Senin12182017

Last update12:00:00 AM

Back Bintan Puskesmas Buka Hingga Jam 10 Malam

Puskesmas Buka Hingga Jam 10 Malam

Dinkes Persiapkan 10 Dokter Tambahan, Dukungan Program Bupati

BINTAN (HK) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan akan merekrut 10 dokter tambahan untuk mendukung program Bupati Bintan Apri Sujadi yang mewacanakan Puskesmas buka hingga jam 10 malam. Menurut Kepala Dinkes Bintan Dr Gama Isnaeni, kesepuluh dokter akan ditempatkan di puskesmas agar bisa buka pelayanan kesehatan hingga larut malam. "Jadi rencananya, setiap puskesmas akan ditambah dua dokter lagi," ucap Gama, Senin (9/10).
Untuk tahap awal Gama mengatakan, pelayanan yang buka hingga jam 10 malam diantaranya puskesmas Kawal, Teluk Sasah, Kijang dan puskesmas Tanjunguban. "Rencananya dilakukan secara bertahap, Insya Allah besok akan dilaunching," ujarnya. Dibukanya pelayanan kesehatan hingga larut malam disetiap puskesmas memang digadangkan Apri Sujadi supaya pelayanan kesehatan tidak terfokus di RSUD Bintan di Kijang.

Dalam beberapa kesempatan, Apri menuturkan, kalau selama ini pelayanan kesehatan di RSUD Bintan cukup tinggi sejak program berobat gratis di launching oleh Pemkab Bintan. Wacana ini sambungnya, melihat atas beberapa kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat dimana sejak program kesehatan gratis diluncurkan, masyarakat yang ingin berobat dimalam hari hanya mempunyai opsi untuk langsung menuju ke rumah sakit.

Karena jam pelayanan puskesmas yang terbatas hanya sampai pukul 16.00 WIB, Apri melihat program barunya ini perlu dibuat agar pelayanan kesehatan kepada masyarakat baik di puskesmas maupun di rumah sakit dapat lebih maksimal lagi.

"Kebijakan ini kita buat berdasarkan beberapa faktor, salah satunya batasan jam pelayanan di Puskesmas. Maka pelayanan puskesmas hingga pukul 22.00 WIB ini, kita buat untuk memudahkan masyarakat yang berobat, agar masyarakat memiliki banyak opsi untuk berobat dengan tidak bergantung hanya di rumah sakit," kata Apri saat menghadiri pengajian di Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur, kemarin malam. (oxy)

Share