Sabtu01202018

Last update05:00:00 AM

Back Pendidikan

Siap Sambut USBN SD

Siswa Dibiasakan Berlatih Soal US

BATAM (HK) - Sejumlah sekolah dasar (SD) di Batam mengaku siap apabila nanti pada ujian akhir siswa kelas VI mengunakan pola dari Ujian Sekolah (US) menjadi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Hal ini dikarenakan sejak awak persiapan US, siswa telah dibiasakan berlatih soal-soal yang mengacu pada kisi-kisi US standar nasioanl.

Verifikasi Ulang Beasiswa Dipertanyakan

Dari Unjuk Rasa Mahasiswa Belum Ada Realisasi dari Panitia PPTK

BATAM (HK) - Sejumlah mahasiswa mempertanyakan hasil verifikasi penerima beasiswa untuk mahasiswa Kepri tahun 2017 ini. Pasalnya sejak digelarnya demo oleh mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Terpelajar (APT) beberapa waktu lalu di Kantor Disdik Kepri, hingga kini belum ada realisasinya dari pihak Panitia Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK).  

Manfaat Mendampingi Anak Belajar di Rumah

Mendampingi anak belajar, terutama anak yang masih duduk di Sekolah Dasar (SD) memberikan banyak manfaat. Karenanya orang tua dianjurkan sebisa mungkin mendampingi putra-putrinya belajar di rumah.  

FSGI Beri Rapot Merah Kinerja Kemendikbud

JAKARTA (HK) - Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) memberi nilai merah terhadap kinerja dan kebijakan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sepanjang 2017. Enam poin yang mendapat perhatian khusus FSGI yakni terkait kebijakan sistem zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), full day school, kekerasan di dunia pendidikan, kontrol buku pendidikan yang lemah, peringkat PISA, dan tunjangan profesi pendidik.

Soal UN Semakin Sulit

Dinilai Lebih Bagus Mengukur Kemampuan Siswa

BATAM (HK) - Meski ujian nasional (UN) bukan lagi penentu kelulusan, namun tingkat kesulitan soal-soal UN tahun 2018 akan dinaikkan. Selain ada soal pilihan ganda, namun ada pula bersifat essai.  Hal ini mendapat reaksi dari berbagai pihak, terutama dari guru dan para pelajar yang menjadi peserta UN.

Jangan Remehkan Profesi Guru

Kita mengenal profesi seorang guru adalah profesi yang sangat mulia. Tidak ada profesi yang dapat menyaingi kemuliaan profesi seorang guru, karena di atas pundaknya ia diserahi tugas untuk mengajar para murid-muridnya menjadi manusia yang berilmu dan;

Gelar Perkemahan Pelajar Lintas Agama

gelar perkemahan pelajar lintas agamaKemenag Perkuat Persatuan dan Kesatuan

BATAM (HK) - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam untuk kedua kalinya menggelar Perkemahan Pelajar Lintas Agama bertempat di Lantamal, Tanjung Sengkuang Batam. Hal ini dimaksud untuk memeriahkan Hari Amal Bakti Kementerian Agama (HAB) ke 72. Kegiatan ini telah dilangsungkan selama dua hari Kamis – Jumat, 14 – 15 Desember 2017 lalu dengan ikuti oleh pelajar lintas agama baik dari sekolah di bawah binaan Kementerian Agama (Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsnawiyah) maupun sekolah umum. Dari Hindu diwakili oleh Pasraman Jnana Sila Bhakti.

Menumbuhkan Spirit dan Jiwa Wirausaha Sejak di Bangku Sekolah

Keterbatasan lapangan pekerjaan telah mempersempit peluang penerimaan di suatu perusahaan, karenanya dibutuhkan suatu pemikiran bersama agar generasi muda tidak lagi terfokus menjadi pekerja, tetapi bagaiman menciptakan peluang sendiri melalui jalur wirausaha.

Tantangan Guru di Era Digital

Guru sebagai aktor utama pendidikan tidak boleh tutup mata. Guru hari ini harus lebih pintar dan cerdas dibandingkan murid-murdinya dalam menyikapi perkembangan teknologi yang semakin melesat.

Lulusan Poltek Harus Sesuai Tuntutan Dunia Kerja

Indonesia diprediksi akan kekurangan sebanyak 85 juta tenaga kerja dengan keterampilan memadai untuk menggerakkan perputaran roda ekonomi pada 2020 mendatang. Menurut Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2015-2019, Indonesia bahkan akan membutuhkan sedikitnya 113 juta pekerja terampil pada tahun 2030.

UNBK Bisa Pakai Smartphone

BATAM (HK) - Praktisi IT Kota Batam, Ilham Yudi mengatakan, bahwa ujian nasional (UN) bisa mengunakan smartphone tak harus komputer atau laptop melulu. Hal ini juga dalam upaya sekolah mengantisipasi kekurangan perangkat unit komputer. Menurutnya, UN menggunakan smartphone, hampir sama dengan mengunakan komputer. Karena kedua-duanya bisa mengunakan aplikasi.

Strategi Berlibur Sembari Belajar

Masa liburan menjadi momen yang dinantikan hampir seluruh siswa, dan bisa dipastikan momen ini berlaku untuk semua jenjang pendidikan. Karena masa libur memberi ruang yang lebih untuk hal-hal lain diluar Rutinitas sekolah, seperti halnya waktu tidur, waktu bermain atau juga waktu berkumpul dengan keluarga.

Sepakat Gelar UNBK Mandiri

Hasil Pertemuan Bersama Komite, Sekolah dan Orang Tua

BATAM (HK) - Kegundahan kepala sekolah, guru dan siswa-siswi kelas IX di SMPN 4 Batam akan ujian nasional berbasis komputer (UNBK) khawatir batal di gelar  akhirnya terobati, setelah pihak komite bersama sekolah dan orang tua menggelar pertemuan mencari solusi terbaik agar SMPN 4 Batam tetap menggelar UNBK seperti tahun lalu.