Kamis06222017

Last update05:00:00 AM

Back Batam Tersangka Kasus Bansos Sudah Ada, Kajati Belum Mau Sebut Nama

Tersangka Kasus Bansos Sudah Ada, Kajati Belum Mau Sebut Nama

BATUAMPAR- Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Kepri Tengku Sofyan Oebit menyatakan  kasus dana bantuan sosial (bansos) Pemko Batam yang ditangani Kejari Batam sudah ada calon tersangkanya. Sayangnya, Kajati belum mau menyebutkan siapa nama tersangka dimaksud. 
"Sudah ada calon tersangka yang telah kita tetapkan. Bukti-buktinya telah mencukupi," ujar Sofyan Oebit usai menghadiri peresmian Samsat Corner di Harbour Bay Mall, Selasa (25/5).

Ia menambahkan, kasus bansos tidak mungkin dihentikan. Kasus ini akan jalan terus sampai mempunyai kekuatan hukum tetap. 

"Proses hukum kasus bansos akan terus dilanjutkan dengan menetapkan siapa saja pejabat yang terlibat. Semua hasil penyelidikan dan penyidikan sebelumnya sedang diinventarisir. Siapa yang sudah diperiksa dan belum diperiksa, apa hasil pemeriksaanya, semua akan diinventarisir," kata Kajati menjelaskan.

Kajati menegaskan, status penyidikan yang telah ditetapkan oleh Kejari Batam sebelumnya tidak akan pernah diubah. Yang perlu dilakukan adalah evaluasi. Jika terdapat kekurangan saksi, maka akan dilakukan pemanggilan dan pemeriksaan. Lalu dilakukan ekspos atas temuan dan hasil penyidikan yang dilakukan.

"Setelah proses ini semuanya selesai, hasil dari keseluruhan proses dilaporkan ke Kejaksaan Agung, untuk dilakukan evaluasi dan suvervisi," imbuhnya.

##Banggar Usul Dihapus

Sementara itu, Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kota Batam Rudy mengusulkan dana bansos sebaiknya dihapuskan saja. Wacana itu akan dilontarkan saat pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) nanti.

Rudy mengatakan, agar dana bansos tepat sasaran, maka dana tersebut digulirkan dengan sistem hibah. Untuk itu, Pemko perlu mendata seluruh tempat-tempat ibadah. Termasuk juga  mendata nama-nama panti asuhan yang ada di Batam.

"Untuk LSM, OKP tentunya berdasarkan data yang terdaftar di Kesbang Linmas," ujar Rudy, kemarin. (sm/dh/li)

Share