Rabu09032014

Last update12:00:00 AM

Back News Lingga Kabupaten Lingga Mekar Jadi 9 Kecamatan

Kabupaten Lingga Mekar Jadi 9 Kecamatan

LINGGA - Pemerintah Kabupatan Lingga akan mekar menjadi sembilan kecamatan dari lima kecamatan yang ada. Tidak hanya itu, kelurahan dan desa juga ikut dimekarkan. Hal itu disampaikan Kepala Bagian Pemerintahan Setdakab Lingga, H. Muslim, kepada Haluan Kepri, Senin (21/3). "Kita perlu menginformasikan hal ini ke masyarakat," ungkap Muslim.

Mantan Kepala Bagian Kesejahteraan Masyarakat Setdakab Lingga ini menambahkan, tujuan dari pemekaran tidak lain dalam rangka efektifitas dan efisiensi pelayanan pada masyarakat (publik). Disamping memperpendek rentang kendali, tujuan pemekaran juga dalam ranka meningkatan kesejahteraan masyarakat dan mempercepat pelaksanaan pembangunan.

Adapun kecamatan yang dimekarkan itu antara lain berada di Kecamatan Singkep. Di sini dua kecamatan yaitu, wilayah Marok Kecil, Pulau Lalang dan sekitarnya dan wilayah Desa Berindat sampai Kote sekitarnya. Untuk Kecamatan Lingga, ada dua kecamatan yang bakal dimekarkan yaitu wilayah Pulau Selayar dan sekitarnya dan Sungai Pinang dan sekitarnya

Sementara itu, untuk Kelurahan Senayang akan dimekarkan lagi menjadi dua kelurahan yaitu Kelurahan Pena'ah dan Laboh di Kecamatan Senayang. Untuk di Kecamatan Singkep Barat Desa Bakong akan dimekarkan menjadi tiga desa yaitu, Tinjul, Langkap dan Cukas. Desa Posek akan dimekarkan lagi menjadi dua desa yaitu Pulau Mas dan Desa Suak Buaya.

"Untuk Kecamatan Lingga Utara, Desa Duara akan dimekarkan juga menjadi Desa Sungai Besar dan Desa Rantau Panjang. Untuk desa yang bakal dimekarkan di wilayah kecamatan Senayang yaitu, Desa Pasir Panjang akan dimekarkan menjadi Desa Cempa. Desa Pulau Medang akan dimekarkan lagi desa Pulau Duyung dan desa Rejai dimekarkan lagi desa Baran, papar Alumni Universitas Riau Pekanbaru angkatan 80-an itu.

Seperti diktahui, saat ini, Kabupaten Lingga terdiri dari lima kecamatan yang berada di tiga pulau besar di Kabupaten Lingga yaitu Singkep dan Singkep Barat (Pulau Singkep), Lingga dan Lingga Utara (Pulau Lingga) dan Senayang (Pulau Senayang). Jika teralisasi pemekaran empat kecamatan baru tersebut, otomatis Kabupaten Lingga akan menjadi 9 kecamatan. (ind).

Share

Fokus

Bulan Agustus Panen Narkoba

Sabtu, 30 August 2014
Bulan Agustus Panen Narkoba

WILAYAH Kepri menjadi tempat transit bagi para tersangka narkoba. Terbukti selam...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Monday, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...