Kamis10192017

Last update05:00:00 AM

Back Bintan Lurah Bersama GMPL Goro Punguti Sampah di Sungai

Lurah Bersama GMPL Goro Punguti Sampah di Sungai

BINTAN (HK) - Lurah Kawal Vebby Detra Nusanda bersama puluhan pengurus Gerakan Masyarakat Peduli Lingkungan (GMPL) Kecamatan Gunung Kijang melakukan gotong royong (goro) dengan membersihkan sampah dari hulu sungai di Kawal yang penuh ditumbuhi mangrove, Senin (9/10).
Vebby tak segan-segan bersama pengurus GMPL membersihkan aliran sungai dari sampah dengan memunguti sampah-sampah yang mengambang dan tersangkut diakar mangrove dengan menggunakan sampan milik warga sekitar. Alhasil, puluhan kilogram sampah plastik berhasil dievakuasi dari aliran sungai dan dibawa ke darat untuk diproses dengan cara dikumpulkan dan dibakar. Menurut Vebby, kegiatan yang digagasnya merupakan bentuk kepedulian pihaknya bersama warga dalam menjaga kelestarian mangrove didaerah Kawal.

Apalagi, selama ini aliran sungai Kawal dijadikan sebagai ladang mata pencaharian masyarakat untuk mencari ikan dan hayati lainnya yang hidup di hulu sungai tersebut. Selain itu juga, kegiatan ini untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap kelestarian alam sekitar. "Ini juga untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat betapa pentingnya menjaga kelestarian alam terutama kawasan mangrove dari pencemaran dan kerusakan," tuturnya.

Ia berharap, dengan kegiatan gotong royong di kawasan mangrove ini bisa menyadarkan masyarakat untuk selalu senatiasa menjaga hutan mangrove sebagai ekosistem alam yang perlu dijaga.

Terpantau ada empat kapal yang digunakan mereka untuk memunguti sampah disepanjang hulu sungai Kawal, mereka membersihkan sampah-sampah dengan menggunakan jaring dan dimasukkan kedalam kantong plastik hitam untuk dibawa ke daratan. (oxy)

Share