Rabu09172014

Last update12:00:00 AM

Back Ekonomi Bisnis Bisnis RSAB Buka Klinik Tumbuh Kembang

RSAB Buka Klinik Tumbuh Kembang

BATAM - Banyaknya kasus anak-anak dengan gangguan tumbuh kembang yang ditangani Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) Batam, mendorong rumah sakit ini membuka klinik khusus tumbuh kembang anak. Seperti dikatakan Direktur RSAB dr Widya saat me-launching Klinik Tumbuh Kembang Anak di rumah sakit ini, Senin (21/2), banyak sekali pasien anak dengan gangguan tumbuh kembang yang datang ke Rumah Sakit Awal Bros Batam.
Gangguan tumbuh kembang seperti autisme, hiperaktif (attention deficit hyperactivity disorder/ADHD), retardasi mental, cerebral palsy menghantui anak-anak saat ini. Penyebabnya, menurut dr Purboyo Solek SpA, konsultan klinik ini kebanyakan karena faktor genetik dan terjadi ketika anak masih dalam kandungan. Selebihnya terjadi karena proses persalinan.

Menurut penelitian, kata dr Purboyo, satu dari 10.000 anak di dunia mengalami gangguan autis. Bahkan di Indonesia, sekitar 4,2-4,6% anak mengalami gangguan ADHD. Jumlah ini sangat besar," kata dr Purboyo. Karena itulah menurutnya, diperlukan pusat-pusat tumbuh kembang agar anak dapat ditangani dan bisa tumbuh dan berkembang lebih baik.

"Di dalam pusat tumbuh kembang ini, anak akan ditangani secara terpadu oleh tim yang menangani fisiotherapy, speech therapy, occupational therapy dan rehabilitasi medik.  Namun sebelum terapi dilakukan, dokter spesialis anak akan melakukan skrining dan diagnosa mengenai gangguan tumbuh kembang apa yang dialami anak," jelas dr Purboyo.

"Seharusnya klinik ini bisa menjadi unggulan bagi rumah sakit karena memiliki center (Pusat Tumbuh Kembang Anak-red) yang komprehensif," kata dr Purboyo diiyakan dr Widya.
Dengan adanya klinik yang berada di lantai dasar RSAB ini, masyarakat bisa mendapatkan informasi dan pelayanan menyeluruh mengenai gangguan tumbuh kembang. (les)

Share

Fokus

Apakah Oknum Aparat Terlibat ?

Minggu, 07 September 2014
Apakah Oknum Aparat Terlibat ?

Pelangsir BBM di Batam

NONGSA(HK) -- Dugaan keterlibatan oknum polisi semakin ku...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...