Rabu09172014

Last update12:00:00 AM

Back News Batam Sijori Mandiri Resmi Berganti Jadi Haluan Kepri

Sijori Mandiri Resmi Berganti Jadi Haluan Kepri

Basrizal KotoBATAM-Setelah kemarin Harian Umum Haluan Kepri yang berganti nama dari Harian Pagi Sijori Mandiri diperkenalkan kepada para pembaca, maka mulai  hari ini, Senin (1/11) kami hadir secara resmi dengan nama, motto dan semangat baru.

Sejalan dengan pergantian nama Harian Pagi Sijori Mandiri menjadi Haluan Kepri, Harian Pagi Riau Mandiri yang terbit di Pekanbaru yang juga tergabung dalam Basko Media Group pula berganti nama menjadi Haluan Riau. Sedangkan koran milik Basko Media Group di Padang terbit dengan nama Haluan sesuai dengan nama sebelum diambil alih oleh group media yang dipimpin oleh H Basrizal Koto.

Dengan tampilan baru ini, Haluan Kepri yang mengusung slogan 'Mencerdaskan Kehidupan Masyarakat' tetap menjadi koran yang independen, akurat dan menjadi referensi yang terpercaya. Seperti halnya Sijori Mandiri, Haluan Kepri ini tetap kritis, tajam, namun tetap santun. 

Pergantian nama ini seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan pasar. Sijori yang merupakan singkatan Singapura, Johor, Riau, dinilai sudah tidak relevan lagi dengan perkembangan daerah. Dulu, waktu nama ini diproklamirkan, Kepri masih menjadi bagian Provinsi Riau. Tapi, sejak 2005 lalu, Kepri sudah menjadi provinsi sendiri. Sehingga, otomatis, nama Sijori tidak cocok lagi dipakai dari sisi pendekatan geografis.

Perubahan nama ini sebelumnya telah disosialisasikan baik melalui iklan, spanduk dan baliho yang telah tersebar tidak hanya di Batam tapi juga di seluruh kota dan kabupaten di Provinsi Kepri. Dan Alhamdulillah ternyata respon masyarakat khususnya relasi dan pembaca setia Sijori Mandiri sangat antusias.

Mayoritas masyarakat yang dimintai pendapatnya tentang perubahan nama itu, berkomentar positif. Mereka menganggap nama Haluan Kepri lebih mudah dipahami dan diterima oleh masyarakat Kepri ketimbang nama Sijori Mandiri. Hal ini membuat jajaran manajemen di bawah Basko media Group semakin percaya diri untuk mengibarkan nama baru koran suara hati masyarakat Kepri ini di bawah bendera Haluan Kepri.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) Haluan berarti; arah; tujuan. Masyarakat Melayu pun sangat familiar dengan kata-kata Haluan.  Karena nama ‘Haluan Kepri’ memuat nama Kepri secara tegas, maka dengan sendirinya nama Koran ini akan lebih familiar bagi masyarakat.

Pimpinan Basko Media Grup, H Basrizal Koto mengatakan, pergantian nama Haluan Kepri ini berbarengan dengan hadirnya Harian Haluan--koran di Sumatera Barat-- dengan format dan manajemen baru di bawah naungan Basko Media Grup mulai 1 November 2010 besok. Selain Sijori Mandiri, Harian Pagi Riau Mandiri yang terbit di Pekanbaru juga berganti nama menjadi Haluan Riau.

Tentang pergantian nama ini, Basrizal menyatakan, ini bukan karena alasan primordial. Sebab, nama Haluan, kata Basrizal, adalah kosa kata nasional yang berarti arah, acuan dan terdepan.

"Nama Haluan adalah nama yang sangat bagus, sama halnya dengan Kompas, Waspada dan Merdeka.  Ketika saya membuat koran di Pekanbaru dan Batam nama-nama yang bagus itu sudah tidak ada lagi," katanya.

Makanya, sesuai situasi dan kondisi waktu itu, dibuatlah Riau Mandiri dan Sijori Mandiri. Kini, setelah mengambil Haluan, muncul inspirasi untuk menjadikan ketiga koran ini bernama Haluan, Haluan Riau, Haluan Kepri.

"Yang paling pas dan bagus itu adalah Haluan Kepri, Haluan Riau. Lebih fokus, lebih konkrit dan lebih kokoh," tegas Basrizal Koto.

Secara terpisah, Pemimpin Perusahaan Sijori Mandiri Sofialdi, mengatakan, dengan pergantian nama menjadi Haluan Kepri, jajaran manajemen optimis koran ini kian kokoh menancapkan brand imej sebagai korannya masyarakat Kepri. Karena dari nama Haluan Kepri, secara historis lebih dekat dengan masyarakat Kepri yang sebagian besar hidup sebagai nelayan.

"Haluan merupakan bagian depan dari alat transportasi laut yang memang merupakan sarana transportasi utama di Provinsi Kepri. Jadi kata haluan sudah akrab dengan masyarakat Kepri," ujar Sofialdi.

Sofialdi juga menyatakan, setelah menyandang nama baru, koran ini akan tampil dengan format baru, tidak hanya dalam penyajian berita tetapi juga dalam pelayanan terhadap relasi dan mitra bisnis yang telah mendukung Sijori Mandiri memasuki usia 10 tahun.

"Hampir satu dasawarsa koran ini telah menjadi bagian dari masyarakat Kepri. Dengan nama baru kami selalu menjaga integritas dan kepercayaan relasi serta mitra bisnis sehingga koran ini bisa terus maju dan berkembang," papar Sofialdi.

Ditambahkan, Haluan Kepri mulai diperkenalkan kepada pembaca hari ini merupakan komitmen dari Basko Media Grup untuk lebih mencerdaskan masyarakat di Provinsi Kepri dengan informasi yang berimbang, independen dan santun bahasanya. Disamping menjadi alat kontrol dalam mengawal pembangunan di provinsi yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia ini.   

"Kami akan terus menjaga idealisme dalam penyajian berita yang akurat, berimbang dan santun dalam bahasa serta sarat dengan pesan moral, agama, budaya dan sosial," tutup Sofialdi. (hk/jf,ye)

 

Share

Fokus

Apakah Oknum Aparat Terlibat ?

Minggu, 07 September 2014
Apakah Oknum Aparat Terlibat ?

Pelangsir BBM di Batam

NONGSA(HK) -- Dugaan keterlibatan oknum polisi semakin ku...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...