Sabtu11252017

Last update05:00:00 AM

Back Bintan 30 Anggota Panwascam Bintan Dilantik

30 Anggota Panwascam Bintan Dilantik

pelantikan panwasAwasi Tahapan Pemilu di Kecamatan

BINTAN (HK) - Sebanyak 30 orang yang akan menjadi Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam)di 10 kecamatan dilantik oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Bintan. Acara pelantikan dan pengambilan sumpah berlangsung khidmat dan disaksikan Bawaslu Kepri, Kesbangpol Bintan, perwakilan TNI-Polri serta jajaran Forkominda Pemkab Bintan di Hotel Aston Tanjungpinang, Selasa (14/11).

Mereka yang terpillih dari proses tahapan seleksi yang dilakukan Panwaslu Bintan selama sebulan itu merupakan orang-orang yang memiliki integritas tinggi dalam menjunjung dan patuh terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku. Ketua Panwaslu Bintan Dumoranto Situmorang mengharapkan, kepada 30 panwascam se-Kabupaten Bintan agar tetap mengedepankan kepentingan negara daripada kepentingan pribadi maupun golongan.

"Tentunya kita berharap kepada rekan-rekan panwascam yang baru dilantik agar bisa segera bekerja, tahapan penyelenggaraan pemilu sudah berjalan terutama dalam mengawasi verifikasi faktual yang dilaksanakan oleh KPU Bintan khususnya," tutur Dumoranto usai pelantikan dan pengambilan sumpah.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Bawaslu Kepri, Muhammad Sjahri Papene. Menurutnya, panwascam sebagai tombak ujung pengawasan di wilayah kecamatan harus benar-benar memahami dan mengamalkan tugas, kewenangan serta kewajibannya sebagaimana tersirat dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilu. "Sangat dibutuhkan komitmen dan integritas yang tinggi dalam setiap menjalankan tugas yang diatur dalam peraturan perundang-undangan," harapnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bintan Karya Hermawan menambahkan, pemilu serentak 2019 merupakan langkah bangsa Indonesia menuju reformasi demokrasi yang bermatabat. Dalam hal ini, pengawas pemilu memiliki tugas berat dalam mensukseskan pesta demokrasi khususnya di Bintan. Ia juga mengharapkan, berkurangnya jumlah petugas pengawasan pemilu jangan mengendurkan semangat dalam fungsi pengawasan penyelenggaraan pemilu.

"Untuk petugas pengawas tentunya tugas berat siap menanti anda semua. Kalian harus memiliki integritas yang tinggi. Berkurangnya anggota komisioner baik tingkat kabupaten maupun kecamatan harus diimbangi dengan fungsi pengawasan yang baik dengan intens melakukan koordinasi dengan lembaga terkait," tutupnya.

Usai dilantik dan diambil sumpahnya oleh Panwaslu Bintan, ke-30 orang panwascam se-Bintan langsung dibekali dengan berbagai kebutuhan teknis mulai dari kesekretariatan hingga rapat kerja teknis (Rakernis) yang berlangsung hingga 16 November 2017 mendatang. (oxy)

 

Share