Sabtu07302016

Last update05:00:00 AM

Back Pendidikan

Rp 1,7 T Disiapkan untuk Tingkatkan Mutu Laboratorium

Batam (HK) - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi menyiapkan Rp1,71 triliun untuk meningkatkan mutu laboratorium di sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia, sepanjang 2016.

Kembangkan Kelebihanmu

Hasanudin Abdurakhman

Dulu ada teman saya menulis tentang seorang gadis. Gadis itu cantik. Cantik itu hoki. Karena cantik, gadis tadi gampang dapat pekerjaan.

Dea Aulia, Peraih Beasiswa Fisika Nuklir ASEAN

Dea Aulia Kartini (23 tahun) mungkin satu dari sekian juta anak Indonesia yang beruntung bisa meraih beasiswa. Alumni Fakultas Teknik dan Sains jurusan Fisika Universitas Nasional (Unas) bukan hanya akan melanjutkan pendidikannya ke jenjang S-2, tapi langsung mendapat akses hingga S-3 selama 5 tahun di Suranaree University of Technology (SUT), Thailand.

Pelajar Indonesia di Jepang Gelar "The Untold Indonesia"

Pelajar Indonesia di Ritsumeikan Asia Pacific University (Ritsumeikan APU) di Beppu, Oita, Jepang, kembali menggelar acara tahunan 'Indonesian Week 2016'. Panitia menggagas tema "The Untold Indonesia".

Dosen Efektif Sebarkan Literasi Keuangan Syariah

Literasi keuangan syariah di Tanah Air masih rendah sehingga masih perlu ditingkatkan. Dosen perguruan tinggi menjadi kunci utama.

SDN 02 Bengkong Targetkan Tahun Depan Nilai US Lebih Meningkat

kepsek sdn 02 bengkongPemantapan US Dilakukan Lebih Awal

BATAM (HK)–SDN 02 Bengkong tahun ini berhasil meraih peringkat ke 7 nilai rata-rata Ujian Sekolah (US) jenjang SD negeri se-Kota Batam. Begitu pula pada US tahun mendatang, sekolah ini telah mentargetkan bisa meriah peringkat US lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Untuk mencapai target tersebut, salah satu upaya dilakukan yakni, menggelar pemantapan US lebih awal dari sebelumnya.

Disdik Tak Larang Sediakan LKS

Dengan Catatan Tidak Memberatkan Wali Murid

TANJUNGPINANG (Hk) - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tanjungpinang tidak melarang sekolah menyediakan buku Lembar Kerja Siswa (LKS). Namun dengan catatan tidak memaksa dan memberatkan orang tua murid untuk memiliki buku LKS tersebut.

SDN 08 Sei Beduk Berdayakan Guru Buat Soal

BATAM (HK) - Kepala Sekolah SDN 08 Sei Beduk Tri Hastuti SPd, mengaku SDN 08 Sei Beduk tidak pernah risau dengan masalah LKS yang baru-baru ini dihebohkan masyarakat. Justru kata dia, wali murid di kala tahun ajaran baru malah ngotot untuk bisa mendapatkan LKS lebih awal dengan memesannya bersamaan dengan PPDB.

Lulus Bukan Jaminan Berkualitas

pelatihan tot spm kepsek dan guru sebatam 2016Dari Pelatihan TOT SPM Kepsek dan Guru

BATAM (HK)-Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Drs H Muslim Bidin tak mengharapkan sekolah bisa meluluskan siswa 100 persen namun kualitasnya dipertanyakan. Lebih baik sekolah tidak lulus 100 persen, namun kualitas lulusannya bisa dipertanggungjawabkan.

Kepsek Pertanyakan Pencairan Dana BOS

BATAM (HK)-Untuk kesekian kalinya kepala sekolah (kepsek) SD, SMP hingga SMA/SMK dibuat bingung akan dana bantuan operasional sekolah (BOS) yang tak kunjung cair hingga kini. Sementara biaya operasional semakin membengkak. Untuk itu sejumlah kepsek mempertanyakan akan keterlambatan pencaiaran dana BOS ini.

LKS Permudah Siswa Belajar

Dilarang Jual LKS Sama dengan Pembodohan Siswa

BATAM (HK)-Menghentikan siswa untuk memiliki Lembar Kerja Siswa atau LKS, sama dengan pembodohan. Karena LKS berperan sebagai alat bantu pengajaran yang dapat mengaktifkan siswa lebih memahami mata pelajaran yang diajarkan. Disamping itu, LKS merupakan lembaran kertas yang intinya berisi informasi dan instruksi dari guru kepada siswa agar dapat mengerjakan sendiri suatu kegiatan belajar melalui praktek, atau mengerjakan tugas dan latihan yang berkaitan dengan materi yang diajarkan untuk mencapai tujuan pengajaran.

Sekolah Tahan Dulu Jual LKS

BATAM (HK) - Pihak sekolah sejauh ini masih menahan untuk menjual buku Lembar Kerja Siswa (LKS). Meski rata-rata sekolah telah memiliki bahan ajar tersebut, namun dikarenakan dilarang pemerintah akhirnya urung untuk dijual.  "Sebelum adanya statement dari Wakil Walikota pak Amsakar di media massa terkait larangan menjual LKS, kita belum ada mengeluarkan atau menjual LKS sama sekali. Meski sudah banyak dari pihak siswa memesan LKS, dan sudah menitipkan uang. Kita menunggu pula konfirmasi dari Pemko, bila ada keputusan tak boleh, maka uang LKS yang sudah diserahkan dari siswa ke sekolah akan dikembalikan lagi. Serta untuk mengantisipasi LKS, sekolah akan memberi pelatihan pada guru untuk bisa membuat soal untuk siswa kedepannya berdasar panduan tematik," ujar Waka Kepsek SMPN 20 Batam, Gusfawati menjawab Haluan Kepri, Selasa (26/7).

Terakiat LKS, K3S Sagulung Lakukan Permuan antar Kepsek

BATAM (HK) - Menindaklanjuti persetujuan Walikota Batam, Rudi SE dengan para SKPD di gedung Pemko Batam, Senin (25/7) lalu, membahas masalah penjualan LKS, Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Sagulung pada Selasa (26/7), menggelar rapat tertutup di SDN 010 Sagulung bersama seluruh kepala sekolah SD se Kecamatan Sagulung.