Sabtu11252017

Last update05:00:00 AM

Back Bintan Hari Ini, Operasi Zebra Berakhir di Bintan

Hari Ini, Operasi Zebra Berakhir di Bintan

256 Pengendara Kena Tilang, 142 Ditegur

BINTAN (HK) - Hari ini, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bintan mengakhiri operasi zebra 2017. Sejak dilakukan dari awal bulan November hingga Senin (13/11) kemarin, tercatat ada 256 pengendara yang ditilang petugas, sedangkan 142 pengendara lainnya ditegur agar lebih mematuhi peraturan lalu lintas.
Jumlah tersebut meningkat jika dibandingkan operasi serupa tahun sebelumnya (2016) yakni 156 pelanggaran dengan rincian 91 tilang dan 65 dilakukan teguran. Meningkatnya jumlah pelanggaran para pengendara saat di jalan raya disebabkan kelalaiannya dengan keselamatan diri dan kurangnya pemahaman terhadap peraturan lalu lintas yang tertuang dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009.

Kasat Lantas Polres Bintan AKP Anjar Yogota Widodo menerangkan, dari 256 pengendara yang ditilang kesatuannya terdiri dari 219 pengendara roda dua dan 37 pengendara roda empat. Untuk pelanggaran yang dilakukan pengendara sepeda motor diantaranya tidak memakai helm sebanyak 34 pengendara, tidak membawa surat-surat kendaraan termasuk SIM sebanyak 183 pengendara serta kendaraan tidak dilengkapi dengan kelengkapan seperti kaca spion sebanyak 2 pengendara.

Sementara untuk pelanggaran pengemudi roda empat, kata Anjar, masih ada pengemudi yang tidak menggunakan sabuk pengaman sebanyak 2 pengemudi, tidak membawa surat-surat kendaraan sebanyak 34 pengemudi dan pelanggaran lainnya sebanyak 1 pengemudi.

"Total keseluruhan pelanggaran yang dilakukan baik roda dua dan roda empat berjumlah 256 pengendara dan 142 pengendara lainnya kita berikan teguran agar tidak mengulangi kelalaiannya lagi saat berkendara," ujar Anjar di Bintan, Senin (13/11).

Namun demikian, Anjar tak menampik jika jumlah pelanggaran akan meningkat lagi karena operasi zebra 2017 akan berakhir hari ini. Karena kepolisian tetap melakukan operasi pemeriksaan surat kendaraan dan kelengkapan kendaraan. "Kita tetap operasi sampai hari terakhir," tuturnya.

Ia pun berharap, dengan terselenggaranya operasi zebra oleh Satlantas yang dilakukan serentak se-Indonesia pada 1 hingga 14 November 2017 khususnya di Bintan bisa menyadarkan kepada masyarakat pengguna jalan raya agar lebih mematuhi dan tertib berlalu lintas. Sehingga bisa meminimalisir kecelakaan lalu lintas yang kerap kali berujung kepada kematian.

"Tentunya kita selalu menghimbau tidak hanya pada saat ada operasi, tetapi setiap saat kita selalu menyampaikan pesan-pesan supaya masyarakat lebih taat dan tertib aturan lalu lintas. Karena kepedulian kami adalah pelayanan kepada masyarakat," imbuhnya. (oxy)

Share