Jumat10312014

Last update12:00:00 AM

Back Ekonomi Bisnis Bisnis 400 Macam Motif Batik Gonggong Khas Kepri

400 Macam Motif Batik Gonggong Khas Kepri

TANJUNGPINANG (HK) - Batik Gonggong Lawanan, khas Kepri tidak hanya sekedar nama besar yang sudah menebar ke seantero Provinsi Kepri, namun juga dibarengi kualitas dan modelnya yang beragam. Saat ini, Batik Gonggong milik Onny Kay, sudah memiliki 400 lebih motif.

"Batik Gonggong kita gunakan sebagai nama dengan berpedoman pada makanan khas gonggong yang hanya ada di perairan Kepri, inilah yang menjadi kekhasan Batik Gonggong," ujar Onny Kay sembari mengatakan produksi batik Gonggong menggunakan cap dan tulis, Selasa (30/10).

Ia menjelaskan, adapun motif yang ada selama ini ialah, motif gonggong, kemunting, berbagai macam hewan laut, seperti, ikan duyung, sotong dan lain sebagainya. Katanya, model bajunya pun bervariasi, seperti kaos oblong, kemeja, blues dan lain-lainnya.

Onny mengatakan, konsumen juga bisa menetukan motif atau corak lain selain yang ditawarkannya. Namun, walaupun pembeli menginginkan motif sendiri, tetapi, tetap menggunakan gambar gonggong sebagai batiknya khas Kepri.

"Kami bisa memberikan motif tersendiri yang sesuai dengan keinginan konsumen, namun, hal ini tidak lepas dari gambar gonggong," paparnya.

Harga yang diberikan kepada konsumen sangat standar, tergantung bahan dan modelnya. Batik cap ditawarkan dengan harga Rp150 ribu hingga Rp175 ribuan. Sedangkan untuk batik tulis harganya mulai dari Rp175 ribu hingga Rp1 jutaan.

Bahan dasar batik bervariasi, mulai dari sutra, dobi dan lainnya. "Di sini kami juga menjual bahan kain dengan ukuran mulai dari 2 meter seharga Rp130 ribu. Dan ada juga kain Sutra harganya Rp1 jutaan untuk 2 meter," tutur Onny.

Kualitas Batik Gonggong sangat bagus, bisa tahan bertahun-tahun, tergantung pemeliharaan.

"Kualitas batik kami bisa tahan bartahun-tahun, tergantung cara kita memiliharanya. Kalau dicuci usahakan jangan menggunakan mesin cuci dan gunakan deterjen secukupnya saja," ujar Onny.

Dia menambahkan, pada Januari lalu, Batik Gonggong diabadikan di Museum Tekstil Jakarta. Bahan yang sama juga kerap diikut sertakan oleh Museum Tekstil pada beberapa pameran. Batik ini juga sudah dikenakan sebagai seragam pegawai, tidak hanya pegawai negeri tapi juga beberapa perusahaan swasta.

Bagi yang berminat, kunjungi outletnya di Jalan Raja Haji Fisabilillah KM 8 Atas, Kota Tanjungpinang, atau hubungi 0813 6441 1901 untuk pemesanan Batik Gonggong.(cw53)

Share

Fokus

13 Tahun Kota Otonom Tanjungpinang

Minggu, 19 October 2014
13 Tahun Kota Otonom Tanjungpinang

Masih Banyak Tugas yang Belum Tuntas

TANJUNGPINANG (HK) -- Tiga belas tahun sudah...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...