Rabu09032014

Last update12:00:00 AM

Back Karimun Peringatan HUT RI ke-68 di Karimun Bakal Meriah

Peringatan HUT RI ke-68 di Karimun Bakal Meriah

KARIMUN (HK) - Dalam perayaan hari kemerdekaan Republik Indonesia ke 68 pada 17 Agustus mendatang, Pemkab Karimun bakal menggelar kegiatan lebih meriah dan semarak dari tahun sebelumnya. Pemerintah  melibatkan masyarakat umum untuk ikut serta dalam segala kegiatan, demikian dikatakan Sekda Karimun, TS Arief Fadillah.
Saat ini lanjut Arief, Pemkab Karimun sudah dapat surat edaran dari pemerintah pusat, bahwa dalam kegiatan peringatan HUT RI nanti telah ada logo dan temanya. Jadi dalam rapat yang dihadri semua instansi dan unsur Kamis kemarin (13/6) di lantai tiga Kantor Bupati, sudah dilakukan pembentukan atau menunjukan panitia pelaksana.

Menurut Arief, berhubung peringatannya setelah lebaran, kemungkinan disatukan dengan acara halal bihalal. Semua stake holder ikut ambil bagian. Dimana biasanya panitia pelaksana akan dilakukan secara bergantian dan untuk tahun ini Polres Karimun sebagai ketua panitia. Sedangkan wakilnya adalah dari Kodim 0317 dan TNI Angkatan Laut.

"Dalam kegiatan itu nanti tidak cuma unsur pemerintahan saja yang akan menikmati atau yang terlibat. Melainkan semua unsur masyarakat sehingga kemeriahannya bisa dinikmati bersama-sama," ujar Arief, kemarin.

Untuk itu kata dia, Pemkab Karimun telah mencanangkan kegiatan gotong royong secara berkesinambungan, kemudian menginstruksikan pengecatan rumah atau ruko. Selain itu pula dari Dinas Pariwisata Seni dan Budaya (Disparbud) juga sudah merancang kegiatan seperti sampan layar, makan buah tmpatan di Kundur dan sebagainya. Yang pada intinya semua kegiatan yang diagendakan punya arti sendiri.

"Kenapa kita lakukan rapat lebih awal, ya karena sebntar lagi masuk bulan puasa, jadi saat ramadhan nanti kita tinggal rapat evaluasi. Apa lagi anak-anak Pasukan Kibar Bendera (Paskibra) juga sudah harus dipersiapkan karena sebentar lagi kita puasa. Pakaiannya sudah hrus dibuat karena tukang jahit sebntar lagi penuh, kan mau lebaran dan banyak orderan," katanya.

Sedangkan lokasi upacaranya menurut Arief, akan dilakukan di Coastal Area. Dengan alasan tempat tersebut merupakan salah satu ikon Kabupaten Karimun. Beberapa persiapan sarana dan prasarana juga sudah dilakukan seperti tempat VIP telah diperbesark. Disamping itu pula, lokasi tersebut nantinya akan dijadikan tempat berlangsungnya kegiatan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) tingkat Provinsi Kepri ditahun mendatang. Sehingga fasilitas tersebut akan digunakan secara berkesinambungan.

Seperti diketahui, perayaan hari kemerdekaan RI yang digelar pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya dalam tiga tahun berturut-turut belakangan ini bersamaan dengan puasa ramadhan. Sehingga acara yang digelar pun tidak se semarak pada saat hari biasanya dan dilakukan di halaman rumah dinas Bupati Karimun. Sedangkan peserta upacaranya juga  terbatas. Namun untuk tahun ini dipastikan akan berbeda dan akan semakin semarak, karena berlangsung setelah seminggu lebaran Idul Fitri diperingati, yang tentunya disejalankan dengan acara halal bihalal.(gan)

Share