Senin11202017

Last update05:00:00 AM

Back Pendidikan

Target 2018 Siswa UNBK Capai 70%

Peserta UNBK Jenjang SMP Dinilai Masih Kecil

JAKARTA (HK) -Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memasang target pelaksanaan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) jenjang SMP/sederajat cukup tinggi. Tahun ini UNBK meng-cover sekitar 40 persen peserta ujian. Tahun depan (2018) pemerintah menargetkan 70 persen siswa ikut UNBK.

Rata-rata Siswa Tak Tahu Hari Pahlawan

BATAM (HK) - Jumat, tanggal 10 November kemari,  merupakan Hari Pahlawan yang diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia. Namun disayangkan, di moment peringatan Hari Pahlawan ini, beberapa siswa ternyata masih belum mengetahui kalau hari Jumat itu merupakan hari Pahlawan.  Dari 20 siswa di satu sekolah saat ditanya, tak satupun tahu kalau hari Jumat itu merupakan Hari Pahlawan.

2018, Sekolah Peserta UNBK Batam Berkurang

Dinilai Biaya UNBK Cukup Berat

BATAM (HK) - Dipastikan pada tahun 2018 mendatang sekolah yang menjadi peserta  ujian nasional berbasis komputer (UNBK) di Batam akan berkurang. Pasalnya sejumlah sekolah mengaku tak sanggup lagi menggelar UNBK dikarenakan biayanya cukup mahal, meski dengan cara menumpang di sekolah lain.

Sekolah Jadi Tumbal Kebijakan

Biaya UNBK Memang Mahal

Memasuki tahun 2018 merupakan tahun ke empat dilaksanakannya ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Diawali tahun 2015 untuk pelaksanaan UNBK ini dengan peserta sebanyak 500 sekolah se Indonesia. Dari tahun ketahun sekolah peserta UNBK semakin meningkat, kendati dengan cara menumpang di sekolah lain. Hal ini dikarenakan pemerintah pusat sangat menganjurkan bahkan mewajibkan sekolah untuk melaksankan UNBK.

Pentingnya Program PKL Siswa SMK

Salah satu alasan utama orang tua dan siswa memilih Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah ingin segera bekerja setelah lulus sekolah. Karenanya, menjadi tanggungjawab bersama semua pihak menyiapkan lulusan sekolah kejuruan ini bisa siap bekerja setelah menyelesaikan pendidikannya.

SMPN 12 Batam Konsisten Wadahi Minat dan Bakat Siswa

Delapan Juara Diraih Selama Sebulan

BATAM (HK) - Selama bulan Oktober 2017 ini, siswa-siswi SMPN 12 Batam berhasil mengumpulkan 8 juara baik tingkat nasional maupun internasional. Seperti kejuaraan karate tingkat internasional yang baru Oktober kemarin di gelar di Singapura,  siswa SMPN 12 Batam berhasil meraih juara I dan juara III, begitu pula pada Oktober ini diajang cerdas cermat agama mewakili Provinsi Kepri tingkat nasional di Aceh, regu SMPN 12 Batam berhasil meraih juara I.

SMAN 1 Karimun Juara Lomba Sekolah Sehat

KARIMUN (HK)-Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 Karimun menjadi juara 1 lomba sekolah sehat tingkat SMA Se-Kecamatan Tebing. Sementara, juara 2 diraih MAN Karimun fillial, sedangkan juara 3 SMKN 1 Karimun. Pengumuman sekaligus penyerahan pemenang lomba tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Camat Tebing, Jumat (3/11).

SMKN 6 Batam Teken MoU dengan PT DSAW

Lepas 5 Siswa Magang

BATAM (HK)-SMK Negeri 6 Batam terus berupaya menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan menghasilkan tamatan yang  handal bermutu, serta berdaya saing tinggi. Salah satunya pada Jumat (4/11) sore, SMKN 6 Batam melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT. Dwi Sumber Arca Waja (DSAW) yang berlokasi di kawasan industri Kabil.

SMKN 6 Batam Pilot Project Revitalisasi SMK

BATAM (HK) - Kabid Pembinaan SMK Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Kepri, Dr Muh Dali MM, mengatakan SMKN 6 Batam merupakan satu-satunya SMK di Provinsi Kepri dijadikan pilot project program revitalisasi SMK dan SMK Kawasan Industri. Dali berharap, program yang diterapkan di SMKN 6 Batam bisa dijadikan model bagi SMK lain dalam upaya peningkatan kualitas dan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM) lulusan SMK sesuai instruksi presiden nomor 9 tahun 2016.

SMKN 6 Batam Akan Buka Jurusan Welding

Menjawab Kebutuhan Industri

BATAM (HK) - Untuk menjawab kebutuhan industri mulai tahun ajaran baru mendatang, SMKN 6 Batam akan membuka jurusan baru Welding atau teknik pengelasan. Mendasari dibuka lulusan tersebut, menurut Kepala Sekolah SMKN 6 Batam,  Deden Suryana MPd dikarenakan lulusan dari jurusan teknik las sangat dibutuhkan di dunia industri, baik industri besar maupun industri kecil. Disamping itu juga dalam rangka membangun link and match antara SMK dengan industri.

Dua Pelajar MAN IC Batam Wakili Indonesia

ldks  di man ic batamTerpilih Delegasi AYIMUN 2017

BATAM (HK) - Dua pelajar  Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MANIC) Batam, Alif Akbar Hafid merupakan siswa kelas XI dan Aura Vitra Dennisa Antoni yang duduk di kelas X. Mereka ini terpilih mewakili diajang Asia Youth International Model United Nation (AYIMUN) 2017 yang diikuti 1.000 peserta dari 26 negara yang berasal dari Asia Tenggara, Amerika Utara dan Selatan, Eropa dan Oceania.

Manfaat Belajar Kelompok

Berbagai penelitian dan juga diskusi menyimpulkan, bahwa belajar kelompok memberikan banyak manfaat bagi pesertanya, dalam meningkatkan pemahaman dan penguasaan siswa terhadap bahan belajar yang diberikan guru di sekolah.

Menjadi Guru yang Disenangi Murid

Menjadi guru yang disenangi oleh murid, tentu menjadi harapan dan impian semua guru. Dengan itu kehadirannya di ruang kelas selalu dinanti, bahkan ketika berhalangan hadir murid merasa kehilangan dan berupaya mencari tau.