keliling

Gandeng Bank Terapkan Pos Keliling

bp2rd gandeng perbankanBerikan Kemudahan dan Maksimalkan Pendapatan Pajak

BATAM (HK) - Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Batam menggandeng perbankan untuk menerapkan sistem pembayaran pajak keliling, yakni dengan mendirikan posko pembayaran di sejumlah pusat keramaian dan perbelanjaan secara terjadwal.

Kepala BP2RD Kota Batam, Raja Azmansyah mengatakan bahwa BP2RD sudah melakukan pertemuan dengan beberapa bank mitra, hasilnya mereka mendukung dan menyetujui agar pembayaran pajak bisa dilakukan pada pos yang disediakan pada beberapa pusat perbelanjaan di Kota Batam.

"Semua mitra kita mendukung tempat-tempat pembayaran pajak disediakan pos-pos pembayarannya dengan terjadwal. Kita targetkan pada tahun 2018 ini terealisasi," katanya, Senin (16/4).

Azman melanjutkan, bahwa konsep nantinya setiap Kecamatan atau pusat perbelanjaan akan disediakan posko pembayaran pajak baik dalam bentuk fasilitas Anjungan Tunai Mandiri (ATM) maupun PT Pos Indonesia, dan itu berlaku bagi seluruh pajak daerah, terutama pajak PBB dan BPHTB.

Selain itu, mitra perbankan juga akan menjalin kerjasama dengan toko ritel seperti Alfamart dan Indomaret. "Pilihan itu untuk memudahkan masyarakat Batam yang ingin membayar pajak, karena toko ritel tersebut telah tersebar di seluruh Kota Batam," sampainya.

Azman menambahkan tujuan BP2RD menerapkan sistem ini agar memberikan kemudahan kepada para wajib pajak di Kota Batam sekaligus bisa meningkatkan pendapatan dari sektor pajak daerah.

"Dengan memiliki agen tentu lebih memudahkan dan kita berharap agar penerimaan pajak meningkat dari tahun sebelumnya," jelasnya.

Sampai saat ini, BP2RD telah bekerjasama dengan lima perbankan di Kota Batam untuk memudahkan para wajib pajak, seperti Bank Jawa Barat (BJB), Bank Nasional Indonesia (BNI), Bank Riau Kepri, Bank Rakyat Indonesia (BRI) dan Bank Tabungan Negara (BTN).

Untuk diketahui Pada triwulan I tahun 2018 pendapatan Pajak Daerah Kota Batam mengalami peningkatan sebesar Rp30 miliar di banding Triwulan I tahun 2017, dengan realisasi PAD sebesar 17,12 persen dengan rincian pajak hotel 22 persen, restoran 25 persen, hiburan 24 persen. (cw56)

 

Share