Jumat08222014

Last update01:43:43 AM

Back Fokus Wujudkan SMKN 1 Go Internasional

Wujudkan SMKN 1 Go Internasional

Berbagai upaya dilakukan SMKN 1 Batam untuk mewujudkan pendidikan berkualitas dalam program Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) di Kota Batam telah terwujud. Sekolah ini cukup giat dalam membenahi berbagai saran dan prasarana, serta meningkatkan kompetensi para guru/pengajar yang berkualifikasi sesuai dengan tuntutan dari SBI itu sendiri.

Oleh Arment, Liputan Batam

Seperti untuk guru tamatan S2 telah dimiliki 5 orang, dan yang sedang dalam proses pendidikan S2 sebanyak 22 orang, serta yang sudah menamatkan S3 sebanyak 1 orang. Dan para guru di SMKN 1 Batam juga cukup trampil dalam penguasaan bahasa asing secara aktif, serta menguasai IT.

Sementara dalam proses belajar mengajar (PBM), SMKN 1 Batam telah menggunakan sistem bilingual yang berbasis TIK. Meski kurikulum memakai Kurikulum Terpadu Satuan Pendidikan (KTSP), namun telah diperkaya mengadopsi kurikulum dari negara maju. Namun tetap berorentasi pada pendidikan berkarakter. Disamping itu juga model Ujian Nasional (UN), dipola dengan sistem ujian internasional. Hal ini tentunya dengan harapan  para lulusan memiliki daya saing internasional dalam melanjutkan pendidikan atau bekerja nantinya.

"Kita bangga seluruh guru di SMKN 1 Batam telah dilatih dan mampu menggunakan TIK dalam proses PBM melalui media presentasi, E-Book, E-Learning, Modul dan pemanfaatan Website serta Server untuk bahan ajar. Bahkan seluruh program keahlian pun telah dilengkapi dengan peralatan multi media dan jaringan internet untuk mendukung pembelajaran berbasis TIK, dan dalam PBM kita menggunaan proyektor serta  Laptop untuk setiap ruangan kelasnya," ujar Kepala Sekolah SMKN 1 Batam, Deden Suryana, M.Pd, kepada Haluan Kepri, diruang kerjanya, Selasa (15/5).

Untuk mewujudkan SMKN 1 Batam bisa Go Internasional, kata Deden, pihaknya telah mempersiapkan kurikulum yang mengacu pada kurikulum negara maju, serta melakukan memorandum of understanding (MoU) dengan berbagai institusi baik dari dalam maupun luar negeri.

Seperti MoU dengan Politeknik Tettnang Jerman untuk bidang Keahlian Elektronik, Otomasi Industri dan Mekatronika, MoU dengan PT Yalong China dalam pengadaan alat-alat pendidikan pada bidang Mekatronika, MoU dengan HANBAN China dalam pengembangan Bahasa China, serta MoU dengan Sekolah Sains Muar Malaysia untuk Sister School, serta     MoU dengan Sekolah Masin Brunei Darusalam untuk sister school.

Begitu pula dengan instansi dalam negeri, melakukan MoU dengan Politeknik Negeri Batam untuk Bridging Sistem pada bidang keahlian Elektronika, MoU dengan Unrika untuk kerjasama Pelatihan, dan kerjasama penyelenggaraan kelas Industri dengan PT Schneider serta menjalin Partership dengan PT. Mc. Dermott.

"Kalau untuk hubungan kerjasama dan pelatihan anak didik dalam prakerin, SMKN 1 telah menjalin kerjasama kurang lebih 160 perusahaan/industri di Kota Batam ini. Bahkan upaya meningkatkan kualitas PBM, kita telah mendatangkan guru tamu dari luar negeri, dan melakukan magang Mahasiswa dari Jerman (Politeknik Tettnang di SMKN 1 Batam), adanya pertukaran guru dari China dalam pembelajaran bahasa China selama 1 tahun, serta magang mahasiswa dari India selama 3 bulan," kata Deden lagi.***
---------------------------------------

15 Tahun SMKN 1 Batam Lahirkan SDM Professional

Tak terasa telah 15 tahun SMK Negeri 1 Batam berdiri dan mendidik generasi muda untuk  melahirkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang professional. Sekolah kejuruan negeri ini berlokasi di jalan Prof DR Hamka No 1 Tembesi, Batu Aji. Dan keberdaannya sangat membantu untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja profesional dari berbagai level kompetensi bagi Kota Batam.  

Untuk pertama kalinya sekolah ini hanya membuka dua jurusan dengan tiga program bidang keahlian, diantaranta bidang jurusan Teknik Elektro, dengan program keahlian Teknik Listrik Industri, dan Teknik Elektronika Industri, serta untuk jurusan Teknik Mesin dengan  program keahlian Teknik Mesin Perkakas.

Seiring kemajuan SMKN 1 Batam, pada tahun 2004 menambah lagi jurusan Teknik Informasi & Komunikasi dengan program keahlian Teknik Komputer dan Jaringan. Disusul tahun 2006 menambah lagi satu jurusan  Mekatronika, dengan program keahlian Design Production System (Mekatronika). Untuk program keahlian ini dibuka atas rekomendasi dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di Batam, berupa tenaga yang mempunyai keahlian dalam automatic competencies, hydraulic,  pneumatic and electric system.

Kepercayaan masyarakat semakin kuat terhadap SMKN 1 Batam, menjadikan sekolah ini difavoritkan. Dan pada tahun 2007, sekolah yang berdiri pada 16 Mei 1997 berdasarkan surat keputusan (SK) Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Nomor 107/O/1997, mencoba membuka kelas kelas internasional merupakan kerjasama dengan PT. Schneider Electrical Manufacturing Batam, a international company from France. Kelas ini dimasukkan dalam Program Keahlian Teknik Listrik Industri dan kelas hasil kerjasama ini diberi nama Kelas Schneider, hasilnya cukup memuaskan.

Memasuki tahun ajaran 2008/2009 berdasarkan SK Direktur Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah bernomorkan 251/c/kep/mn/2008 tanggal 22 Agustus 2008, untuk Spektrum Keahlian Pendidikan Menengah Kejuruan, maka bidang studi keahlian dan program studi keahlian yang ada di SMKN 1 Batam di susun menjadi dua bidang studi keahlian, yakni Teknologi dan Rekayasa dengan program studi keahliannya Teknik Ketenagalistrikan dengan kompetensi Teknik Otomasi Industri, dan Teknik Mesin dengan kompetensi keahliannyameliputi Teknik  Pemesinan, Teknik Pengelasan, Teknik Elektronika yang memiliki kompetensi Teknik Elektronika Industri dan Teknik Mekatronika

Sementara untuk bidang studi keahlian Teknologi Informasi & Komunikasi dengan program studi keahliannya, meliputi Teknik Komputer dan Informatika dengan kompetensi keahliannya Teknik Komputer dan Jaringan. (men)
----------------------------

Kurikulum Dirancang Dinamis dan Fleksibel

Menurut Kepala Sekolah SMKN 1 Batam, Deden Suryana MPd, penerapan kurikulum SMK Negeri 1 Batam dirancang dan disusun secara dinamis dan fleksibel untuk dapat mengikuti perkembangan teknologi. Dan berdasar pada Sistem Pendidikan Nasional No. 10 Tahun 2003 dan Peraturan Pemerintah No. 22 dan 24 tahun 2006 SMK Negeri 1 Batam telah menyusun dan merancang Kurikulum sendiri.

Dijelaskannya, bahwa kurikulum SMK Negeri 1 Batam telah dikembangkan dan disusun sendiri dan dinamakan dengan KTSP yang didalamnya mengandung beberapa unsur yang mendasar, yaitu    berbasis luas, kuat dan mendasar BBC (Broad Based Curriculum), berbasis kompetensi (Competency Based Curriculum), pembelajaran Tuntas (Mastery Learning), berbasis ganda (Dual Based Program), serta dilaksanakan di sekolah dan dunia usaha / industri dan diperkuat kemampuan daya sesuai dan kemandirian pengembangan diri tamatan (Confirming student competency and developing student personality).

Sementara tujuan dari pembelajaran pada SMK Negeri 1 Batam, kata Deden, yakni menyiapkan siswa untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dan memberikan kemampuan Life Skill, menyiapkan siswa untuk dapat memilih karir, dapat bersaing dan dapat mengembangkan diri pada kemajuan teknologi di industri, menyiapkan siswa untuk dapat memenuhi permintaan tenaga kerja pihak industri pada level second competencies, serta menyiapkan siswa untuk dapat berinovasi, produktif, dan kreatif yang sangat penting dalam industri dan teknologi.

Maka dari katanya, dalam pengembangan dan untuk hasil yang optimal dan sesuai dengan permintaan dari industri, maka dari tahun 1999 sampai dengan tahun 2002 telah melakukan penelitian atas kompetensi yang dibutuhkan industri yang lakukan oleh lembaga IASDP. Begitu pula dengan hasil yang ditemukan sebanyak 116 jenis kompetensi yang dibutuhkan oleh pihak industri di kota Batam, untuk itu  seluruh kompetensi tersebut disusun dalam beberapa buku/modul.

"Penyusunan modul-modul tersebut direncanakan dalam sebuah proyek dan melakukan secara langsung penelusuran kompetensi orang-orang yang bekerja di industri. Dan sistem pengajaran menggunakan konsep Kompetensi berbasis praktik /Competency Based Training (CBT). Semua yang dilakukan ini sesuai visi dan misi dari SMKN 1 Batam," katanya. (men)
--------------

Tingkatkan Kualitas Guru dan Siswa

Berbagai upaya dalam memupuk sumber daya manusi (SDM) ditingkat guru dan siswa dilakukan SMKN 1 Batam. Seperti medatangkan pendampingan dari tenaga Ahli Pendampingan dan Pelatihan secara intensif melalui lembaga pelatihan dari dalam maupun luar, diantaranya  dari P4TK/VEDC Malang, P4TK Bandung,     P4TK Medan, ITE Singapura, Festo Singapura, PT Yalong Cina, dan JICA Jepang.

Selain itu upaya meningkatkan kemampuan guru dalam berbahasa internasional, seluruh Siswa dan guru pada SBI SMKN 1 Batam diwajib mengikuti tes TOEIC sebagai indikator kemampuan dalam menggunakan Bahasa Inggris. Hasil yg dicapai oleh Guru SMKN 1 Batam berkisar antara 400 – 850 skor tes TOEIC. Sedangkan untuk Siswa berkisar antara 300 – 800 skor tes TOEIC.

SMKN 1 Batam juga telah merapkan Sistem Manajemen Mutu (ISO) sejak tahun 2007 dengan melaksanakan Sistem manajemen Mutu ISO 9001 : 2008 dengan badan Sertifikasi TUV. Serta pada tahun 2012 telah dilaksanakan Audit Eksternal pada tanggal 30 April 2012 dan tetap mempertahankan sertifikat ISO 9001:2008. Selanjutnya akan ditambah atau ditingkat lagi untuk Sistem manajemen Mutu Lingkungan ISO 14001:2008

Begitu pula dengan penyelenggaraan pelatihan leadership untuk Kepala Sekolah melalui Talent Scouting Calon Kepala Sekolah di P4TK Medan tahun 2008, menjadi Assesor Akreditasi BAN-SM, menjadi Fasilitator untuk KTSP tingkat Provinsi, melakukan studi banding/pelatihan ke Jerman 2010, studi banding/pelatihan ke China 2010, dan studi banding/pelatihan ke London 2011.

Sementara SMKN 1 Batam telah Direktorat PSMK sebagai Teaching Factory, yakni sekolah Perakit Notebook, LCD Proyektor dan PC untuk memenuhi kebutuhan sekolah, masyarakat dan Pemerintah. Malah saat ini PT. Yalong Cina menjadi mitra dalam memproduksi alat-alat pendidikan dan Trainer yang dibutuhkan oleh masyarakat dan sekolah. Sedangkan unit produksi Pengelasan telah mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dan Industri, sama halnya dengan Unit Produksi Pemesinan dalam bidang CNC dan Mesin Konvensional. (men)


PRESTASI SISWA DIRAIH

1. JUARA I LOMBA KOMPETENSI SISWA (LKS) tingkat nasional di jakarta untuk bidang Mekatronika tahun 2010
2. Juara III LKS Nasional di jakarta 2010 bidang CNC Milling
3. Juara III LKS nasional di jakarta 2010 bidang Industrial Control
4. Juara IV LKS nasional di jakarta 2011 bidang Robotic
5. Juara V LKS nasional di jakarta 2011 bidang Pattern Making
6. Juara I Asean Skill Competition (ASC) di Bangkok – Thailand tahun 2011
7. Peringkat 15 besar World Skill Competition (WSC) di London tahun 2011
8. Juara I LKS Tingkat Provinsi tahun 2012 untuk bidang :

- Production Machine
- CADD
- CNC
- Electronic Application
- Electrical Instalation
- Web Design
- Animation
- Networking Support



PRESTASI GURU DIRAIH


1. JUARA III GURU BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL TAHUN 2008 ATAS NAMA DRS. HAMDANI
2. GURU BERPRESTASI TINGKAT NASIONAL TAHUN 2010 ATAS NAMA HANIFAH, S.Pd
3. GURU BERPRESTASI TINGKAT KOTA BATAM TAHUN 2012 ATAS NAMA ILSON PUTRA, S.Pd
4. MENDAPAT PENGHARGAAN DARI IHRDP UNTUK KATEGORI ASEAN EDUCATION AWARD 2011 DI JAKARTA

Share