Sabtu11182017

Last update05:00:00 AM

Back Bintan Disdik akan Evaluasi Angkutan Sekolah

Disdik akan Evaluasi Angkutan Sekolah

BINTAN (HK) Sementara atas peristiwa tersebut, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Bintan Tamsir mengatakan, pihaknya akan melakukan evaluasi terhadap kelayakan angkuatan sekolah, teruma bus yang mengangkut siswa.
"Kita akan memanggil pengusaha angkutan sekolah besok (hari ini-red) untuk mengevaluasi kelayakan angkutan bus tersebut," ujar Tamsir, di kantor Disdik Bintan, Kamis (18/5).

Dalam pertemuan nanti lanjutnya, pihak Disdik akan membicarakan dengan pihak pengusaha angkutan bus sekolah, apakah selama ini bus yang digunakan untuk mengangkut siswa sekolah layak atau sebaliknya. "Kita belum mengetahui apakah bus sekolah yang digunakan selama ini layak digunakan, sudah ikut KIR di Dinas Perhubungan dan lainnya," imbuhnya.

Terkait dengan tabrakan tersebut, Tamsir menduga bahwa peristiwa itu bisa dikatakan human eror, karena kesalahan manusia. Mungkin saja kata dia, saat melintasi perempatan jalan tersebut supir tidak melihat kiri dan kanan, sehingga terjadi tabrakan yang berlawanan arah.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Bintan Hasriawadi menyayangkan atas peristiwa kecelakaan bus sekolah tersebut. Karena kata dia, selama ini pihak pemerintah daerah masih menggunakan cara lama dengan menyewa bus dari pihak ketiga yang dilakukan dengan cara sistim pelelangan.

Pria yang akrab disapa dengan sebutan Gentong ini mengatakan, seharusnya Pemerintah Kabupaten Bintan bisa menganggarkan dana untuk pembelian bus baru untuk sekolah dan jangan terus menyewa bus lama yang tidak diketahui apakah layak pakai atau tidak.

"Kita sangat menyayangkan atas peristiwa kecelakaan bus tersebut, karena bus yang digunakan sudah lama yang seharusnya diganti yang baru. Kalau menggunakan bus lama, maka pengusaha yang diuntungkan dan sebaliknya masyarakat yang dirugikan," kata Gentong. (oxy, eza)

Share