Jumat08292014

Last update12:00:00 AM

Back Layanan Umum Perlu Rehabilitasi Panti

Perlu Rehabilitasi Panti

Halo Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, tolong bangun pusat rehabilitasi panti bagi masalah penyakit masyarakat, hal ini dipandang perlu. Karena cukup banyak seperti gelandangan, anak jalanan, orang gila dan lainnya. Sejauh ini belum ada penanganan yang serius, padahal cukup banyak permasalahan di Kabupaten Lingga ini. Atas perhatian diucapkan terima kasih.

Wassalam

Tengku Akhar
081364244xxx
Warga Dabo
Kabupaten Lingga

Jawab

Terima kasih pak Akhar atas suratnya. Memang persoalan penyakit masyarakat di Kabupaten Lingga ini cukup banyak. Namun sayang Pemkab Lingga tidak menganggarkan dana untuk menangani masalah tersebut, termasuk orang gila (orgil) pada tahun 2012 ini. Kalau tahun lalu, kita masih ada anggaran, seperti jatah tiga orgil untuk dikirim ke Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Pekanbaru melalui dana penanganan penyakit sosial Provinsi Kepri.

Terkait persoalan orang gila tidak lah mudah, apalagi mengirimkan orang gila itu ke Pekanbaru.  Pemkab Lingga melalui Dinsosnakertran berusaha bagaimana orang gila ini jangan sampai meresahkan masyarakat.  Pihaknya juga memberikan pengertian dan pemahaman kepada keluarga mereka. Bahwa tindakan mengirimkan mereka ke RSJ ini adalah adalah satu anternatif untuk kesembuhan orang gila itu sendiri. Namun dalam pelaksanaanya memang masih ada juga keluarga yang tidak mengizinkan.

Meski jumlah orgil  tidak begitu banyak namun cukup membuat miris bagi warga lain yang melihat mereka berkeliaran. Dengan pakaian kotor  pada setiap emperan toko seputar Jalan Merdeka. Beberapa orang gila kadang sering menggangu warga yang sedang berhenti di warung-warung kopi yang ada di Kecamatan Singkep. Saat ini setidaknya ada enam orgil  yang kerap berkeliaran di pasar-pasar dan juga pemukiman warga di Kota Dabo Singkep. Beberapa waktu yang lalu aparat Polsek Dabo Singkep sempat menurunkan anggotanya untuk mengamankan orang gila. Aksinya yang meresahkan warga dan membawa senjata tajam membuat warga resah. Hal ini perlu penanganan. Sekian.


Hormat Kami

Ayuzar
Plt Kepala Dinsosnaketrans
Kabupaten Lingga


Share