Jumat07252014

Last update12:00:00 AM

Back Pendidikan PSB Online, Calon Siswa Dapat Pilih Tiga Hingga Lima Sekolah

PSB Online, Calon Siswa Dapat Pilih Tiga Hingga Lima Sekolah

PSB SD, SMP dan SMA Dimulai 28 Juni Hingga 1 Juli 2010
Pendaftaran Siswa Baru (PSB) tahun 2010 ini untuk SD, SMP dan SMA akan berlangsung mulai 28 Juni hingga 1 Juli mendatang. Dalam PSB ini khususnya yang telah mengunakan sistem online, siswa yang mendaftar SD dan SMA akan diberi tiga pilihan sekolah tujuan dalam wilayah yang sama mengunakan sistem rayonisasi. Sedangkan untuk SMP diberi kesempatan memilih lima sekolah yang sama-sama memberlakukan sistem online. Hal ini berdasarkan pertimbangan jarak sekolah dengan tempat tinggal siswa itu sendiri.


Menurut Kepala Disdik Kota Batam, Muslim Bidin, ketentuan dalam PSB tahun ini tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Seperti usia minimal 7 tahun dan harus memilih sekolah dekat dengan tempat tinggal calon siswa. "Usia wajib belajar 7-12 tahun merupakan usia prioritas penerimaan," ujar Muslim beberapa waktu lalu terkait pelaksanaan PSB mendatang.

Dikatakanya, ketentuan lainnya dalam pelaksanaan PSB pada sekolah negeri harus berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan dengan memperhatikan rasio jumlah siswa dalam satu rombongan belajar atau kelas maksimum. Selain itu mentaati aturan rencana daya tampung (RDT) yang ditetapkan Disdik Kota Batam dan menerima siswa kurang mampu yang berdomisili di lingkungan sekolah dan atau memiliki potensi berprestasi sebanyak 20 persen dari kuota daya tampung yang ditetapkan.

Pihak sekolah juga tidak dibenarkan memungut biaya apapun kecuali yang bersifat sumbangan secara sukarela dari siswa atau orang tua dan wali siswa. Hal ini merupakan ketentuan yang telah berlaku pada tingkat pendidikan dasar, seperti SD dan SMP baik negeri ataupun swasta, karena telah menerima Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Karena untuk seluruh biaya PSB telah dibebankan mengunakan anggaran dana BOS tadi.

Tujuan diadakan PSB, kata Muslim, dalam upaya memberikan pelayanan bagi calon siswa untuk memasuki satuan pendidikan secara tertib, terarah dan berkualitas. Begitu pula pelaksanaannya sendiri mengedepankan azas-azas yang obyektif, transparan, akuntabel, tidak diskriminatif dan kompetitif.

Seperti pada seleksi PSB tingkat SD, tentunya kata Muslim,  dilakukan dengan mempertimbangkan umur dan kematangan calon siswa. Siswa dipilih dan diranking mulai dari umur tertinggi sampai dengan terendah. Begitu pula harus memperhatikan daya tampung yang telah ditentukan. Namun bila diperlukan dalam PSB ini, sekolah juga dipersilahkan melakukan tes wawancara kepada calon siswa untuk melihat kesiapan siswa dalam belajar nanti.

Lebih rinci dijelskan Muslim, Untuk kelengkapan administrasi lainnya, harus menjadi pertimbangan dalam PSB tingkat SD ini adalah kelengkapan foto copy akte kelahiran dengan membawa aslinya saat pendaftaran, mengisi formulir pendaftaran, membawa calon siswa saat pendaftaran dan ketentuan lainnya yang disyaratkan pihak sekolah. Sedangkan PSB tingkat SMP dilakukan berdasar nilai dari Surat Keterangan Hasil Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (SKHUASBN) dan nilai rata-rata rapor semester ganjil. Mata kata dia, pelajaran hasil UASBN yang menjadi dasar seleksi adalah nilai ujian teori mata pelajaran Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA (sain).

"Siswa yang dinyatakan diterima adalah siswa yang mendapatkan jumlah nilai akhir tertinggi dari hasil akhir setelah pembobotan. Dan diranking sampai mencapai jumlah daya tampung," jelasnya.

Namun kata Muslim, jika jumlah nilai ketiga mata pelajaran sama pada batas maksimum daya tampung, maka dilakukan seleksi dengan melihat perbandingan nilai UASBN setiap mata pelajaran yang lebih besar dengan urutan Matematika, IPA (sain) dan Bahasa Indonesia. Selanjutnya mendahulukan calon siswa yang umurnya lebih tua.

Sementara itu untuk PSB tingkat SMA, seleksi dilakukan berdasarkan nilai dari Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) dan nilai rata-rata rapor semester ganjil. Mata pelajaran hasil UN yang menjadi seleksi adalah nilai ujian teori mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA (sain). Siswa yang dinyatakan diterima, ditegaskan Muslim, yakni siswa yang mendapatkan jumlah nilai akhir tertinggi dari hasil akhir setelah pembobotan. Dan diranking sampai mencapai jumlah daya tampung.

Akan tetapi jika jumlah nilai ketiga mata pelajaran sama pada batas maksimum daya tampung, maka dilakukan seleksi dengan melihat perbandingan nilai UASBN setiap mata pelajaran yang lebih besar dengan urutan Matematika, Bahasa Inggris, IPA (sain) dan Bahasa Indonesia. sama saja dengan penerimaan calon SD, SMP, pada calon SMA juga harus   mendahulukan calon siswa yang umurnya lebih tua.

Disdik Harus Pertegas Kuota

Dilain pihak, Sekertaris BEM dan juga Ketua Aliansi Mahasiswa Peduli Pendidikan (AMPP) Provinsi Kepri, Andika Kusnadi, meminta Disdik agar sebelum buka PSB, terlebih dahulu harus mempertegas kuota pada masing-masing sekolah. karena sejauh ini banyak sekolah saat PSB suka melebihi kuota lokal yang telah ditentukan. Begitu pula dalam upaya menghindari pungli (pungutan liar, Red) pada PSB ini, Disdik harus mengeluarkan peralaturan sanksi yang tegas agar panitia PSB jera tidak melakukan kecurangan dan pungli.

Jika Disdik kurang tegas, maka dikhawatirkan terjadi pungli yang meraja rela dan adanya ketidakseragaman biaya lainnya seperti baju, buku paket atau biaya pembangunan bagi calon siswa SMA di masing-maasing sekolah.

PSB Sebaiknya Setelah Hasil UN Ulangan Diumumkan


Sementara sebagian orang tua ketika diminta tanggapannya seputaran PSB, mengusulkan agar dilakukan setelah pengumuman hasil UN ulangan. Hal ini supaya memberikan kesempatan pada siswa yang belum lulus UN ulangan. Namun Kepala Disdik Kota Batam, langsung menepis kekhawatiran orang tua ini, bahwa UN Ulang direncanakan akan diumumkan 17 Juni mendatang.

Namun Muslimt idak menepis kebijakan tersebut untuk memberikan kesempatan kepada siswa yang mengikuti UN Ulang agar bisa mendaftar di sekolah yang diinginkannya. Namun apabila dalam rentang waktu pembukaan PSB tersebut masih ada sekolah yang belum memenuhi daya tampung, terangnya, maka terhadap sekolah bersangkutan akan diberikan kesempatan membuka pendaftaran gelombang kedua 8-9 Juli.

Dalam hal penerimaan pendaftaran calon siswa baru dan pendaftaran ulang, ditegaskan Muslim lagi, siswa baru dibebaskan pungutan biaya kecuali Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dan Sekolah Bertaraf Internasional (SBI). Bagi sekolah negeri sambungnya, tidak diperkenankan menerima siswa baru yang melebihi daya tampung. Hal ini dimaksudkan untuk memberi peluang kepada sekolah swasta sebagai mitra.

Lantas bagaimana dengan nasib siswa yang mengikuti UN Ulang apabila kembali dinyatakan tidak lulus dan memilih mengikuti ujian kesetaraan Paket B, apakah siswa bersangkutan diperkenankan untuk mendaftar sambil menunggu pengumuman Paket B?.  Namun kata Muslim untuk mekanisme pendaftarannya akan diatur di kemudian lagi. (sm/33/aa)

Tabel Sekolah dengan Sistem PSB Online


Tingkat SD (25 sekolah)

No    Nama Sekolah
1    SDN 001 Batam Kota
2    SDN 002 Batam Kota
3    SDN 005 Batam Kota
4    SDN 006 Batam Kota
5    SDN 002 Sekupang
6    SDN 005 Sekupang
7    SDN 007 Sekupang
8    SDN 001 Batuaji
9    SDN 002 Batuaji
10    SDN 003 Batuaji
11    SDN 004 Batuaji
12    SDN 001 Sagulung
13    SDN 002 Sagulung
14    SDN 006 Sagulung
15    SDN 011 Sagulung
16    SDN 001 Sei Beduk
17    SDN 005 Sei Beduk
18    SDN 002 Lubuk Baja
19    SDN 007 Lubuk Baja
20    SDN 004 Nongsa
21    SDN 001 Bengkong
22    SDN 002 Bengkong
23    SDN 006 Bengkong
24    SDN 003 Batu Ampar
25    SDN 004 Batu Ampar

Tingkat SMP (25 sekolah)

No    Nama Sekolah
1    SMPN 1
2    SMPN 2
3    SMPN 3
4    SMPN 4
5    SMPN 8
6    SMPN 9
7    SMPN 10
8    SMPN 11
9    SMPN 12
10    SMPN 16
11    SMPN 17
12    SMPN 20
13    SMPN 21
14    SMPN 25
15    SMPN 26
16    SMPN 27
17    SMPN 28
18    SMPN 29
19    SMPN 30
20    SMPN 31
21    SMPN 34
22    SMPN 35
23    SMPN 36
24    SMPN 37
25    SMPN 38

Tingkat SMA/SMK (10 Sekolah)

No    Nama Sekolah
1    SMAN 2
2    SMAN 4
3    SMAN 5
4    SMAN 8
5    SMAN 12
6    SMAN 14
7    SMKN 2
8    SMKN 3
9    SMKN 4
10    SMKN 5

 

Share

Fokus

"AlQur'an Obat Segala Keresahan"

Kamis, 17 July 2014

Batam (HK) – "Allah SWT menurunkan obat bagi kegelisahan dan permasalahan manusi...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...