Selasa07252017

Last update05:00:00 AM

Back Bintan 60 TKA di Lobam Diperiksa

60 TKA di Lobam Diperiksa

9 Orang Belum Punya NPWP

BINTAN (HK) - Sebanyak 60 Tenaga Kerja Asing (TKA) dari tiga perusahaan di kawasan Industri Lobam diperiksa petugas gabungan Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Bintan. Dokumen semacam pasport, izin tinggal, IMTA dan lainnya digeledeh petugas gabungan ini.
Namun sayang, target untuk menemukan TKA bodong alias ilegal dikawasan industri itu tak berhasil ditemukan. Diduga operasi dadakan yang melibatkan seluruh jajaran terkait seperti kejaksaan, Bea Cukai, Syahbandar, Kantor Pajak hingga bagian perizinan di BPMPTSPTK Bintan ini lebih dulu bocor.

Meski demikian, perwakilan dari Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bintan mendapati ada 9 TKA yang belum memiliki Nomor Peserta Wajib Pajak (NPWP). Padahal sesuai aturan yang berlaku, setiap pekerja asing yang sudah bekerja di atas 183 hari wajib memiliki NPWP.

"Saat pemeriksaan di PT ESCO kita menemukan ada 9 TKA yang belum memiliki NPWP dari total 27 TKA di perusahaan itu. Kalau sesuai time tesnya, 183 hari bekerja di Indonesia dia (TKA) jadi subjek wajib pajak," terang Kasi Pemeriksaan KPP Pratama Bintan, Maryati, Kamis (18/5).

Ia mengatakan, temuan ini akan segera dilaporkan ke pimpinannya untuk ditindaklanjuti. Meskipun tidak ada sanksi secara hukum, namun 9 TKA yang belum punya NPWP itu akan dikenakan denda sebesar 2,5 persen.

Sementara itu, operasi gabungan yang dipelopori jajaran di Imigrasi Klas II Tanjunguban ini setidaknya memerika 7 TKA yang bekerja di PT Pertama Precision Bintan, 27 TKA yang bekerja di PT ESCO serta 27 orang asing yang bekerja di PT Singatac.

"Totalnya ada 61, tapi 1 orang tadi yang di PT Pertama Presicion Bintan tidak masuk kerja. Semua dokumen para TKA itu lengkap kalau pemeriksaan dari sisi Imigrasi," tutur Kasi Bagian Humas Imigrasi Tanjunguban, Hiba Riansyah di kantornya.

Dengan operasi pengawasan orang asing di salah satu kawasan objek vital di Bintan ini, hasilnya kata Hiba, para TKA sudah cakap mengikuti aturan bekerja yang berlaku di Indonesia. (oxy)

Share