Senin09012014

Last update12:00:00 AM

Back Home

Batik Kian Mendunia

Sejak dinobatkan menjadi warisan budaya dunia dari Indonesia pada oleh UNESCO pada Oktober 2009 setelah sempat 'dibumbuhi' saling klaim dengan negeri jiran Malaysia, popularitas batik kian mendunia.

Batik tak lagi sekedar jarik atau kemben yang identik dengan masyarakat tempo dulu, tapi kini telah menjadi bagian tren fashion. Tak hanya muncul di sejumlah pagelaran busana bertaraf internasional, karya seni klasik khas Nusantara ini juga telah menjadi pilihan busana sejumlah pesohor dunia.

Januari 2013 mendatang, batik Sogan asal Solo akan dipamerkan dalam peragaan busana di Roma, Italia. Dalam parade fashion itu, Sogan akan dipakai oleh rumah mode prestisius, Armani dan Versace.

Rencana itu sempat dibicarakan saat sekolah mode tertua dan terbaik  di Roma, Koefia dan perwakilan Region Lazio mengunjungi Solo beberapa waktu lalu. Diwakili oleh Direktur Artistik Koefia, Bianca Lami, mereka mengaku tertarik dan kagum  dengan batik.

"Mereka kagum dengan batik. Menurutnya batik sangat memungkinkan untuk dimodifikasi dengan garis rancangan yang modern. Bahkan mereka sangat kaget dengan beragamnya motif batik dan variasi cara pembuatannya," ucap Walikota Solo Joko Widodo beberapa waktu lalu.

Batik Sogan adalah salah satu jenis batik klasik dengan warna dominan variasi dari warna coklat. Dinamakan batik sogan karena pada awal mulanya, proses pewarnaan batik ini  menggunakan pewarna alami yang diambil dari batang kayu pohon soga.

Tak cuma Armani dan Versace, sejumlah desainer kondang dari berbagai negara lainnya juga sangat tertarik dengan batik. Ada Dries Van Noten yang menunjukkan hasratnya terhadap batik parang. Perancang asal Belgia ini terpancing mengawinkan pesona batik dengan detail modern, dalam serangkaian koleksi Spring/Summer 2010.

Nicole Miller pun tak kuasa melawan pesona batik. Lewat serangkaian koleksi resort 'Bali' 2009, desainer asal Australia yang sohor di Amerika Serikat ini menunjukkan hasratnya terhadap batik pesisir dan mega mendung khas Cirebon. Batik corak mega mendung juga menjadi bagian dalam pagelaran mode dunia, London Fashion Week 2011.

Terangkatnya batik ke kancah internasional semakin kukuh saat menyaksikan penampilan sejumlah selebritas berbalut batik. Mereka yang tertangkap kamera antara lain, Jessica Alba, Reese Witherspoon, Rachel Bilson, Lenka, dan Drew Barrymore.

Nelson Mandela, tokoh anti-apartheid yang sangat dihormati bangsa Afrika Selatan, bahkan telah menjadikan batik sebagai kostum utamanya. Di berbagai forum dunia, ia selalu mengenakan batik, yang kebanyakan dari Indonesia.

Meski UNESCO telah menetapkannya sebagai warisan budaya dunia dari Indonesia, batik rupanya tak hanya berkembang di Indonesia. Selain di Afrika yang populer dengan sebutan ‘Madiba's Shirt’ alias pakaian Mandela, batik juga muncul di Malaysia, Jepang, Cina, India, Jerman, dan Belanda. ***

Share