Senin08312015

Last update05:00:00 AM

Back Pendidikan

Pers Sekolah Dalam Dunia Pendidikan

Dalam dunia pendidikan, istilah pers sering dipakai di perguruan tinggi dibandingkan dengan sekolah. Di perguruan tinggi sangat populer istilah pers kampus. Penyebutan pers kampus diperuntukkan bagi penerbitan majalah di perguruan tinggi. Tetapi di lingkungan sekolah, istilah pers sekolah belum begitu dikenal. Padahal banyak sekolah favorit sudah mempunyai pers sekolah.

SMPN 21 Batam Akan Terbitkan Majalah Sekolah

BATAM (HK)-Setelah mengadakan pelatihan jurnalis kepada 50 siswa lebih, SMPN 21 Batam berencana akan membuat majalah sekolah yang diberi nama Warna 21. Majalah ini akan terbit sebanyak 16 halaman akan dijadikan sebagai wahana para siswa menuangkan berbagai ide dalam mengembangkan kreatifitas membaca dan menulis.

SDN 002 Bengkong Berhasil Raih Berbagai Juara

Ekskul O2SN dan FLS2N Lebih Digiatkan

BATAM (HK) - Kegiatan ekstra kurikuler (ekskul) Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) serta Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) di SDN 002 Bengkong lebih digiatkan. Hal ini bertujuan untuk mengasah bakat dan minat, serta mencari bibit yang nantinya bisa prestasi dan membanggakan. Telah terbukti dari hasil ekskul tersebut, berbagai prestasi telah diraih.

Mutasi Guru Salahi Aturan

Guru Terancam Turun Jabatan Struktural

BATAM (HK)- Ratusan guru di Batam maupun di daerah lain bakal  terancam turun dari jabatan strukturalnya menyusul adanya Permendikbud tentang tugas fungsional guru maupun kebijakan Kemendikbud tentang tugas fungsional sebagai guru harus menyelesaikan program studi Strata 1 (S1). Sementara hampir di setiap sekolah di Batam, masih banyak guru yang belum menamatkan SI.

SDN 004 Bengkong Raih Peringkat ke 3 Nilai US Tertinggi

BATAM (HK)-Presatsi ujian akhir sekolah (UAS) 2015 kemarin, SDN 004 Bengkong menempati peringkat ke 3 se Kecamatan Bengkong untuk tingkat SD negeri. Sedangkan untuk tingkat SD negeri dan sawsata, SDN 004 berada pada urutan ke 7.   "Kami sangat bersyukur dan berbesar hati anak didik kami mampu meraih prestasi. Semua itu berkat kerja keras guru dan ketekunan siswa " ujar  Hj Tuty Nurlina SPd  kepada Haluan Kepri, Jumat (28/8).

SMP Nurul Jadid Batam Unggul di Bidang Non Akademik

BATAM (HK)- SMP Nurul Jadid Batam merupakan salah satu sekolah swasta yang sarat akan prestasi, terutama untuk bidang non akademik. Seperti saat Festival Tari Kreasi Melayu 2011 se Kota Batam, siswanya meraih juara II. Dan memasuki tahun 2013,  meraih juara III se Kota Batam pada acara ulang tahun Sanggar Elang Perkasa berupa lomba Tari Langgam Melayu Kreasi.

LPGTK Tadikapuri Lahirkan Tenaga Profesional

BATAM (HK)- Tadikapuri sebuah lembaga non akademik yang dulunya merupakan Lembaga Pelatihan Guru Taman bagi Kanak-kanak (TK) SD, SMP, dan SMA.  Tadikapuri ini berdiri  sejak 13 Agustus 1977 silam yang diresmikan oleh Hj. Yenny Retno W. Sekarang sudah mengembangkan sayapnya untuk pelatihan tenaga ahli dalam bidang airline (penerbangan) , yaitu mencetak tenaga-tenaga ahli untuk ditempatkan sebagai staff di bandara, seperti pramugara/pramugari, ticketing reservation, dan cargo handling.  Para lulusan dari pelatihan ini, nantinya akan dibimbing dan diarahkan secara khusus ke travel atau ke bandara.

SDN 003 Bengkong Giatkan Eskul Raih Prestasi

Batam (HK) -Upaya SDN 03 Bengkong dalam meningkatkan prestasi anak didik tidak hanya dilakukan pada jam-jam pelajaran saja, melainkan dengan mengembangkan sejumlah ekstra kurikuler (ekskul) di luar jam wajib. Hal ini dilakukan, karena pihak sekolah menyadari betul manfaat dari ekskul ini sebagai sarana untuk meraih prestasi.

Siswa SMK Penerbangan SPN Dirgantara Batam Raih Berbagai Prestasi

BATAM (HK)-SMK Penerbangan SPN Dirgantara Batam, beralamat di Komplek Ruko Taman Eden, Batam Centre, tercatat siswanya telah banyak meraih prestasi, baik akademik maupun non akademik. Dibawah binaan pendiri sekolah, Erwin Depari dan ditopang kerja keras Ketua Yayasan Jhoninta Depari, maka sekolah ini mampu mengantarkan tarunanya meraih banyak prestasi kesiswaan. Baru-baru ini salah satu siswanya meraih Juara 3 dan Juara Harapan II diajang lomba gerak jalan peringatan HUT ke-70 Kemerdekaan RI tingkat Kota Batam.

SMPN 21 Batam Adakan Pelatihan Jurnalis

Asah Bakat Menulis Siswa

BATAM (HK)-Dalam upaya menumbuhkan bakat dan minat menulis dikalangan para pelajar, SMPN 21 Batam pada, Sabtu (22/8) menggelar pelatihan jurnalistik bagi 54 siswa yang menyukai di dunia jurnalis.  Pelatihan ini dipusatkan di ruang Lab IPA dengan menghadirkan nara sumber Arment Aditya Redaktur Pendidikan dari Harian Umum Haluan Kepri.

Sekolah Harus Terakreditasi Bila Ingin Mandiri

BATAM (HK)-Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam Drs H Muslim Bidin menyatakan, bila sekolah ingin mandiri dalam pelaksanaan ujian nasional (UN) maupun menerbitkan ijazah sendiri, maka dipersilahkan untuk melakukan akreditasi. Bila sekolah belum terakreditasi, terpaksa harus menginduk pada sekolah yang telah diakreditasi.  

Pantaskah Kita Berbangga Diri di 70 Indonesia Merdeka?

Indy Hardono  
Pemerhati Pendidikan dan Bergiat Sebagai Koordinator Tim Beasiswa
Netherlands Education Support Office


Baru kemarin merayakan  17 Agustus 2015, kita dengan suka cita merayakan kemerdekaan Indonesia yang ke-70. Apa yang sudah dicapai bangsa ini setelah 70 tahun? Sudah pantaskah
kita berbangga diri?

Kegiatan Pramuka Harus Dikemas Menarik

BATAM (HK) - Walikota Batam, Drs H Ahmad Dahlan mengatakan, gerakan pramuka di masa kini tidak lagi monoton, melainkan setiap kegiatan harus dikemas dengan baik dan lebih menarik supaya banyak disukai kaum muda.  Selain kegiatan pramuka itu lebih menarik, kratif dan inovatif,  juga harus bisa  dijadikan sebagai pembentukkan karakter anak muda.

Listrik Karimun Lebih Parah

KARIMUN (HK)-- Persoalan listrik byar pet di Kabupaten Karimun ternyata sudah berlangsung bertahun-tahun. Pemadaman telah melumpuhkan aktivitas masyarakat. Bahkan, banyak nelayan tidak bisa melaut kar...

Read more...

Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bisa dilihat adalah jalan berupa tanah berukuran lebar 3,5 meter. Jalan itu hingga kini masih difungsikan warga. Sebagian j...

Read more...