Sabtu11252017

Last update05:00:00 AM

Back Bintan 30 Panwascam Se-Bintan Siap Dilantik

30 Panwascam Se-Bintan Siap Dilantik

Jelang Verifikasi Faktual Parpol

BINTAN (HK) - Sebanyak 30 orang calon panitia pengawas kecamatan (Panwascam) se-Kabupaten Bintan yang dinyatakan lulus setelah mengikuti tes wawancara terakhir beberapa waktu lalu, siap dilantik. Panwaslu Bintan mengagendakan pelantikan akan dilangsungkan, Selasa (14/11) besok.
Menurut Ketua Panwaslu Bintan Dumoranto Situmorang, dengan terpilihnya 30 peserta dari 10 kecamatan se-Bintan ini diharapkan bisa memaksimalkan pengawasan penyelenggaraan pemilu di Bintan. Apalagi, tahapan penyelenggaraan pemilu yang sedang berjalan saat ini seperti tahapan verifikasi faktual dalam penelitian administrasi kelengkapan partai politik (Parpol) yang akan ikut menjadi kontestan Pemilu serentak 2019 mendatang.

"Kita agendakan pelantikan kemungkinan 14 November 2017 (Besok-red). Agenda selanjutnya panwascam akan langsung bekerja sesuai tahapan pemillu sesuai dengan PKPU Nomot 7. Dimana sekarang ini tahapan yg sedang berlangsung tahapan pengawasan verifikasi faktual dalam penelitian administrasi kelengkapan parpol yg akan ikut pemilu tahun 2019 nanti," beber Dumoranto, Minggu (12/11).

Ia menambahkan, dengan dibentuknya panwascam disetiap kecamatan bisa memaksikan tugas panwaslu dalam mengawasi dan mencegah terjadinya pelanggaran tahapan penyelenggaraan pesta demokrasi mendatang. "Untuk memaksimalkan setiap tahapan bisa diawasi secara maksimal agar pelanggaran setiap tahapan bisa cepat terdeteksi dan pencegahan dimaksimalkan sehingga proses pemilu kedepan berjalan dengan baik tanpa banyak permasalahan," tukasnya.

Sementara itu, Ketua Pokja perekrutan panwascam, Ondi Dobi Susanto menambahkan, tahapan seleksi panwascam dilakukan secara terbuka dan transparan. Para peserta yang semula diikuti 100 lebih peserta se-Bintan tahapn demi ditahap diseleksi yang terbaik dari yang baik. Mulai dari tahapan seleksi berkas administrasi, tes tertulis yang soalnya dikirim langsung dari Bawaslu Kepri hingga tes wawancara yang dilakukan Panwaslu Bintan.

"Semua tahapan kita lakukan dengan transparan, artinya peserta yang tak berkompeten tidak bisa lulus. Kita berharap, orang-orang yang terpilih dan akan dilantik nanti, adalah orang-orang yang mampu bekerja penuh dalam mengawasi setiap tahapan penyelenggaraan pemilu," katanya.

Kepada Panwascam yang terpilih, Ia mengatakan, harus cepet bekerja terutama melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait. Ondi berujar, panwascam harus menjalin komunikasi dengan camat didaerahnya dalam meminta dukungan tenaga pembantu bagian administrasi dan keuangan yang berasal dari PNS pemerintahan setempat. (oxy)

Share