Senin11202017

Last update05:00:00 AM

Back Batam Pasar Induk Aset Pemerintah Tetap Diperuntukan Sebagai Pasar

Pasar Induk Aset Pemerintah Tetap Diperuntukan Sebagai Pasar

BATAM CENTRE- Keberadaan Pasar Induk Jodoh sebagai pasar rakyat akan tetap diperuntukan sebagai pasar, meskipun ada sejumlah pihak yang menginginkan pasar tersebut dialihfungsikan. Walikota Batam Ahmad Dahlan kepada Sijori Mandiri, Minggu (15/5) mengemukakan, Pasar Induk adalah sebuah aset pemerintah yang harus dibenahi dan dilakukan penataan kembali. Pasar Induk tidak akan berubah fungsi, karena sudah pas dan cocok sebagai pasar rakyat di Batam.

Menurut Dahlan, Pasar Induk dibangun dengan dana yang besar dari berbagai sumber anggaran, mulai dari dana Pemko Batam, dana APBD Kepri, APBN hingga dana yang bersumber dari Otorita Batam (OB). Secara lahiriah, lanjutnya, Pasar Induk sudah berdiri megah dan tidak ada masalah jika ke depannya tetap digunakan sebagai pasar.

Dahlan mengakui Pasar Induk memang tidak terkelola dengan baik dan sampai saat ini terkesan semrawut dan kumuh. Ini menjadi tugas Pemko Batam untuk dilakukan penataan kembali dengan menenderkan pengelolaan kepada pihak lain.

"PT Golden Tirta Asia selaku mitra Pemko Batam telah gagal. Proses pengakhiran kerja sama pada akhir tahun lalu segera kita tindaklanjuti dengan mengandeng pengelola baru," ujarnya.

Ia mengatakan, menggandeng pihak lain dalam pengelolaan Pasar Induk sudah sepantasnya dilakukan Pemko Batam. 

"Kondisi Pasar Induk tidak saja merugikan para pedagang yang ada di dalamnya. Aset Pasar Induk, seperti bangunan dan jaringan pendukung yang ada di sana juga sudah hampir musnah. Maka itu, dalam waktu dekat ini akan kita tunjuk siapa pengelola selanjutnya melalui tender," kata Dahlan. (sm/rl)

Share