Senin12182017

Last update12:00:00 AM

Back Fokus Laporan Khusus Masjid Bersejarah, Kebanggaan Umat

Masjid Bersejarah, Kebanggaan Umat

masjid al hidayahTANJUNGPINANG(HK)-- Masjid merupakan bangunan suci umat Islam untuk beribadah. Selama bulan Ramadhan, masjid sangat ramai dikunjungi umat Islam untuk beribadah baik itu menjalankan ibadah wajib sholat lima waktu ataupun ibadah sunah lainnya.

Suasana inilah yang terlihat pada Masjid Al Hidayah yang terletak di Jalan Brigjen Katamso Batu 2 Tanjungpinang ini adalah salah satu masjid yang ke kategori masjid Jami' yakni masjid yang tak hanya digunakan untuk shalat fardhu' namun juga digunakan untuk mengumpulkan jama'ah untuk sholat jum'at.

Dengan luas tanah 1.225 m2 masjid ini dibangun dengan luas bangunan sekitar 396 m2. Masjid ini terdiri dari dari 2 bangunan yakni bangunan inti masjid dan bangunan menara masjid.

Masjid yang dibangun pada sekitar tahun 1952 ini, hingga saat ini masih berdiri kokoh dengan beberapa kali perbaikan. Sehingga Masjid Al Hidayah ini juga dapat dikatakan sebagai salah satu masjid yang tertua untuk kota Tanjungpinang dikarenakan usianya hingga saat ini telah melewati setengah abad.

Terdapat sekitar 7 orang pengurus, 3 orang imam masjid dan 4 khatib di Masjid Al Hidayah ini.

Tak hanya itu, Masjid Al Hidayahpun, tak hanya dikenal dengan warga yang berada di sekitaran batu 2 saja, namun telah dikenal hampir seluruh masyarakat di kota Tanungpinang. Hal ini terlihat dari ramainya, jama'ah yang menjalankan shalat fardhu pada bulan Ramadhan ini.

Wandri salah satu jama'ah, seusai melaksanakan Shalat Jum'at di masjid Al Hidayah mengatakan bahwa ia sering shalat jum'at di Masjid ini.

"Meskipun agak jauh dari tempat kerja saya di batu 4, namun terkadang sekali-sekali saya sering ke sini untuk Shalat Jum'at dan shalat Fardhu lainnya," kata Wandri
masjid al-hikmah
Wandri juga mengatakan, tak hanya baru kali ini saja. Namun, dari kecil bersama orang tuanya selalu sholat di masjid Al Hidayah ini.

"Untuk Shalat ied juga saya dan keluarga biasanya di sini," ujarnya

Selain itu di Masjid Al Hidayah ini juga terdapat Yayasan Al Hidayah yang juga terdapat TPA Al Hidayah dan Taman Kanak-kanak Raudathul Athfal (TK R/A) Al Hidayah yang merupakan Sekolah pendidikan islam swasta untuk anak-anak pra sekolah dasar di berlokasi di depan masjid. Halaman TK yang berada di perkarangan masjid.

Dimana, TK RA al Hidayah merupaka Taman Kanak-kanak swasta yang mengajarkan pendidikan islam dan formal lainnya yang menciptakan anak anak pada usia pra sekolah dasar untuk mengerti membaca al quran, sholat serta ilmu pengetahuan formal membaca,menulis serta berhitung.

Masjid Raya Al-Hikmah

Masjid bersejarah lainnya yang menjadi kebanggaan umat Islam di Tanjungpinang adalah Masjid Keling atau sekarang disebut Masjid Raya Al-Hikmah. Selama bulan Ramadhan masjid yang diperkirakan telah berumur lebih 100 tahun ini juga ramai dikunjungi jamaah.

Bangunan masjid ini telah tiga kali mengalami renovasi sejak tahun 1956 ketika masih Kabupaten Kepuluan Riau. Bentuk aslinya terbuat dari kayu kapur atau kayu merah. Dan reflika masjid ini sekarang ada di Dabo Singkep yang bernama Masjid Al-Zulfa.

Mimbar masjid dibuat pada tahun 1960-an dengan menggunakan kayu Jati. Masjid Raya Al-Hikmah ini setelah dilakukan penambahan dan perombakan sebanyak tiga kali, luasnya menjadi sekitar 35 x 30 meter persegi, bisa menampung jamaah sekitar 3000 hingga 4000 jamaah. Sedangkan sebelumnya, hanya mampu menampung sekitar 300 atau 400 jemaah. Sedangkan menara yang sekarang tingginya 36 meter, rencananya akan dinaikan lagi sekitar 10 meter.

Pembangunan menara mesjid sendiri dibangun pada masa pemerintahan Kabupaten Kepri dulu masih bergabung dengan Provinsi Riau. Waktu itu Bupati Marwanto membangun menara ini setinggi 36 meter. Menara masjid ini menjadi icon Kota Tanjungpinang sebagai kota melayu yang menjunjung tinggi adat istiadat yang Islami. ***


Share