Kamis10192017

Last update05:00:00 AM

Back Fokus Wawancara wawancara dengan Gubernur Kepri, HM Sani

wawancara dengan Gubernur Kepri, HM Sani

'Saya Kembali Maju di Pilgub Kepri!"

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kepulauan Riau ( Kepri) akan berlangsung tahun 2015 ini. Beberapa calon sudah muncul ke permukaan meramaikan bursa calon gubernur/wakil gubernur. Salah satunya adalah HM Sani, Gubernur Kepri incumbent. Dengan mengusung perubahan nyata, bekerja untuk rakyat, HM Sani kembali bertarung dalam Pilkada Kepri yang akan digelar Desember mendatang.
Untuk mengetahui motivasi dibalik majunya kembali HM Sani menjadi Gubernur Kepri yang kedua kalinya, berikut petikan wawancara wartawan Haluan Kepri, Muhammad Syahdan dengan HM Sani, Rabu (20/1) di Batam.

= Di banyak media terbitan lokal, termasuk Haluan Kepri, Anda disebut sebagai salah satu kandidat calon Gubernur Kepri. Apa yang memotivasi Anda kembali bertarung?

Pertama, tentunya saya mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang mengusulkan dan mendukung saya untuk menjadi salah satu kandidat Gubernur Kepri. Dukungan beberapa lapisan masyarakat ini baik melalui telepon, sms dan ada juga dari partai yang datang langsung kepada saya dan meminta saya mencalonkan diri kembali menjadi gubernur. Alhamdulillah saya masih diberi kesehatan oleh Allah SWT dan dukungan dari teman-teman juga mendapat suport dari istri dan keluarga saya. Kepercayaan yang diberikan kepada saya itu merupakan amanah dan akan saya jalankan.

= Tadi Anda menyebutkan ada partai yang meminta supaya kembali maju, partai mana yang memintanya?
Haa..haa. Memang ada beberapa partai. Tapi saatnya nanti baru Anda (wartawan) akan tahu sendiri partai  yang akan mendukung saya. Tapi intinya mereka memberi saran kepada saya supaya kembali maju untuk membangun Kepri.

=Apa sudah ada komunikasi dengan elemen masyarakat lainnya mengenai niat Anda untuk maju lagi 2015?

Sudah kita lakukan. Saya sudah berkomunikasi dengan tokoh-tokoh masyarakat, yang jelas saya nyatakan kepada beliau-beliau dan saya juga telah berpikir panjang, istiqharoh, saya telah menyatakan akan maju lagi. Tentunya nanti kita serahkan pada masyarakat, partai dan tokoh-tokoh, untuk membantu saya maju membangun Kepri kedepan jauh lebih baik lagi. Yang terpenting sekarang adalah bagaimana proses demokrasi bisa berjalan dengan baik.


=Apa kiat Anda jika kembali maju menjadi calon gubernur

Kiatnya adalah saya harus bekerja keras memanfaatkan sumber daya manusia dan alam yang ada, untuk memenuhi harapan dari masyarakat Kepri. Slogan saya adalah bagaimanan bekerja untuk masyarakat. Sebab kalau saya lihat masih banyak hal yang harus dikerjakan Pemerintah Kepri untuk mencapai kesejahteraan rakyat ini.

Banyak program mensejahterakan masyarakat. Selain pendidikan dan kesehatan, pembangunan kemaratiman, transportasi, pelabuhan, pariwisata dan sejarah juga pengentasan kemisikinan. Kita tahu bahwa tugas seorang pemimpin itu mempertahankan yang sudah baik dan memperbaiki yang belum baik. Maka dia harus netral. Tidak bisa ia hanya mau memimpin orang yang baik-baik saja. Bagaimana mungkin saya hanya mengurus rakyat yang baik-baik saja. Bayangkan saja penduduk Kepri sekitar 1,8 jutaan jiwa dengan lebih kurang tujuh kabupaten/kota.

=Itu sebabnya Anda sering ke Pulau-pulau?

Kalau itu memang keinginan saya, bukan karena desakan lho. Yang membuat saya begitu adalah rasa tanggung jawab. Turun langsung menemui masyarakat itu juga hoby saya sejak dulu. Sebab menurut saya, permasalahan akan selesai jika pemimpinnya itu terjun langsung. Memberikan bantuan, tatap muka secara langsung itu juga merupakan kepuasan tersendiri dan obat untuk kesehatan bagi saya.

=Setiap Anda turun ke masyarakat pasti mendapat respon positif, menurut Anda.

Sambutan hangat dari masyarakat ketika saya datang, itu bukan dibuat-buat. Tapi kenyataan memang demikian. Saya sering ke pulau-pulau untuk menampung aspirasi masyarakat dan mereka sudah menjadi bagian dari keluarga dan saudara saudara saya. Saya memang sebelumya pernah menjadi camat sehingga semuanya saya tahu apa yang mereka inginkan. Kembali lagi saya tegaskan saya turun ke masyarakat itu adalah hoby saya sejak dulu dan itu sebagai obat untuk kesehatan bagi saya.

=Apa yang sudah dirintis sejak menjabat gubernur, bisa dijelaskan ?

Selama ini kita sudah meletakkan pondasinya. Sumber daya manusia pemerintahan sudah tersedia, arah dan program pembangunan sudah ada, pusat pemerintahan sudah di Dompak. Yang penting, proses pembangunan dengan pondasi yang sudah ada, jangan sampai putus. Artinya, siapapun yang keluar sebagai pemenang dan jadi Gubernur Kepri nantinya saya berharap ada keberlanjutan pembangunan di Kepri.

==Anda melihat lawan yang paling berat siapa?

Saya tidak melihat siapa yang berat dan teringan. Dan tidak perlu mengecilkan orang lain. Semua itu sahabat -sahabat saya. Semuanya punya potensi yang bagus dan dipercaya oleh masyarakat. Sebab mereka punya track record yang bagus. Sekarang tinggal bagaimana masyarakat Kepri berfikir secara rasional.

==Apa sudah ada nama-nama yang telah Anda kantongi untuk mendampingi Anda (wagub)?

Mengenai nama-nama memang sudah ada yang mengusulkan. Tapi inikan proses politik, kita akan melihat perkembangannya nanti.

==Ada syarat khusus orang mendapingi Anda nantinya?

Tidak ada persayaratan khusus. Semua manusia pasti memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Kita juga akan mendapat usulan atau masukan dari partai-partai pengusung.

=Menurut Anda, bagaimana kandidat Cagub lain dan peluang Anda untuk terpilih ?

Kandidat Cagub yang lain tentunya ada kelebihan dan kekurangan masing-masing. Visi dan misi tentu sama yaitu ingin jadi Gubernur serta memimpin Kepri. Semuanya baik, hanya konsistensi dari visi dan misi itu dijalankan atau tidak. Karena banyak yang visi dan misinya menarik minat pemilih, tetapi setelah terpilih, jauh dari yang diharapkan oleh masyarakat .

=Akan ada luka politik setelah pilkada nanti. Apa yang akan Anda lakukan jika terpilih nanti?

Saya kira kita akan melibatkan semua pihak, berdiskusi dengn semua pihak, di mana sebenarnya persoalan ini, apa sebabnya. Dengan demikian kita kembalikan apa sebenarnya tujuan kita hidup di Kepri. Tak lain pikiran mereka adalah untuk menyejahterakan rakyat Kepri. Dengan menjadikan ini sebagai tujuan kita, maka saya yakin semua dari kita akan bekerja keras tanpa mementingkan tujuan pribadi dan kelompok, hanya rakyat Kepri.

=Harapan Anda untuk masyarakat Kepri

Pertahankan semangat kesatuan yang sudah ada. Kepri milik kita semua. Masyarakat berhak untuk mendapatkan perbaikan pendidikan, kesehatan, lapangan kerja dan lain sebagainya.

Share