Senin03022015

Last update05:00:00 AM

Back Pendidikan

Monica Sihombing, Siswi SMAN 8 Batam

Duta Pertukaran Pelajar ke Jepang

BATAM (HK) -Monica Sihombing siswi kelas XI MIPA dari SMAN 8 Batam, baru saja pulang dari negeri sakura mengikuti program pertukaran pelajar Jepang-Indonesia. Monica terpilih berkat kesungguhannya mengikuti serangkaian tes dilakukan bersama dengan beberapa siswa lainnya dari Kepri. Namun hanya Monica saja yang berhasil menjadi Duta Kepri untuk pertukaran pelajar ke Jepang disatukan dengan 23 Duta lainnya dari berbagai provinsi di Indonesia.

SMPN 5 Bintan Akan Launching Bank Sampah

BINTANH (HK) - SMPN 5 Bintan saat ini telah memiliki bank sampah atau tempat penyimpanan sampah yang bernilai ekonomis. Bank sampah tersebut rencananya akan dilaunching penggunaannya hari ini, Sabtu, (28/2) di SMPN 5 Kawal, Kecamatan Gunung Kijang.

Disdik Batam Minta Galakan Green School

BATAM (HK)-Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, mengajak agar sekolah-sekolah menggalakan program green school. Disdik menyarankan sekolah membuat pola pembinaan terpadu terhadap anak didik akan kepedulian lingkungan yang bersih adan asri. Salah satunya dengan rutin mengajak siswa menanam pohon di lingkungan sekolah.

SD Batam Kota Boyong Piala Bergilir

Turnamen Futsal Walikota CUP I

BATAM (HK)-Tim Futsal perwakilan SD se Kecamatan Batam Kota berhasil memboyong Piala Bergilir Turnamen Futsal Walikota CUP I antar SD se Kota Batam. Tim ini berhasil melaju ke babak final setelah mengalahkan Tim Futsal perwakilan SD se Kecamatan Batuampar yang harus puas meraih juara kedua. Kegiatan yang akan dijadikan iven tahunan ini, di gelar sejak 2 Februari lalu, dan finalnya pada 16 Februari diadakan di lapangan futsal Coloseum, Batam Centre.

Jiwo Tri Sanjoyo, Baris Berbaris Melatih Diri Lebih Disiplin

BATAM (HK)-Cowok imut ini dikenal cukup piawai dalam keterampilan baris berbaris. Ia pun telah beberapa kali meraih juara untuk lomba teknik baris berbaris, diantaranya juara ke III diadakan Kanpora Batam pada Oktober 2014 lalu, dan juara II teknik berbaris diadakan Kodim 0316 pada Desember 2014. Wajar ia selalu menjuarai lomba teknik berbaris, karena telah terlatih sejak ia duduk di SMP dulu.

Harapan Kepsek SMAN 8 Batam

Target 30% Masuk Mahasiswa Undangan

BATAM (HK)-Kepala Sekolah SMAN 8 Batam Dra Dwi Sulistiyani, berharap pada tahun ini siswanya lebih banyak lagi diterima Perguruan Tinggi Negeri (PTN) lewat jalur undangan. Ia menargetkan sedikitnya bisa mencapai 30 persen dari jumlah 448 siswa yang akan lulus pada tahun ini. "Siswa kita yang berminat mendapat ke PTN ini mencapai 60 persen, mudah-mudahan lebih banyak lagi diterima lewat jaluar undangan. Untuk tahun lalu sekitar 27 siswa diterima jalur undangan ini, bahkan 4 siswa kita diterima jaluar bidik misi," ujarnya kepada Haluan Kepri, Selasa (24/2).

Kepsek SMPN 28 Batam Optimis Bisa Meraih Nilai UN Terbaik

Kenakalan Siswa Makin Berkurang

BATAM (HK)-Kepala Sekolah SMPN 28 Batam, Dra Nurmi mengaku optimis siswanya menghadapi ujian nasional (UN) 4 Mei mendatang. Siswanya diprediksi bisa lulus 100 persen dan bisa meraih nilai terbaik. Hal ini dikarenakan melihat dari kenakalan siswa di SMPN 28 Batam semakin berkurang dan disiplin. "Kita masih patokan pada hasil UN tahun lalu lulus 100 persen, namun mungkin perolehan nilai siswa yang terus kita tingkatkan," ujar Nurmi usai membuka kegiatan Motivasi UN dengan mendatangkan Tim Pendidikan Haluan Kepri, Selasa (23/2).

Kumpulkan Sejumlah Prestasi Dibidang Karate

BATAM (HK)-Meski memiliki tubuh yang mungil, namun untuk prestasi dibidang olahraga Karate tak diragukan lagi. Sejumlah prestasi kejuraan Karate telah ia kumpulkan, mulai dari Juara I katagori Komite pada ajang Kejuaraan Karate di Bandung, juara II katagori Kata di Malaysia, dan juara I katagori Komite tingkat Provinsi Kepri.

Berharap Nilai UN Lebih Meningkat

Dari Motivasi UN di SMPN 43 Batam

BATAM (HK)-Sebanyak 189 siswa-siswi Kelas IX SMPN 43 Batam berkumpul di aula sekolah mengikuti motivasi ujian nasional (UN) yang disampaikan Tim Pendidikan Haluan Kepri, Sabtu (21/2). Motivasi yang berlangsung selama dua jam lebih itu, disaksikan langsung Kepala Sekolah SMPN 43 Batam, Nyorita SPd hingga selesai. Para siswa-siswi terlihat serius mendengarkan pemaparan dari Motivator Haluan Kepri yang menyampaikan akan kiat-kiat belajar, dan merubah mindset belajar, serta tips dan trik menyiasati UN dengan nilai memuaskan.

Batam Batal Terapkan UN Online

Hanya 1 Sekolah Siap UN Online

BATAM (HK)-Kapala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid-Dikdas) Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri, Drs Atmadinata mengatakan dari 6 sekolah yang diusulkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk melaksanakan Ujian Nasional (UN) secara online, hanya 1 sekolah yang mengkonfirmasi menyatakan siap, yakni SMPN 1 Tanjungpinang. Hal ini diketahui Disdik Kepri, berdasarkan laporan dari Pusat Pengembangan Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud yang menerima e-mail konfirmasi kesanggupan dari sekolah tersebut.

Peringati Hari Peduli Sampah dengan Lomba Kreasi Siswa

BATAM (HK)-Siswa-siswi SMPN 4 Batam pada Sabtu (21/2), memperingati Hari Sampah dengan menggelar lomba Kreasi Siswa antar kelas. Kegiatan ini diberi tema "Smart And Useful Recycle Plastic Craft'.

UN Online Bakal Sulit Diterapkan di Batam

BATAM (HK)-Sejumlah praktisi pendidikan di Batam menilai, bahwa sistem Ujian Nasional (UN) secara daring alias online masih sulit diterapkan di Batam. Meskipun terhadap sekolah unggulan. Hal ini dikarenakan keterbatasan IT dan perangkat yang dimiliki. Disamping itu juga akses internet akan menghambat kelancaran dari proses UN itu sendiri.

UN Online Membingungkan, Disdik Batam dan Sekolah Ngaku Was-was

BATAM (HK)-Hingga saat ini Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam mengaku belum mendapat petunjuk apapun terkait pelaksanaan Ujian Nasional (UN) sistem online. Saat ini yang diterima Disdik baru sebatas penunjukan tiga sekolah yang dijadikan pilot project UN online, yakni SMPN 6 Batam, SMAN 1 Batam, dan SMAN 3 Batam.

Fokus

UN Online Tinggal Wacana

Minggu, 01 March 2015
UN Online Tinggal Wacana

BATAM (HK)--PENERAPAN Ujian Nasional (UN) secara online di Batam buyar dilaksana...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...