Rabu07262017

Last update05:00:00 AM

Back Karimun PKK Budayakan Makan Ikan

PKK Budayakan Makan Ikan

raja azmah berikan penghargaan pkkKARIMUN (HK)-Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten meminta kepada seluruh anggota Kesatuan Penggerak PKK dan masyarakat Karimun untuk membudayakan konsumsi ikan. Sebabnya, dalam ikan terkandung sumber protein yang tinggi. Apalagi, Karimun sebagai wilayah perairan termasuk salah satu produsen ikan.

Penekanan untuk membudidayakan ikan sebagai sumber utama konsumsi makanan bagi masyarakat Karimun itu dituangkan dalam kegiatan Hari Kesatuan Gerakan (HKG) PKK Kabupaten Karimun ke 45 tahun 2017 di Gedung Nasional Tanjungbalai Karimun, Kamis (18/5) pagi. Kegiatan itu dibuka Bupati Karimun Aunur Rafiq.

 

Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Karimun Raja Azmah Aunur Rafiq mengatakan, peringatan HKG PKK harus di jadikan momentum untuk melakukan evaluasi mengenai apa saja yang telah dilakukan oleh TP PKK selama setahun ini. Program tersebut juga harus diselaraskan dengan program pemerintah.

"Tema peringatan HKG PKK tahun 2017 ini adalah dengan hari kesatuan gerak PKK ke 45 tahun 2017, kita lakukan akselerasi program program PKK, tema ini mengandung makna bahwa program program PKK harus sejalan dengan program pemerintah sehingga dapat mewujudkan visi dan misi gerakan PKK," ungkap Raja Azmah.

Menurut dia, ada banyak kegiatan yang dilakukan dalam mewujudkan program PKK diantaranya terkait sosialisasi pengelolahan makanan berbahan dasar ikan, penilaian terhadap 10 program pokok PKK. Sosialisasi itu juga disejalankan dengan lomba bagi para peserta. Bagi kader PKK yang telah mengabdi untuk kepentingan masyarakat, diberikan piagam penghargaan.

Bupati Karimun Aunur Rafiq dalam kesempatan itu mengatakan, dalam menjalankan 10 program pokok PKK, bukan hanya menjadi tanggungjawab ibu-ibu PKK saja, melainkan juga menjadi tugas Camat dalam membantu Ketua Tim Penggerak PKK di tingkat kecamatan dalam mewujudkan visi dan misi program PKK.

"Setelah program PKK di tingkat kecamatan berhasil, maka seluruh Camat dan Ketua Tim Penggerak PKK di tingkat kecamatan untuk membantu program pemerintah daerah dalam berbagai bidang, khususnya bidang pertanian. Sebab, saat ini Pemkab Karimun tengah mengupayakan Karimun sebagai sentra pertanian, bahkan bisa berpotensi untuk daerah pengekpor hasil pertanian," ungkap Rafiq.

Salah satu upaya untuk mewujudkan bidang pertanian, kata Rafiq adalah dengan membangun 5 tanaman obat keluarga (toga) di setiap kecamatan. Pemkab Karimun melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, akan membantu mewujudkan program itu dengan memberikan bantuna bibit serta pupuk.

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana HKG PKK Kabupaten Karimun ke-45 tahun 2017, Syafrida Firmansyah menjelaskan, salah satu kegiatan yang ditampilkan dalam HKG itu adalah demonstrasi usaha yang berbahan dasar ikan, seperti masakan asam pedas ikan. Dengan adanya demo itu, maka akan meningkatkan usaha kecil masyarakat.

"Kegiatan ini diikuti 250 orang peserta dari PKK di tingkat kecamatan dan Kabupaten Karimun. Kegiatan ini juga diikuti oleh organisasi OPD, organisasi perempuan baik yang vertikal, maupun kelurahan, desa, kecamatan dan Kabupaten Karimun serta PMD Kabupaten Karimun," pungkas Syafrida. (ham)

Share