Rabu09282016

Last update05:00:00 AM

Back Pendidikan

DPR Ingin Beasiswa PPA Ditingkatkan

penerima beasiswaJAKARTA (HK)-- Anggota Komisi X DPR RI, Noor Achmad berharap Kementerian riset teknologi dan pendidikan tinggi dapat memperbanyak beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) untuk mahasiswa-mahasiswa berprestasi. Hal tersebut diungkapkannya menyusul masukan dari wakil rektor Universitas Sumatera Utara (USU) dan beberapa perguruan tinggi negeri lainnya di Sumatera Utara, Jumat (16/9).

Pramuka Direncanakan Masuk Pelajaran Formal

pramunka direncanakan masuk pelajaran formalJAKARTA (HK) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy mengatakan pihaknya sedang menggodok rencana memasukan Gerakan Pramuka yang semula sebagai kegiatan tambahan di luar jam sekolah untuk selanjutnya masuk jam pelajaran formal.

MAN Batam Terapkan Absensi Finger Print

man batam terapkan absensi finger printBATAM (HK) - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Batam tahun pelajaran 2016 / 2017 menerapkan system absensi untuk siswa-siswinya menggunakan teknologi absensi finger print. Hal ini mengingat siswa dan siswi yang masuk ke MAN Batam semakin banyak jumlahnya dari tahun ke tahun, sehingga berimbas pada kebutuhan pendataan absensi yang lebih cepat, akurat, efektif dan efisisien.

Jadikan Masjid Al Ghoffar Sebagai Pusat Kajian Islam

BATAM (HK) - Besar atau kecil, dan apapun corak arsitekturnya, masjid adalah tempat terpenting dalam hidup seorang Muslim. Tapi, benarkah dia tempat yang penting? Di mana letak pentingnya?

Kemenag Batam Ajak Ormas Tinjau MTs di Mongkol

kunjungan ke mts mongkolPULAU MONGKOL (HK) - Kementerian Agama Kota Batam bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Kepulauan Riau, Pengurus Pimpinan Wilayah Al Washliyah Kepri, Pimpinan Daerah Al Washliyah Kota Batam, dan Kepala Madrasah Aliyah Darul Ihsan Tanjung Sengkuang melakukan kunjungan ke Madrasah Tsanawiyah Nurul Iman Al Washliyah Pulau Mongkol Kecamatan Belakang Padang, Kamis (8/9) lalu.

Idul Adha, Siswa Sembelih Sapi Kurban

Dijadikan Ajang Pembelajaran

BATAM (HK)- Hari Raya Idul Adha dijadikan ajang pembelajaran bagi siswa dalam prosesi menyembelih hewan kurban. Bedanya momen kurban dilakukan umum pada Senin (12/9) lalu, namun sekolah menggelar kurban, Selas (13/9) saat siswa masuk sekolah.  Kegitan kurban ini selain merupakan ibadah, juga dijadikan praktik materi pelajaran agama Islam di sekolah.

SMKN 7 Batam Jadikan Kurban, Ibadah dan Pembelajaran Siswa

kurban smk 7 batamBATAM (HK)-Untuk yang kedua kalinya Keluarga Besar SMKN 7 Batam menggelar kegiatan kuraban bersama siswa dan guru. Meski jumlah hewan kurban tidak seberapa banyak, namun makna yang terkandung cukup besar, yakni selain ibadah juga dijadikan pembelajaran bagi para siswa. Pemotongan hewan kurban berlangsung di halaman sekolah SMKN 7 Batam  dihadiri langsung Kepala SMKN 7 Batam Nursya'bani MPd bersama-sama panitia kurban, guru dan siswa.

Dijadikan Ajang Pembelajaran Siswa

kurbanSMPN 26 Batam Kurban 4 Sapi dan 1 Kambing

BATAM (HK)-Dalam rangka Hari Raya Idul Adha, SMPN 26 Batam melakukan pemotongan hewan kurban 4 ekor sapi dan 1 ekor kambing. Kegiatan digelar di pekarangan sekolah, Selasa (13/9). Menurut Ketua Panitia Kurban, Sumadi SPd, bahwa sapi dan kambing yang di kurbankan itu merupakan sumbangan dari siswa dan guru, serta infak sekolah. Kegiatan ini juga selain ibadah, juga dijadikan ajang pembelajaran siswa.

Tumbuhkan Prestasi Lewat Ekskul

SDN 018 Sagulung Kemabngkan Bakat dan Minat Siswa

BATAM (HK)-Meski SDN 018 Sagulung termasuk sekolah baru, namun untuk menumbuhkan prestasi siswa terus digesa dengan mengembangkan minat bakat siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler (ekskul). Selama ini prestasi yang diraih tidak begitu banyak, namun untuk tingkat gugus sekolah ini telah beberapa kali meraih juara, diantaranya bidang seni tari, pramuka, maupun bidang olahraga.

Guru Malas Membuat Bahan LKS

BATAM (HK)-Rata-rata guru  di sekolah saat diminta komentarnya terkait pembuatan lembar kerja siswa (LKS),
mengaku malas. Berbagai alasan mereka kemukakan, diantaranya ada yang mengatakan sibuk terlalu banyak tugas yang harus diselesaikan, ada juga yang mengatakan malas karena repot harus mencari bahan, malah ada merasa capek karena tak diberi insentif.

Disdik Ingin Guru Lebih Kreatif

BATAM (HK)-Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam Drs H Muslim Bidin, menilai dengan membuat lembar kerja siswa (LKS) sendiri maka guru akan lebih kreatif. Bede dengan mengunakan LKS yang dibeli dari pihak swasta, selain membebani siswa, juga menghambat kreatifitas guru dalam proses belajar mengajar di sekolah.

Biar Siswa Cinta Buku dan Pandai Menulis

Sekolah Buka wasasan Siswa dengan Membaca

BATAM (HK)-Sekolah perlu mengalakan baca dan tulis (batul) pada siswa. Pasalnya sejauh ini, banyak siswa yang tidak lagi suka membaca buku lebih memilih membuka internet. Disamping itu juga, rata-rata siswa di sekolah tidak suka menulis, cenderung hanya mendengarkan. Alhasil tulisan siswa pun kurang bagus.

Membaca 10 Menit Sebelum Pelajaran Dimulai

siswa di perpustaanBATAM (HK) Sebelumnya Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batam Drs H Muslim Bidin, pernah menyerukan kepada pihak sekolah untuk menggalakan wajib membaca 10 menit sebelum jam pelajaran dimulai. Permintaan Muslim ini berkaitan dengan keinginan pemerintah agar generasi muda gemar membaca.