Sabtu11012014

Last update12:00:00 AM

Back Pendidikan

Pendidikan Siswa SD Juga Butuh Konselor

Pentingnya peran guru bimbingan dan konseling (BK) atau yang biasa disebut konselor di lingkup pendidikan sekolah dasar masih belum banyak yang menyadari. Padahal, saat ini SD juga perlu menyediakan guru BK. Hal ini dikatakan Dra. Ella Faridati Zen, MPd Ketua Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) Universitas Negeri Malang (UM).

Pemko Batam Berikan Reward Siswa Berprestasi

Juara O2SN, Popda, dan Nilai UN Tertinggi

BATAM (HK)-Ratusan siswa SD/MI, SLTP dan SLTA yang meraih prestasi di bidang akademik dan non akademik mendapat reward dari Pemerintah Kota (Pemko) Batam  yang diserahkan langsung Walikota Batam Drs H Ahmad Dahlan. Acara pemberian beasiswa ini diadakan di gedung pertemuan Sekolah Harapan Utama, Kamis (30/10), disaksikan oleh Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam Drs H MUslim Bidin bersama guru dan Kepala Sekolah.

Siswa Langganan Juara Dibidang Olahraga

BATAM (HK)-Diantara ratusan siswa berprestasi dibidang olahraga yang mendapat reward dari Pemko Batam, Tim Pendidikan Haluan Kepri berhasil mewawancara 2 siswa dari SMAN 5 Batam dan 4 siswa dari SMPN 6 Batam. Mereka dari SMAN 5 Batam adalah Syarifah Farzanah peraih emas dan Irwanda peraih Perunggu kedua-keduanya dicabang Penca Silat. Sedangkan dari SMPN 6 Batam Tanaya Atyanta  dan Jimmy merupakan atlit catur yang telah beberapa kali meraih juara, dan Sabita Hayu Rarasati merupakan atlit bulutangkis dan Fatahillah Aslam atlit renang. Yang masing-masing telah berhasil mengukir prestasi hingga tingkat nasional.

Guru Harus Melek Teknologi

PGRI KOta Batam Bersama Telkom Beri Pelatihan IT

BATAM (HK)-Tak ingin berlama-lama guru terbelunggu dan gaptek akan teknologi, PGRI Kota Batam membuat gebrakan baru memberikan pelatihan teknologi informasi kepada guru se Kota Batam. Pelatihan ini bekerjasama dengan PT Telkom Indonesia, dengan tujuan untuk meningkatkan penggunaan teknologi informasi dalam proses belajar-mengajar. Apalagi saat ini penerapan Kurikulum 2013 (K-13) mewajibkan guru melek teknologi.

Kegiatan Pentas Seni ROH SMAN 3 Batam Berjalan Sukses

BATAM (HK)-Kegiatan pentas seni dilakukan SMAN 3 Batam berjalan sukses. Kegiatan yang dikemas dengan nama Republic of Hysteria (ROH) merupakan yang ketiga kalinya yang digelar setiap dua tahun sekali. Untuk tahun ini kegiatan ROH 3 ini mengambil tema Time  Fusion yang berarti penggabungan waktu.

SDN 003 di Bintan Dibakar Orang Tak Dikenal

BINTAN (HK) - SD Negeri 003 Teluk Sebong yang terletak di Desa Sebong Lagoi Kecamatan Teluk Sebong, Kabupaten Bintan dibakar orang tak dikenal (otk), Selasa (28/10) sekitar pukul 06.30 WIB.

SMKN 4 Batam Bekali Siswa dengan Ilmu Jurnalis

Terapkan Budaya Menulis di Kalangan Siswa

BATAM (HK)-Dalam mengembangkan pembelajaran Kurikulum 2013 (K-13) agar lebih varitif SMKN 4 Batam melakukan terobosan baru dengan menyisipkan pelatihan jurnalistik sebagai bahan ajar kepada siswanya. Ide dasar memasukan pelatihan jurnalistik ini, sebagai pengembangan K-13 upaya menanamkan budaya menulis dikalangan siswa agar dapat menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Akbar Satrio Pamungkas, Calon Dokter yang Lihai Taekwondo

BATAM (HK)-Siswa yang duduk di kelas VI di SDN 08 Bengkong ini dikenal jago Taekwondo. Meski ia bercita-cita ingin jadi dokter, namun untuk keahliannya dibidang Taekwondo tetap akan ditingkatkan. Maklum ia ingin meraih juara hingga tingkat nasional.

Keberhasilan K-13 Ada Ditangan Guru

BATAM (HK)-Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Drs Muslim Bidin, mengatakan keberhasilan Kurikulum 2013 (K-13) ada ditangan guru. Ia menilai sehebat apapun kurikulum yang diterapkan bila tidak didukung sumber daya manusia (SDM) guru yang mempuni maka akan sia-sia. Sebaliknya dengan penerapan K-13 bisa berhasil dengan baik, apabila guru telah benar-benar mampu mengimplementasikan K-13 secara baik dan benar.

Membumikan Pancasila Dikalangan Mahasiswa

Dari Diskusi Mahasiswa Putra Batam

BATAM (HK)–Upaya dalam membumikan Pancasila di kalangan mahasiswa dan masyarakat luas, harus dimulai dari akar rumput, down to eath. Sehingga, konsep dan nilai-nilai Pancasila itu tidak berada di awang-awang.

Pemuda Harus Lebih Siap Menghadapi AFTA

Dari Kegiatan Jambore Karang Taruna 2014

BATAM (HK)- Ketua Lembaga Koordinasi Kesejahteraan Sosial (LKKS) Provinsi Kepri, Hj Rekaveny Respationo mengharapkan agar para pemuda dan pemudi di Karang Taruna di Batam harus mampu membentuk manusia yang handal dan siap meng menghadapi AFTA (pasar bebas) 2015 mendatang. Peran pemuda dan pemudi ini agar dapat memberikan warna, sehingga berdampak pada pembangunan nasional nantinya.

Pembina Pramuka SMAN 7 Batam

Berharap Diangkat PNS

BATAM (HK)-Sudah delapan tahun Deni Wahyudi mengabdi menjadi Pembina Pramuka dan Tata Usaha di SMAN 7 Batam. Ia berharap pemerintah memperhatikan nasib dirinya untuk diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Meski bertahun-tahun ia bertugas di Pulau, namun rasa pengabdiannya tak pernah surut. Malah ia semakin bersemangat untuk mensejajarkan prestasi pramuka SMAN 7 Batam dengan sekolah lainnya.

Stikes Awal Bros Batam Wisuda 47 Mahasiswa

BATAM (HK) - Akademi Keperawatan dan Kebidanan Stikes Awal Bros Batam mewisuda 47 mahasiswa terdiri dari 18 jurusan Keperawatan jenjang SI, dan 29 mahasiswa jurusan Kebidanan jenajng D3, Kamis (23/10). Kegiatan wisuda ini diadakan di lantai 9 Hotel Pacifik Place itu, merupakan angkatan ke III untuk tahun ajaran 2014.

Fokus

13 Tahun Kota Otonom Tanjungpinang

Minggu, 19 October 2014
13 Tahun Kota Otonom Tanjungpinang

Masih Banyak Tugas yang Belum Tuntas

TANJUNGPINANG (HK) -- Tiga belas tahun sudah...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...