Selasa09022014

Last update01:31:19 AM

Back Pendidikan

7 Siswa Lulus Masuk STP

BATAM (HK)-Sebanyak 7 siswa lolos masuk Sekolah Tinggi Perikanan (STP) di Jakarta melalui seleksi rayon daerah Kepulauan Riau. Dikutif dari laman Disdik Provinsi Kepri, ke 7 siswa tersebut adalah Wan Siswandi, Leonardo, Mohamad Novanda Azmansyah, Raja M Fardhansyahrullah, raja Salik Nuhakim, Muhammad Sahri, dan Sugi Kurniawan.

Keberhasilan K-13 Terletak di Guru

Pelatihan Perlu Terus Dilakukan

BATAM (HK)-  Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Kabid Dikdas) Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, Rustam Efendi mengatakan, bahwa kunci utama keberhasilan pendidikan dalam penerapan Kurikulum 2013 (K-13)  itu terletak pada guru. Maka dari itu potensi yang ada pada guru harus terus ditingkatkan, serta banyak melakukan pelatihan-pelatihan. Begitu pula kata Rustam, bagus atau jeleknya mutu pendidikan di Batam sebagian besar ditentukan kualitas guru juga.

Nicittra Diwyastri, Siap-siap Ikut Porprov

BATAM (HK)-Nicittra Diwyastri saat ini tengah bersiap-siap ikut diajang Porprov dalam pertandingan catur. Ia merasa untuk lomba satu ini akan meraih juara, karena pengalaman dibidang catur telah ia miliki. Salah satunya pernah meraih juara I lomba catur tingkat Provinsi dan mewakili Provinsi Kepri diajang O2SN di Palembang.

Fayza Azzahra, Target Juara Renang Nasional

Cewek imut ini memiliki target bisa meraih juara I tingkat nasional bidang renang. Dialah Fayza Azzahra, yang sebelumnya siswa yang duduk di kelas VII SMPN 6 Batam ini, pernah mewakili Kepri diajang O2SN tingkat nasional di Balikpapan.

Kegiatan Ospek di Unrika, Membangun Mahasiswa Berkarakter

BATAM - Sebanyak 1.100 mahasiswa dan mahasiswi baru dari Universitas Riau Kepulauan (Unrika) Batam melaksanakan orientasi study dan pengenalan kampus (Ospek) selama dua hari yang dimulai sejak Sabtu (23/8) hingga Minggu (24/8) kemarin. Kali ini tema Ospek berorientasi pada peningkatan kapasitas mahasiswa agar menjadi lebih berkarakter.

Sekolah Sulit Terapkan Sistem SKS

BATAM (HK)-Penerapan pola pembelajaran dengan sistem kredit semester (SKS), terutama di jenjang SMA sederajat terasa masih sulit untuk diterapkan di sekolah di Batam. Namun ada juga beberapa sekolah telah mampu menerapkan sistem SKS ini, yakni sekolah unggulan.

Sistem SKS di SMAN 3 Batam Berjalan Lancar

Gantikan Kelas Akselelasi

BATAM (HK)-SMAN 3 Batam tengah menerapkan pola pembelajaran mengunakan sistem Sistem Kredit Semester (SKS). Menurut Kepala Sekolah SMAN 3 Batam, Vivi Kusumawati sistem SKS diterapkan di sekolahnya berjalan lancar dan tidak ada kendala. Malah kata Vivi sistem SKS ini akan membantu siswa dalam melakukan percepatan belajar di sekolah dan akan menggantikan kelas akselerasi yang tahun depan tidak akan diberlakukan lagi.

Hari Ini Workshop Gratis Haluan Kepri Digelar

BATAM (HK) - Media nasional Kepulauan Riau, Haluan Kepri tidak henti-hentinya memberikan pembaharuan informasi yang bermanfaat kepada masyarakat.

Alumni UNP Gelar Seminar Nasional

Peserta Terbatas 800 Orang

BATAM - Ikatan Alumni (ILUNI) Universitas Negeri (UNP) Padang menggelar seminar nasional, 31 Agustus 2014 mendatang di Harbourbay Amir Hotel. Seminar mengambil tema 'Kebijakan Pemerintah dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan, Kesejateraan Guru dan Implementasi Kurikulum 2013'.

Kesulitan K13 Konsultasi ke Klinik Guru

BATAM (HK)- Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam, menyarankan bagi guru yang menghadapi kendala atau merasa bingung dan kesulitan dalam penerapan Kurikulum 2013 (K-13) dipesilahkan untuk berkonsultasi ke Klinik Guru (teaching clinic). Klinik ini sengaja diadakan untuk membantu guru yang masih kebingungan dalam menerapkan K-13, terutama para guru swasta yang sekolahnya baru tahun ajaran ini diterapkan.

Acara Gebyar Idul Fitri PGRI Kota Batam

Minggu Malam, Dina KDI Akan Hibur Ribuan Guru

BATAM (HK)- Artis religi Dina KDI V akan menghibur ribuan guru pada acara akbar Gebyar Idul Fitri di Alun-alun Engku Putri Batam Centre, Minggu (24/8) besok malam. Acara yang di kemas dalam kegiatan halal bi halal para guru se Kota Batam ini, juga mendatangkan ustad kondang dari Jakarta, Ustd KH Alifuddin el Islamy.

LKS Boleh Diperjualbelikan

TANJUNGPINANG (HK) -  Kepala Sekolah SDN 015 Tanjungpinang Timur Ramli mengatakan, khusus untuk LKS hal itu memang boleh diperjualbelikan. "LKS itu kami tidak mewajibkan untuk membeli," ujarnya ketika ditemui di sekolahnya, Jumat (22/8).

SDN 07 Lubukbaja Manfaatkan Buku yang Ada

Tak Ingin Bebani Orang Tua Murid

BATAM (HK)-Dalam upaya meringankan biaya serta tak ingin membebani orang tua murid dalam pengadaan buku materi ajar, SDN 07 Lubukbaja menyiasati buku pegangan siswa dan guru dengan memanfaatkan buku yang ada. Karena sekolah ini yakni, bahwa pembelajaran mengunakan  buku yang telah dipakai sebelumnya takkan mengurangi materi yang disampaikan kepada siswanya. Kendatipun ada revisi, bisa diakali pihak guru.

Fokus

Bulan Agustus Panen Narkoba

Sabtu, 30 August 2014
Bulan Agustus Panen Narkoba

WILAYAH Kepri menjadi tempat transit bagi para tersangka narkoba. Terbukti selam...

Jejak

Jalan Tanah Bekas Jepang

Senin, 15 April 2013
Jalan Tanah Bekas Jepang

Di sembulang ada sejumlah jejak bekas markas Jepang yang hingga kini masih bis...