Sabtu11292014

Last update12:00:00 AM

Back Fokus "Mutu Baik, Pendidikan Akan Meningkat"

"Mutu Baik, Pendidikan Akan Meningkat"

Muslim Bidin Buka Workshop SBI, RSBI, dan SSN

"Kunci utama berhasilnya dunia pendidikan adalah baiknya mutu pendidikan, karena baiknya mutu pendidikan adalah memperlihatkan baiknya potensi para guru."

Ungkapan itulah yang disampaikan Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Muslim Bidin pada saat memberikan sambutan pada Workshop dan Dana Sharing bersama para guru Sekolah Berstandar Internasional (SBI), Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI), serta Sekolah Standar Nasional (SSN) di Hotel Golden View, Bengkong, Senin (7/5) malam.

Untuk meningkatkan mutu pendidikan di Batam, ucap Muslim, Dinas pendidikan akan melakukan kompetisi guru sesuai dengan jenjangnya. Karena tahun 2013 mendatang untuk penempatan kepala sekolah harus memiliki sertifikat tenaga pendidik dan sertifikat kepala sekolah.

"Untuk itu manfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya dan gunakan dana sharing yang ada ini dengan baik dan benar," tutur Muslim.

Muslim juga mengatakan, kegiatan tersebut merupakan apresiasi pemerintah kota kepada sekolah penerima dana sharing. Karena kegiatan ini dilaksanakan dengan menggunakan dana APBD Batam. Dimana masing-masing penerima dana sharing akan menerima anggaran secara bervariasi besarnya. Namun yang terpenting anggaran yang telah ada itu dapat digunakan sebagaimana mestinya dan digunakan untuk peningkatan kualitas pendidikan masing-masing sekolah.

"Kegiatan ini dipandang perlu karena manfaatnya untuk meningkatkan potensi para guru. Selain itu kegiatan ini juga untuk memberikan pemahaman kepada para guru bagaimana mengelola dana sharing sesuai dengan kebutuhan dan ketentuan," jelas Muslim lagi.

Sementara Ketua Dewan Pendidikan Batam Said Indra mengatakan kegiatan ini bisa membawa dampak perubahan yang signifikan bagi perkembangan para guru. Karena semakin baiknya potensi para pendidik, maka akan semakin baik bagi peningkatan mutu pendididikan di masing-masing sekolah.

"Seandainya pembekalan selama dua hari ini dimanfaatkan secara maksimal, bukan tidak mungkin akan sangat berguna bagi perkembangan kepemimpinan para guru kedepan," tukasnya.

Sementara Diana Triastuti yang menjadi pembicara pada kesempatan itu mengatakan, semakin baik mutu pendidikan maka akan semakin menunjang sekolah yang ada untuk terus meningkatkan kualitas mutunya.

"Jelas kegiatan ini juga sangat berguna bagi pihak sekolah dalam memanajerial sekolahnya, serta dalam membuat  perencanaan anggaran. Karena kegiatan itu merupakan upaya untuk mewujudkan sekolahyang ada di Indonesia menuju sekolah berstandar internasional," tuturnya.

Hal yang sama juga dikatakan Mochril, Ketua Panitia, Mochril.

"Output dari kegiatan ini adalah tercapainya kualitas pendidikan yang lebih baik. Selain itu kegiatan ini juga untuk menghimpun masukan yang dapat membantu Dinas Pendidikan dalam menyempurnakan program kegiatan."

"Jika sekolah dan Dinas Pendidikan sudah berjalan beriringan dan bersinergi bersama, tidak menutup kemungkinan kedepan sekolah-sekolah yang ada di Batam akan menuju arah yang lebih baik lagi," tambahnya lagi

Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut berjumlah 36 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Bendahara Sekolah, serta guru Penanggungjawab RSBI. Ada beberapa sekolah yang sejauh ini sudah berstatus RSBI yakni, SDN 006, SMP N6, SMA N1, SMA N3, yang berstatus SSN diantaranya, SMP N3, SMP N11, SMP N4, SMP N9, SMP N12, dan SMP N20. Sedangkan Sekolah yang berstatus SBI baru SMKN1.

"Semoga dengan adanya workshop ini akan lebih menambah pengetahuan para pendidik untuk meningkatkan mutu sekolahnya," tukas Mochril.

Kegiatan yang digelar tiga hari itu bertajuk "Melalui Workshop Dana Sharing SBI, RSBI, dan SSN Pendidikan Dasar dan Menengah, Kita Tingkatkan Penguatan Tata Kelola Manajemen Berbasis Sekolah, Serta Mewujudkan Akuntabel Dan Good Governance." (cw62)

Share