Kamis06222017

Last update05:00:00 AM

Back Batam Pulau Abang Masuk Destinasi Wisata Nasional

Pulau Abang Masuk Destinasi Wisata Nasional

BATAM CENTRE- Pulau Abang yang berada di Selatan Kota Batam, tepatnya paling ujung Pulau Galang dimasukan dalam daftar destinasi wisata nasional 2011.  Keindahan wisata Pulau Abang bisa disejajarkan dengan wisata pantai Bali dan daerah lainnya di Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Batam, Guntur Sakti kepada Sijori Mandiri, Sabtu (22/5)  mengatakan, dimasukannya Pulau Abang sebagai tujuan wisata nasional oleh pemerintah pusat jelas akan mempengaruhi Visit Batam 2010 yang dicanangkan Pemerintah Kota (Pemko) Batam hingga lima tahun ke depan.

Sesuai dengan program wisata Kota Batam pada 2011, tim Visit Batam yang dibentuk akan mencanangkan wisata pulau dengan tema 'ayo ke pulau-pulau' yang jumlahnya ribuan di Batam.  Pulau-pulau kecil ini sama sekali belum dikembangkan menjadi kawasan wisata yang lebih baik dan dikelola secara benar.

Pulau kecil yang berpotensi dijadikan kawasan wisata juga masih susah diakses dengan alat transportasi laut yang modern. Pulau Abang salah satunya juga seperti itu, belum dikelola secara baik dan tidak ada sarana pendukung objek wisata itu.

"Saya rasa dimasukan Pulau Abang tujuan wisata nasional sangat masuk akal dan pantas, tinggal pengembangan yang lebih baik. Wisata Pulau Abang sangat alami, air laut jernih, pantai pasir putih dan terumbu karang serta ikan hias sangat mudah untuk dijumpai,"ucap Guntur.

Wisata Pulau Abang ini sangat cocok bagi wisatawan yang suka menyelam (diving), memancing dan menjelajah perairan yang sangat indah dengan pemandangannya. Pulau Abang sendiri juga terlihat sangat hijau, karena hingga kini masih terjaga seperti aslinya.

Untuk menjangkau Pulau Abang ini, wisatawan cukup membutuhkan waktu puluhan menit dari Jembatan 6 Barelang. Tranportasi yang digunakan bisa perahu bod dan kapal speed yang disewakan masyarakat sekitar pelabuhan Jembatan 6 Barelang. (sm/rl)

Share