Kamis07312014

Last update12:00:00 AM

Back Fokus Universitas Terbuka Batam

Universitas Terbuka Batam

Solusi Pendidikan Murah yang Berkualitas

Tanpa disadari, pembangunan di segala lini terjadi di sekeliling kita. Masyarakat berlomba-lomba untuk bisa menyimbangi cepatnya pembangunan tersebut. Bagi mereka yang memiliki bekal dan kesempatan, tentu dapat mengikuti alur perkembangan pembangunan itu. Sementara, bagi yang tidak, tentu mereka mencoba mencari celah untuk dapat berkompetisi agar tidak tertinggal jauh.


Salah satu instrumen untuk meraih semua itu adalah pendidikan. Pendidikan merupakan kunci kemajuan. Namun tidak semua kita bisa mengenyam pendidikan terutama pendidikan tinggi. Karena memang biaya untuk pendidikan tersebut bagi sebagian masyarakat terasa tinggi.

Namun kini, dengan biaya murah, masyarakat telah bisa memperoleh pendidikan tinggi. Ini karena ada Universitas Terbuka Batam yang menawarkan solusi pendidikan modern dan menawarkan sistem belajar jarak jauh (SBJJ).

Ini adalah satu lembaga pendidikan tinggi resmi sejak 1984. Karena sistem belajarnya yang jarak jauh, harus diakui bahwa UT adalah lembaga pendidikan pertama yang banyak menggunakan teknologi informasi dalam proses belajar mengajarnya. Dengan adanya universitas terbuka ini, pemerataan pendidikan juga dapat dicapai. Sistem ini tidak hanya ada di Indonesia, namun negara-negara lain di belahan dunia lainnya juga menggunakan sistem ini. Hingga sekarang efektivitas proses belajar mengajarnya masih baik.

Paken Pandiangan, S.Si, M.Si, Kepala Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka (UPBJJ-UT) Batam, mengatakan, masyarakat yang selama ini terkendala dengan masalah biaya kuliah, diharapkan dapat bergabung dengan UT. Karena UT memberikan kesempatan untuk bisa mengenyam pendidikan tinggi dengan biaya murah.

"Saya mengajak seluruh masyarakat terutama para remaja tamatan SMU/SMK di Batam dan daerah lainnya di Kepri untuk mau melanjutkan kuliah. Kuliah di UT bukanlah serumit yang dibayangkan," ucap Paken.

Dikatakannya, pendidikan memegang peranan penting dalam kehidupan sehari-hari. Dan pendidikan hal yang mutlak bagi setiap individu, apalagi di Batam.

"Batam dan juga Kepri merupakan daerah strategis yang memiliki potensi bagus dimasa mendatang. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan individu yang handal dalam bidangnya dan memiliki daya saing tinggi. Untuk bisa bersaing dalam kompetisi saat ini, perlu ada bekal pendidikan yang memadai. UT Batam menawarkan solusi untuk hal itu. UT merupakan barisan terdepan dalam memberikan pendidikan murah. Murah yang dimaksud bukan berarti murahan," jelas Paken.

"Saya bersama seluruh staf komitmen untuk memberikan pendidikan murah dengan tetap mengedepankan kualitas," imbuhnya.

Universitas Terbuka Batam yang beralamat di Jalan Sutomo No. 3, Sekupang, Batam ini, berdiri pada 1 Maret 2005. UT Batam tidak hanya melayani mahasiswa dari Kepulauan Riau, namun ada juga yang berasal dari Malaysia dan Singapura.

Kehadiran UT Batam diharapkan dapat meningkatkan kompetensi sumber daya manusia yang ada di wilayah Kepulauan Riau dan sekitarnya sehingga dapat membantu percepatan pembangunan di provinsi yang baru saja dibentuk tersebut. SDM berkualitas ini sangat dibutuhkan karena beberapa kabupatennya, Bintan, Batam, dan Karimun, telah menerapkan zona perdagangan bebas (free trade zone).

UT Batam sangat serius dalam memberikan pendidikan berkualitas kepada para mahasiswanya. Bukti keseriusan itu adalah banyaknya penghargaan yang telah didapatkan oleh UT Batam.

Di antaranya adalah sertifikat ISO:2008 tentang layanan untuk program DII, DIII, S1, dan S2 tahun 2009, Anindyaguna dari menteri Pendidikan Nasional sebagai salah satu PTN berkelas dunia (world class university tahun 2008, sertifikat ISO 9001:2000 tentang layanan bahan ajar tahun 2006, e-learning award tahun 2007, serta sertifikat akreditasi internasional dari ICDE (International Council for Open and Distance Education) tahun 2005.

Hingga saat ini, UT Batam telah memberikan layanan pendidikan kepada 12 ribu mahasiswa. UT Batam memiliki beberapa program studi, yaitu, pertama, Program Pendidikan Dasar (Pendas), seperti, Program Studi S1 PGPAUD dan S1 PGSD. Kedua, Program Non Pendidikan dasar (Non Pendas), seperti, FMIPA, FKIP, FISIP, dan FEKON, serta bidang Magister Administrasi Publik (MAP), Magister Manajemen (MM), dan Magister Manajemen Perikanan (MMP) yang diasuh oleh Program Pascasarjana(PPs).

Selain proses belajar mengajar online, UT Batam juga melayani Tutorial Tatap Muka (TTM). UT Batam berkeyakinan bahwa keberhasilan mahasiswanya adalah hasil dari kerja keras semua tim dalam memanfaatkan semua fasilitas belajar dan kerja sama yang berkesinambungan di antara para civitas akademikanya. (cw35)

Visi, Misi dan Tujuan

Visi, Menjadi UPBJJ yang berkualitas  dalam penyelengaraan pendidikan jarak jauh dalam rangka mewujudkan Universitas Terbuka menjadi institusi PTTJJ berkualitas dunia dalam menghasilkan produk pendidikan tinggi dan dalam penyelenggaraan, pengembangan serta penyebaran informasi Pendidikan Tinggi Jarak Jauh (PTTJJ) tahun 2021.

Misi, Memperluas kesempatan belajar bagi masyarakat pada jenjang pendidikan tinggi yang berkualitas, terutama bagi masyarakat Indonesia di wilayah Provinsi Kepulauan Riau, Malaysia dan Singapura. Meningkatkan efektifitas pembelajaran melalui layanan bantuan belajar. Memastikan penyelenggaraan evaluasi hasil belajar yang kredibel. Meningkatkan kemitraan dengan masyarakat guna mewujudkan masyarakat berbasis pengetahuan (knowledge-based society). Menyebarluaskan dan berbagai informasi tentang PTTJJ.

Tujuan, Secara berkesinambungan meningkatkan efektifitas sistem manajemen kualitas UT demi meningkatkan layanan registrasi, distribusi bahan ajar,bantuan belajar, evaluasi hasil belajar, administrasi kelulusan dan sertifikasi. Pengembangan kemitraan yang saling menguntungkan dengan pihak lain yang seluas-luasnya termasuk dengan pihak swasta dalam penyediaan layanan pendidikan dengan asas kesetaraan dan keadilan guna meningkatkan jangkauan dan angka partisipasi mahasiswa. Memanfaatkan segala sumber daya yang tersedia secara terintegrasi, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan untuk menunjang pelaksanaan kegiatan secara efektif. Mengembangkan SDM akademik yang mampu menjalankan tugas sebagai tenaga akademik dan sebagai pengelola program, serta tenaga administrasi yang mampu berperan secara optimal. (utb)

 

Share