Kamis10192017

Last update05:00:00 AM

Back Fokus Laporan Khusus Bisnis Kue Lebaran Menggeliat

Bisnis Kue Lebaran Menggeliat

bisnis kue keringTANJUNGPINANG (HK)-- HARI Raya Idul Fitri 1436 Hijriah sudah di depan mata. Umat muslim mulai sibuk mempersiapkan diri menyambut hari kemenangan tersebut. Salah satunya kesibukan menyiapkan aneka kue lebaran. Kondisi ini berdampak pada bisnis kue lebaran yang menggeliat dengan meningkatnya permintaan.
Kue lebaran adalah makanan yang nantinya disajikan kepada tetamu yang saling kunjung - mengunjungi saat lebaran tiba. Aneka kue lebaran yang disajikan pun bermacam-macam dan beraneka ragam mulai  dari kue nastar, keju, kastanggel, putri salju, lidah buaya, bangkit, kacang-kanganan dan lain-lain. Biasanya sepuluh hari menjelang lebaran tiba, ibu-ibu rumah tangga sibuk mempersiapkan dan membuat kue kering tersebut.

Namun, bagaimana untuk ibu-ibu ataupun masyarakat yang tidak memiliki waktu luang untuk membuat kue tersebut? Bagaimana bagi mereka yang tidak bisa membuatnya? Jangan khawatir, karena jawaban dari pertanyaan itu kini telah membanjir bisnis-bisnis yang membuat kue lebaran tersebut. Bisnis kue lebaran tersebut banyak dijajakan di pasar-pasar dan swalayan. Anda tinggal memilih jenis dan aneka ragam kue yang diinginkan. Berbagai macam warna , jenis tersedia.

Konsumen tidak perlu pusing lagi bagaimana untuk membuat kue lebaran. Tinggal membeli atau memesan saja, konsumen bisa mendapatkan kue ebaran yang diinginkan. membanjirnya permintaaan akan kue lebaran ini, tak pelak menimbulkan keberkahan sendiri bagi para pebisnis kue lebaran menjelang lebaran ini.

Mengapa tidak ? Kue lebaran merupakan salah satu kebutuhan lebaran yang wajib dan banyak dibeli oleh masyarakat menjelang hari raya lebaran. Tak hanya itu, meningkatnya permintaan akan kue lebaran ini juga membuat menimbulkan lapangan kerja baru selama bulan Ramadhan ini.

Salah satu pedagang kue lebaran Heni (43) mengaku merupakan pedagang kue lebaran yang mendapat banyak pesanan menjelang lebaran tahun ini. Meskipun Bisnis kue kering lebaran ini hanya dilakoninya selama bulan puasa saja dan sekali-sekali pada bulan lainnya jika ada pemesanan.

"Alhamdulillah, selama ramadhan yang mana menjelang lebaran, permintaan pesanan juga meningkat," kata Heni

Heni yang juga dalam membuat kue lebarannya dibantu beberapa orang anak tetangganya dalam sehari mampu membuat 5 macam jenis kue.  Kue-kuenya tersebut tak hanya dibuatnya untuk pemesanan-pemesanan namun juga diletakkannya di swalayan dan pasar. Konsumen bisa memilih membeli per toples atau membeli perkilogram.

"Harganya berkisar anta Rp 30 ribu rupiah hingga Rp55 ribu rupiah pertoples, sedangkan untuk kiloan harganya berkisar anta Rpc 70 ribu hingga Rp 155 ribu rupiah. Harga tersebut tergantung dengan jenis dan bahan kuenya," jelas Heni.

Hal yang sama juga disampaikan Paramita salah seorang pembeli kue lebaran yang merupakan karyawan swasta. Mita mengakui bahwa kesibukannya membuatnya tidak memiliki waktu yang bany7ak untuk membuat kue dalam menghadapi lebaran tahun ini. Untuk itu, ia membeli beberapa macam kue kering lebaran sebagai salah satu alternatifnya.

"Selain, itu mudah ia juga mengakui ia bisa memilih sendiri kue yang beraneka raga sehingga tidak perlu repot-repot lagi," kata ibu 2 orang anak ini

Dengan membanjirnya permintaan akan kue lebaran saat ini nmembuat bisnis kue lebaran pada saat menjelang hari raya lebaran ini sangat menjanjikan dan menghasilkan ombset yang luar biasa pula. ***

====

nastarKeripik Gonggong Renyah untuk Lebaran

MENYAMBUT hari lebaran yang tinggal lebih kurang dua pekan lagi masyarakat mulai berburu kue lebaran. Cemilan ringan ini mulai banyak dijual di mal dan pasar-pasar tradisional.  Salah satu cemilan di hari lebaran yang sayang untuk tidak Anda nikmati adalah keripik gonggong dan keripik buah naga.

Mendengar kata keripik saja, bisa dibayangkan betapa rapuh dan krenyesnya camilan ini, sehingga banyak kalangan yang menyukainya mulai dari anak kecil hingga dewasa.

Banyak variasi rasa keripik yang dihadirkan mulai dari berbahan kacang-kacangan, sayuran, seafood hingga buah-buahan. Salah satunya adalah keripik buah naga yang terbuat dari buah naga dan keripik gonggong terbuat dari makanan laut gonggong.

Untuk mencoba keripik yang renyah ini bisa datang langsung ke Sallary Bakery di Komplek Palm Spring Blok C 46 Batam Centre, Batam. Selain untuk camilan di hari raya keripik ini juga bisa dijadikan oleh-oleh untuk pulang kampung.

Keripik ini dikemas dengan rasa yang unik, sehat, dan pasti aman untuk dikonsumsi semua kalangan. Dan yang pasti keripik ini juga dijamin kehalalannya.

H.Yosep Didik Hernanto,SE selaku pengelola Sallary Bakery ini menuturkan, keripik gonggong dan keripik buah naga ini merupakan hasil inovasi dan kreatifnya sendiri. Dan ia pun selalu mempertahankan cita rasa yang ada dalam keripik itu sendiri untuk menandakan rasa keripik yang khas hasil buatannya dengan menggunakan bahan buah naga dan gonggong.

"Saya sengaja memilih inovasi keripik itu dengan rasa gonggong dan rasa buah naga, agar keripik ini bisa disukai oleh masyarakat khususnya batam. karena gonggong dan buah naga mempunyai manfaat dan berkasiat untuk kesehatan juga, untuk itu saya menciptakan keripik bukan hanya enak tetapi juga sehat." ujarnya

Hasilnya, dengan kreatif dan inovasi yang dimiliknya itulah, keripik buatannya banyak diminati masyarakat lokal maupun luar bahkan keripik ini sudah dipasarkan ke luar negeri. Bahkan tak jarang selalu laris diburu pembeli, tidak hanya enak dan sehat tetapi untuk harga yang di tawarkan juga relatif murah yaitu per packnya seharga Rp11 ribu.

"Enak, sehat dan murah, itulah yang kami tawarkan kepada masyarakat dalam mencoba produk kami. Sehingga karena itulah masyarakat percaya dan respon terhadap produk kami, bahkan peminat keripik ini sudah merambah ke luar negeri, jadi kami memproduksinya dengan jumlah yang cukup banyak. untuk harganya sekitar Rp11 ribu per pack." terang Didik lagi.

Masih banyak lagi produk unggulan yang dikelola oleh Sallary Bakery ini selain dari keripik gonggong dan keripik buah naga yaitu keripik kelapa, kue nastar kress, pastry ikan asap, cake buah naga OB, bolu kukus buah naga OB, dan brownis buah naga.

Selain itu ada juga aneka kue kering, khusus dibuat di bulan Ramadhan untuk persiapan hidangan di Hari Raya Idul Fitri 1433 H. Kue kering yang ditawarkannya antara lain kue kering coklat jahe, kue kering kacang, dan kastengel keju. Dan meskipun kue kering ini hanya disajikan disaat bulan ramadhan saja, tetapi pelanggan tetap dan peminatnya sudah banyak, hal ini terlihat dengan adanya pemesanan dalam jumlah banyak setiap minggunya. (reni)


Share