Selasa10212014

Last update12:00:00 AM

Back Pendidikan

Disdik Batam Diminta Terus Tingkatkan Kualitas Guru

BATAM (HK)-Sejumlah praktisi pendidikan mendukung upaya Dinas Pendidikan (Disdik) secara marathon memberikan pelatihan sumber daya manusi (SDM) kepada guru. Malah mereka meminta agar Disdik terus meningkatkan kualitas pendidikan supaya sejajar dengan daerah-daerah lain diawali dari peningkatan SDM guru.

Raden Rivani Rahmi Putri, Siswi SDN 06 Sekupang

Ingin Lestarikan Budaya Seni Tari

BATAM (HK)-Cewek bernama lengkap Raden Rivani Rahmi Putri merupakan siswi yang memiliki talenta dibidang seni, terutama untuk seni tari dan musik. Mengisi berbagai acara untuk tari persembahan ataupun tari penghibur kerap dilakukan bersama rekan-rekannya di sanggar tari sekolah. cewek imut yang akrab dipanggil Vani ini, cukup terampil dalam menari, tak heran bila ia berkeinginan dari bakatnyan ini bisa melestarikan budaya seni tari.

250 Guru SMP Ikut Pelatihan Bedah SKL, Target Nilai UN Lebih Tinggi

BATAM (HK)- Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, dalam menghadapi Ujian Nasional (UN) tahun ini,  bukan hanya sekadar siswa lulus, melainkan menargetkan nilai UN lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Untuk lebih memantapkan guru mata pelajaran UN, Disdik Kota Batam telah menggelar kegiatan Bedah SKL UN SMP.

Haluan Kepri Dijadikan Referensi Bedah SKL UN Bahasa Indonesia

BATAM (HK)- Menu berita di media harian Haluan Kepri dijadikan referensi dalam pembahasan Bedah Standar Kompetensi Lulusan (SKL) Ujian nasional (UN) SMP untuk materi pelajaran Bahasa Indonesia. Pelatihan Bedah SKL UN SMP yang digelar di Vista Hotel, Kamis hingga Jumat ini, pada sesi terakhir membahas cara menelaah kalimat dan menulis kalimat dengan baik dan benar.

Raden Ocktaviani Fitri Rahmadani, Siswi SDN 06 Sekupang

Belajar Menjadi Prioritas

BATAM (HK)-Cewek imut ini merupakan siswi kebanggaan guru dan Kepala Sekolah di SDN 06 Sekupang. Ia merupakan siswa berprestasi dibidang akademik, setiap tahun selalu menjadi langganan juara kelas. "Belajar bagi saya merupakan prioritas utama. Alhamdulilah terkadang saya meraih juara I atau juara II. Seperti kemarin naik kelas III, saya meraih juara II saja," ucap cewek kelahiran Batam 29 Oktober 2005 yang akrab dipanggil Vivi ini.

Sarana SMPN 17 Bintan Butuh Perhatian

Sarana pendukung dalam proses kegiatan belajar mengajar (PBM) dimiliki SMPN 17 Bintan berlokasi di Jalan Gesek, KM 23, Kecamatan Toapaya Bintan, kondisinya sangat memprihatinkan.BINTAN (HK) - Sarana pendukung dalam proses kegiatan belajar mengajar (PBM) dimiliki SMPN 17 Bintan berlokasi di Jalan Gesek, KM 23, Kecamatan Toapaya Bintan, kondisinya sangat memprihatinkan.

Guru Jangan Malas Membaca

BATAM (HK)-Kabid Dikdas Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Rustam Efendi menyerukan agar guru jangan malas membaca. Sejauh ini dari hasil survai dilakukan Disdik, rata-rata guru di Batam malas untuk membaca. "Kalau guru malas membaca bagaimana anak didiknya. Jangan rajin membaca itu ketika ada rekan guru yang tersangkut kriminal saja, baru rame-rame membaca sampai habis. Malah berita kelanjutnya sangat dinanti-nanti. Coba kalau suruh belajar lagi, malasnya minta ampun," ujar Rustam saat membuka Pelatihan Bedah SKL UN SMP di Hotel Vista, Kamis (9/10).

Disdik Batam Marathon Tingkatkan SDM Guru

Satu Hari Gelar Empat Pelatihan

BATAM (HK)-Untuk mempercepat peningkatan SDM tenaga pendidik dan kependidikan, Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam seacara marathon menggelar pelatihan peningkatan mutu SDM. Bahkan dalam satu hari saja, pelatihan SDM ini dilakukan dua hingga empat kali kegiatan. Seperti pada Kamis (9/10), sebanyak empat kegiatan pelatihan peningkatan SDM bagi guru serentak digelar ditiga tempat, diantaranya berupa seminar Program Better Education through Reformed Management and UniversalTeacher Upgrading (Bermutu) atau Replikasi dan Deseminasi Program Bermutu diadakan di Vista Hotel yang dilanjutkan dengan pelatihan berupa Bedak SKL UN SMP.

Hadapi K-13 Guru Jangan Gaptek

BATAM (HK)-Kebid Dikdas Dinas Pendidikan Kota Batam, Rustam Efendi mengatakan guru jangan gagap teknologi (gaptek) dalam menghadapi Kurikulum 2013 (K-13) ini. Guru harus bisa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IT) agar lebih inovatif dalam memberikan pelajaran kepada anak didik.

Vadilifa Beri Pelatihan IT pada Guru

BATAM (HK)-Tak ingin guru gagap dalam teknologi (gaptek) dalam menerapkan Kurikulum 2013 (K-13), Kepala Sekolah SMPN 4 Batam, Vadilifa  SAg akan memberikan pelatihan IT kepada seluruh guru, termasuk TU. Pelatihan ini bekerjasama dengan SMK MHS Batam yang dilakukan sekali dalam seminggu dalam jangka 5 kali pertemuan.    

Gudangnya Prestasi Diraih Pelajar SNPN 30 Batam

BATAM (HK)-Prestasi diraih pelajar SMPN 30 Batam cukup banyak, baik bidang akademik maupun nonakademik. Meski bukan termasuk sekolah unggulan, namun sekolah ini memiliki segudang prestasi diraih siswa-siswinya.

SDN 007 Batam Kota Berkurban 1 Ekor Sapi dan Kambing

Terapkan Pendidikan Karakter Lewat Kurban

BATAM (HK)-Banyak cara dilakukan SDN 007 Batam Kota dalam menerapkan pendidikan berkarakter kepada siswa-siswinya. Salah satunya pada momentum hari raya Idul Adha ini, dijadikan sebagai pelajaran dalam menanamkan karakter siswa lewat kegiatan kurban. Sekolah yang di kepalai Syarifah Masnawati SPd ini, pada kegiatan kurban menyembelih 1 ekor sapi dan 1 ekor kambing merupakan iuran bersama siswa dan guru.

Buku K-13 Terlambat, Mid Semester Lancar

BATAM (HK)-Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Drs H Muslim Bidin mengatakan, meski buku Kurikulum 2013 (K-13) terlambat didistribusikan pusat, namun pelaksanaan ujian mid semester di masing-masing sekolah berjalan lancar. Kata Muslim keterlambatan buku K-13 ini tak berpengaruh terhadap proses belajar mengajar (PBM) guru. Apalagi Disdik telah membekali sekolah dengan CD padat berisi lengkap K-13, serta guru telah terlatih dengan baik akan penerapan K-13 dengan baik dan benar.

Fokus

13 Tahun Kota Otonom Tanjungpinang

Minggu, 19 October 2014
13 Tahun Kota Otonom Tanjungpinang

Masih Banyak Tugas yang Belum Tuntas

TANJUNGPINANG (HK) -- Tiga belas tahun sudah...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...