Minggu04202014

Last update12:00:00 AM

Back Layanan Umum Berapa Lama Proses Balik Nama

Berapa Lama Proses Balik Nama

Halo instansi terkait mau tanya, berapa lama proses pengurusan sertifikat dibalik nama ini karena saya meminta orang lain untuk mengurusnya rumah yang saya saja dibeli. Hampir satu bulan proses pengurusan dibalik nama ini belum juga selesai. Atas perhatian saya ucapkan terima kasih.

Hormat

Andika
0816366xxx
Warga Tiban Koperasi
Sekupang-Batam.

Jawab

Terima kasih pak Andika atas suratnya. Proses balik nama bagi sertifikat pecahan ini tidak lama, hanya sekitar satu minggu. Tak seperti pengurusan sertifikat HGB induk yang dipegang developer. HGB adalah hak untuk mendirikan bangunan di atas suatu tanah. Pentingnya HGB, karena tidak semua tanah itu merupakan hak milik. Intinya hak guna bangunan itu adalah hak yang peruntukkan atau penggunaannya hanya untuk mendirikan bangunan, misalnya, rumah, kios, apartemen, gedung dan lain-lain.

Jika nanti seluruh sertifikat pecahan telah diserahkan ke pembeli, maka sertifikat HGB induk tadi akan mati dengan sendirinya. Sementara kondisi pertanahan di Batam berbeda dengan daerah lainnya. Saat membeli rumah, misalnya, sertifikat yang didapat pembeli hanya berupa HGB bukan hak milik.

Meski demikian, sebaiknya pembeli segera melakukan penggantian nama di sertifikat rumah tersebut menjadi namanya. Kalau mau membeli rumah, sebaiknya tanya dulu sama developer sudah memiliki sertifikat HGB induk atau belum. Dan lebih bagus lagi kalau sudah dipecah sertifikatnya.

Setelah mendapat sertifikat pecahan, lanjutnya, pembeli sebaiknya segera mengurus proses balik nama ke BPN. Dengan membawa akta jual beli yang dibuat di depan Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT) serta surat rekomendasi dari BP Batam sebagai pemegang HPL. Demikian penjelasan ini semoga bermanfaat.

Hormat Kami

M Thamzil.  
Kasubag TU
BPN Batam

Share