Senin11202017

Last update05:00:00 AM

Back Batam PLN Bantu 10 Unit Genset

PLN Bantu 10 Unit Genset

BENGKONG- Ketersediaan listrik merupakan hal yang vital pada saat proses pemungutan dan penghitungan suara. Untuk mengantisipasi terjadinya gangguan listrik pada saat persiapan, pemilihan dan perhitungan suara Pemilukada Kepri, PT PLN Batam memberikan bantuan genset sebanyak 10 unit.

Selain KPUD, sembilan kecamatan di Batam akan mendapatkan masing-masing satu unit genset. "Jumat lalu (21/5) kami sudah melakukan pemasangan instalasi genset di KPUD Batam, Sekupang. Sisanya hari ini, Senin (24/5) kami pasang genset di sembilan kecamatan di Batam," ujar Sekretaris Perusahaan PT PLN Batam Lutfi Nazi dalam rilisnya, kemarin.

Kapasitas setiap genset yang dipasang berbeda-beda bergantung pada kebutuhan daya dan kemampuan genset yang tersedia.  Kapasitas daya genset untuk KPU sebesar 250 KvA, Kecamatan Batuampar, Sei Beduk, Sagulung dan Batam Kota masing-masing mendapatkan bantuan genset dengan kapasitas daya sebesar 5,8 KvA, Kecamatan Lubuk Baja 10 KvA, Kecamatan Sekupang 4 KvA, Kecamatan Bengkong 50 KvA, dan Kecamatan Nongsa sebesar 100 KvA.

Selain bantuan genset, PT PLN Batam pun menyiagakan 87 personil berikut bahan bakar dalam pengoperasian. Petugas akan berjaga selama 24 jam penuh secara bergiliran untuk mengantisipasi adanya gangguan kelistrikan. Mereka akan bekerja dalam dua shift, pagi (pukul 07.30 sampai 19.30 WIB), dan malam (pukul 19.30 hingga  07.30 WIB).

“Kami berharap agar pemilukada berlangsung dengan lancar dan aman,” kata Lutfi.

Pada saat kondisi normal, pembangkit PT PLN Batam memiliki kemampuan daya sebesar  284 MW dengan beban puncak tertinggi sebesar 249 MW. Khusus untuk hari H pemilihan suara, yakni pada 26 Mei yang juga merupakan hari libur diperkirakan beban mengalami penurunan. Beban puncak  saat pemilukada mencapai 195,7 MW,  sehingga PT PLN Batam masih memiliki cadangan sebesar 88,3 MW. (sm/r/ad)

Share