Jumat08012014

Last update12:00:00 AM

Back Pendidikan

Peduli Gaza, PGRI Batam Sumbang Dana Rp125 Juta

BATAM (HK)-Kekejaman agresi militer Israel yang menyerang warga sipil di Gaza- Palestina, mengundang keprihatinan sejumlah guru yang tergabung di Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Batam. Mereka gotong royong saling bahu membahu menggalang dana bantun hingga terkumpul Rp125.036.500. Selanjutnya dana tersebut diserahkan Sekretariat PGRI Kota Batam untuk disumbangkan melalui rekening bantuan kemanusian. Sumbangan dikumpulkan melalui tiga tahap. Untuk  tahap pertama terkumpul Rp95.484.000, kemudian tahap kedua terkumpul  Rp20.052.500,  dan selanjutnya tahap ketiga terkumpul Rp7.500.000.

Disdik Batam Perbanyak Guru Pendamping

Targetkan Tiga Tahap Pelatihan Kurikulum 2013

BATAM (HK) — Dalam upaya memenuhi kebutuhan guru pendamping untuk penerapan Kurikulum 2013 pada tahun ajaran baru 2014/2015 ini, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam menargetkan pelatihan Kurikulum 2013 terhadap guru bisa tercapai hingga tahap ketiga. Sejauh ini, Disdik melaksanakan pelatihan Kurikulum 2013 ini baru dua tahap, yakni tahap pertama dilakukan di SMPN 20 dan SMPN 3 Batam dengan menyertakan 900 guru SD. Selanjutnya tahap kedua dilaksanakan di SMPN 11 serta SDN 06 Sekupang diikuti 600 guru mulai dari SD dan SMP baik negeri maupun swasta.

Masuk SLTA Negeri di Batam Dikenakan Rp5 Juta

BATAM (HK)-Para orang tua siswa mengaku cukup berat atas biaya yang harus ditanggung untuk masuk sekolah SLTA. Karena selain biaya pembangunan, juga masih harus membayar biaya SPP dan seragam sekolah.  Seperti keluhan disampaikan Rahman yang menyekolahkan anaknya di SMAN 3 Batam.

Terlalu Memaksakan Harus Masuk Sekolah Negeri

Per Rombel Diisi 45 Siswa

BATAM (HK)-Akibat orang tua terlalu memaksakan anaknya harus masuk kesekolah negeri, membuat rencana daya tampung (RDT) per kelas/rombongan belajar (rombel) menjadi padat perkelas diisi hingga 45 siswa, bahkan ada yang hingga 46 siswaan. Hal ini terjadi hampir disemua sekolah negeri baik di jenjang SD, SMP maupun SMA/SMK.

Orang Tua Pusing Mikirain Biaya Baju Seragam dan Buku

BATAM (HK)-Meski Pendaftaran Penerimaan Siswa baru (PPDB) gratis, namun orang tua dihadapkan dengan kebutuhan peralatan sekolah, termasuk baju seragam yang nilainya mencapai Rp600 ribu lebih. Untuk peralatan sekolah ini mencakup buku paket Rp325 ribu, buku tulis minimal 2 lusin Rp120 ribu, serta alat tulis pensil bolpoint, serta lainnya mencapai Rp100 ribuan, ditambah lagi kebutuhan tas sekolah, sepatu dan lainnya.

Bakteri yang Bikin Gigi Berlubang

Masalah gigi berlubang merupakan satu dari sekian banyak penyakit pada manusia yang sering terjadi. Namun, masih banyak yang menyadari bahwa lubang pada gigi umumnya terjadi karena adanya penularan bakteri yang disebut Streptococcus mutan.

KKM Sambil Santuni Anak Yatim dan Fakir Miskin

Mahasiswa Ibnu Sina Batam

BATAM (HK)-Disela-sela menjalani masa Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) Mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI ) Ibnu Sina Batam, menggelar buka bersama dan bakti sosial (baksos) menyantuni anak yatim dan fakir miskin yang berada di Kampung Berlian, Minggu (20/7). Kegiatan baksos ini dipusatkan di Masjid Nurul Iman dengan menyantuni sembako sebanyak 20 paket diperuntukan bagi anak yatim  dan 50 paket diperuntukan bagi fakir miskin.

Masuk Sekolah Efekif 4 Agustus

Selama Ramadhan Sekolah Diminta Adakan Kegiatan Pembentukan Karakter

BATAM (HK)-Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam Drs H Muslim Bidin menyatakan, bahwa tahun ajaran baru 2014/2015 berlaku efektif  mulai 4 Agustus 2014 sesuai hari Raya Idul Fitri. Pada tanggal tersebut bagi sekolah yang belum  menggelar Masa Orentasi sekolah boleh di laksanakan, karena baru benar-benar efektivitas proses belajar mengajar (PBM) dimulai 14 Agustus mendatang.

Baksos PGRI Ditutup di Selat Nenek

Ratusan Sembako Telah Disalurkan

BATAM (HK)-Setelah tiga hari berturut-turut Persatuan Guru Republik Indonesi (PGRI) Kota Batam melakukan bakti sosial (Baksos) menyantuni, fakir miskin, anak yatim di berbagai tempat, serta rumah singgah. Kegiatan baksos akhirnya diakhiri dengan mengunjungi Pulau Selat Nenek dengan menyerahkan 100 paket sembako dan uang saku bagi keluarga kurang mampu di sana.

Dewan Minta Sekolah Tidak Bebani Wali Murid

Terkait PPDB

BINTAN (HK) - Anggota Komisi III DPRD Bintan Indra Setiawan meminta kepada pihak sekolah untuk tidak membebani wali murid, terutama dalam penerimaan siswa baru. Begitu juga dengan pungutan terhadap orang tua siswa di sekolah-sekolah dalam penerimaan siswa baru tidak bolah dilakukan.

SMK Kartini Prihatin Warga Palestina

Guru dan Siswa Patungan Galang Dana

BATAM (HK)-Ratusan siswa dan guru di SMK Kartini Batam mengaku prihatin terhadap penderitaan warga Palestina. Mereka secara spontan menggalang dana, dan terkumpul sekitar Rp7 juta. Dana tersebut langsung diserahkan Kepala Sekolah SMK Kartini Batam Mujiono SPd melalui OSIS kepada Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) di sela sela penutupan pesantren kilat dan acara buka puasa bersama antara siswa dan guru, Rabu (16/7).

BKD Batam Diminta Klarifikasi SK Guru Honor

Agar Tak Menimbulakan Keresehan

BATAM (HK)-Pemerhati pendidikan di Batam, Djoni Trison, meminta kepada Badan Kepegawaian Daerah (BKD) segera mengklarifikasi adanya tuduhan SK bodong digunakan guru honor (K2) untuk persyaratan diangkat jadi CPNS. Hal ini dianggap perlu, karena terkait SK bodong ini telah dijadikan asumsi publik yang meresahkan guru honor itu sendiri.

Kegiatan MOS di Batam Berjalan Lancar

Pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS) bagi peserta didik baru yang dilaksanakan di jenjang SMP dan SMA/SMK dari hari pertama hingga kedua berjalan lancar.Meski Bulan Puasa Siswa Tetap Semangat

BATAM (HK)-Pelaksanaan Masa Orientasi Siswa (MOS) bagi peserta didik baru yang dilaksanakan di jenjang SMP dan SMA/SMK dari hari pertama hingga kedua berjalan lancar.

Fokus

"AlQur'an Obat Segala Keresahan"

Kamis, 17 July 2014

Batam (HK) – "Allah SWT menurunkan obat bagi kegelisahan dan permasalahan manusi...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...