Sabtu11012014

Last update12:00:00 AM

Back Bintan Distemben Bintan Minta Hentikan Tambang Bauksit

Distemben Bintan Minta Hentikan Tambang Bauksit

Diduga Belum Mengantongi Izin

BINTAN (HK) - Kepala Dinas Pertambangan dan Energi (Distemben) Bintan, Wan Rudi, meminta kegiatan tambang bauksit di Tanjungkeruing Desa Teluksasah, Kecamatan Seri Kuala Lobam, Bintan, dihentikan. Karena di duga tidak mengantongi izin. Padahal aktivitas tambang ini sudah berjalan hampir sebulan ini.

Menurut Wan Rudi, penambangan tersebut diluar wilayah tata ruang wilayah pertambangan. Pasalnya wilayah pertambangan yang ada di Bintan, hanya meliputi wilayah Gunungkijang dan Bintan Timur, bukan di daerah Tanjungkeruing Desa Teluksasah.

Sementara untuk Kecamatan Seri Kuala Lobam dan Bintan Utara, menurutnya hanya diperuntukkan bagi industri, perumahan dan kawasan hutan lindung. Oleh sebab itu, pihaknya mengambil tindakan untuk melakukan upaya menghentikan aktivitas penambangan di lahan seluas 10 hektar lebih tersebut.

Wan Rudi menilai perusahaan yang menambang bauksit itu hanya akal-akalan berdalih untuk cut and fill dalam rangka membangun shipyard. Namun sebenarnya izin pertambangan maupun ijin pembangunan shipyard tidak dimilikinya.

"Jangan mengkadali Pemerintah dengan pura-pura membangun shipyard lah. Kenyataannya sampai detik ini tidak ada proposal pembangunan shipyard tersebut. Semua izin itu kan lewat Distemben. Jadi kami tahu ada tidaknya izin perusahaan tersebut," ujarnya.

Bila mana benar perusahaan tersebut ingin membangun shipyard, ia meminta agar segera mengurus dokumen untuk segera diproses. Bila memang ada pengajuan pembangunan shipyard tentunya untuk menambang bauksit di lokasi tersebut harus mengikuti aturan yang telah ditentukan.

Namun demikian melakukan kegiatan penambangan perlu juga memikirkan dampak lainnya termasuk masalah lingkungan. “Mulai hari ini,  kegiatan penambangan kami perintahkan ditutup” katanya dengan tegas.

Sementara Humas pengelola lahan di Tanjungkeriung, Herri S, membenarkan ada perintah pemberhentian sementara aktifitas  tambang bauksit, hingga seluruh perizinan dilengkapi. "Benar, memang Kadistamben memerintahkan penghentian aktivitas penambangan bauksit. Beliau juga meminta agar seluruh perizinan dilengkapi terlebih dahulu," jelas Herri lagi(fik)

Share