Kamis10192017

Last update05:00:00 AM

Back Fokus Wawancara Nurdin Basirun Siap Bertarung di Pilgub Kepri

Nurdin Basirun Siap Bertarung di Pilgub Kepri

KARIMUN (HK)- Bupati Karimun, Nurdin Basirun memastikan diri ikut bertarung pada Pemilihan Gubernur Kepri. Untuk mengetahui seperti apa kesiapan Nurdin bersaing dengan kandidat lainnya pada Pilkada Kepri yang akan digelar Desember 2015 mendatang, berikut petikan wawancara wartawan Haluan Kepri, Abdul Gani dengan Nurdin Basirun di rumah dinas Bupati Karimun, Kamis (22/1).
===Apa motivasi Anda maju mencalonkan diri pada Pilkada Kepri?

Sebagai putra daerah yang memiliki tenaga, pemikiran dan keikhlasan, tentu saya berusaha sekuat tenaga untuk memberikan sumbangsih untuk membangun daerah. Apalagi dengan modal pengalaman saya beberapa tahun memimpin sekaligus bersama masyarakat di Kabupaten Karimun. Meski kita tahu masih banyak kekurangan-kekurangan, namun menjadi bupati  dua periode dan ini tahun terakhir maka pengalaman-pengalaman yang ada ini lah menjadi modal dasar saya untuk maju. Kalau itu memungkinkan kenapa tidak saya harus ikut dalam kompetisi pencalonan Gubernur Kepri. Namun demikian majunya saya ini juga tentu harus mendapat dukungan dari partai, masyarakat dan seluruh unsur lainnya.

==Seperti apa kesiapan anda?
Pokoknya siap, terserah lah nanti apakah Kepri 1 atau Kepri 2. Kita lihat nanti perjalanan dari dinamika politik.

= Apakah sudah ada partai politik yang melirik atau melakukan lobi-lobi ke Anda?
Itu masih rahasia, Haaa. haaa.  Artinya belum waktunya untuk disampaikan kepada publik. Namun demikian partai politik pasti melihat siapa calon yang berpotensi dan bisa diandalkan dari segala aspek untuk membangun Kepri lima tahun kedepan.

== Beberapa hari lalu Anda  ke Jakarta dan bertemu dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla, petinggi Partai Golkar. Apakah ada kaitannya dengan persiapan pencalonan Anda?

Bukan seperti itu. Kedatangan saya menemui Wakil Presiden, pak Jusuf Kalla tidak ada urusan politik ataupun yang kaitannya dengan pencalonan saya. Tapi bagaimana orang nomor dua di Indonesia itu melihat potensi yang ada di Kabupaten Karimun. Sebab banyak hal yang bermanfaat khususnya pembangunan dalam jangka panjang di Karimun.

==Bagaimana dengan pencalonan Anda?

Saya rasa pakar atau ahli politik punya kacamata sendiri. Mereka akan melihat mana kader-kader yang bisa mengemban amanah dalam tuntutan masyarakat yang barangkali harus menjadi tolak ukur segala macam. Mulai dari kesehatan, keikhlasan, pemikiran, pengorbanan. Masyarakat tentunya nanti akan melihat itu. Dalam hal ini semua partai pasti sama. Mereka (partai) juga ingin bahwa "kapalnya" ditumpangi oleh kader-kader yang berpotensi. Sebab kita tahu pembinaan partai bukan karena uang.

=== Bagaimana Anda menjalankan roda pemerintahan di Kabupaten Karimun sehingga mampu menjabat selama dua periode. Apakah ada jurus jitu yang Anda tawarkan kepada masyarakat sehingga layak untuk dipilih pada Pilgub Kepri nanti?

Dalam bekerja saya lebih mengedepankan rasa keikhlasan. Karena dengan pengelaman dua periode dan kini tinggal setahun lagi waktu yang tersisa memimpin Kabupaten Karimun, hal itu lah yang menjadi salah satu modal saya. Meski demikian saya rasa tidak ada perbedaan. Namun dengan pengalaman saya itu barangkalai masyarakat menawarkan kepada saya mengenai bagaimana menjadikan Provinsi Kepri lebih baik.Kita ketahui daerah kita di Kepri poros maritim. Maka itu akan dikembangkan lagi sebagai dunia maritim. Yang jelas bagaimana kondisi maritim dan keadaan apapun bisa saya kemas. Alhamdulillah saya punya kemampuan dalam hal kemaritiman. Belum lagi bicara kebijakan publik, ilmu adminstrasi dan ilmu manageman yang saat ini saya didukung oleh pengalaman teman-teman di lingkungan Pemerintah Kabupaten Karimun. Saya rasa itu bisa dijadikan modal apa lagi saya didukung oleh masyarakat Kabupaten Karimun. Bukan hanya itu saja, sampai saat ini pun saya masih menggeluti dunia enterpreneur yang juga hal itu merupakan modal saya dalam memajukan Provinsi Kepri kedepan.Kalau boleh dikatakan, mungkin saya sudah lengkap. Bahkan kalau mau jadi ustadz sekali pun sudah bisa. hahaha...

== Siapa calon yang dianggap sebagai lawan berat?
Semua calon merupakan pesaing berat. Namun jika yang berat tersebut dijadikan satu akan lebih hebat lagi. Sehingga perlu dukungan dan doa. Siapapun menduduki kursi Gubernur Kepri nanti harus kita dukung. Saya juga berjanji dalam mengikuti kompetisi ini tetap  mengikuti prosedur atau aturan yang berlaku. Sehingga tidak ada kata curang dan wajib mengikuti semua peraturan dalam berpolitik. Makanya percayalah, meskipun para jin dan manusia berkumpul tapi kalau Allah berkehendak lain maka tidak akan terwujud. Jadi tidak perlu kita perdebatkan. Siapapun yang terpilih nantinya harus kita dukung dan kita doakan, karena kursi gubernur bukan terget utama pengabdian. Tapi Insyaallah dengan pengalaman yang ada saya akan memikirkan pembangunan lebih baik lagi terutama bagi Provinsi Kepri maupun bagi semua daerah tak terkecuali di Kabupaten Karimun.

= Sudah ada dua nama yakni HM Sani, incumbent dan Wakil Gubernur Kepri HM Soerya Respationo telah menyatakan maju jadi Gubernur Kepri periode berikutnya, apa tanggapan Anda?

Itu hal yang wajar. Sebab keduanya merupakan komando teratas di Kepri. Kalau kita lihat dari kacamata kita yang awam ini, keduanya itu (Sani dan Soerya) tidak mungkin bergabung lagi, karena masing-masing ingin tampil dalam melanjutkan pembangunan yang belum siap. Ya tetap kita dukung dan itu bagus.
Tapi jangan lupa, ada Kepala Daerah yang lain dan memiliki potensi serta peluang, dengan indikator keberhasilan mereka memimpin daerahnya masing-masing. Seperti misalnya Walikota Batam, Ahmad Dahlan, Bupati Bintan Anshar Ahmad, Bupati Lingga H Daria dan pastinya semua kepala daerah cukup baik. Nah, dengan hal ini kenapa saya harus tidak, kan begitu. Melalui tawaran-tawaran tentunya itu merupakan peluang bagi semua.

= Apa kendaraan (Partai politik) yang akan mengusung Anda?

saya pikir itu nanti dulu dan sampai saat ini semua juga belum jelas kendaraan atau partai politik yang akan digunakan. Kecuali Wagub Kepri, HM Soerya Respationo yang sudah jelas menggunakan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) sebagai partai pengusung. Partai politik saat ini juga cukup pintar, bukan melihat tawaran nominalnya, tapi partai bangga bahwa orang yang diusung adalah yang berpotensi. Yang jelas nomor satu atau nomor dua kita lihat nanti, tawaran dan peluangnya seperti apa. Pokoknya saya berpolitik ada etika, menghargai kawan dan tidak mau berlawan. Meski demikian, perlu diketahui  Provinsi Kepri ini merupakan daerah yang sangat menjanjikan dari segala aspek. Apa lagi Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla ingin membangun poros maritim dunia, tepatnya di Provinsi Kepri. Tentu dalam hal ini tiga pulau terdepan di Kepri ini sangat menjanjikan, baik dari segi pertahanan, budaya, ekonomi dan banyak lagi. Tiga pulau terdepan itu adalah Karimun, Bintan dan Batam.

= Apa harapan anda kedepan, terutama Provinsi Kepri dan Kabupaten Karimun yang saat ini masih anda pimpin?
Harapan saya kedepan agar Kabupaten Karimun lebih baik lagi dengan kondisi yang sudah semakin maju dari segala aspek ini. Kalau boleh saya katakan, contohnya Indonesia itu ada di Karimun. Saat pemilihan bupati, saya bersama Wakil Bupati Karimun Aunur Rafiq didukung oleh seluruh elemen masyarakat. Sehingga kedepan lebih baik lagi bahkan untuk tingkat Provinsi Kepri sekalipun.

Share