Sabtu11292014

Last update12:00:00 AM

Back Layanan Umum Berapa Potongan Jamsostek

Berapa Potongan Jamsostek

Halo PT Jamsostek, mau tanya berapa persenkah potongan untuk jaminan sosial tenaga kerja yang dipotong oleh perusahaan setiap kali gaji perbulannya? Karena sejauh ini dalam slip gaji saya tidak tertera persentasenya hanya jumlah potongan saja yang tertera secara global. Atas penjelasannya diucapkan terima kasih.

Hormat Saya

Nuraini
08566533xxx
Warga Nagoya Garden
Kota Batam

Jawab

Terima kasih bu Nuraini atas suratnya.  Kebetulan  PT Jamsostek (Persero) telah mensosialisasikan penetapan peraturan pemerintah yang baru tentang perubahan ke delapan atas Peraturan Pemerintah (PP) nomor 14 tahun 1993, yakni menyangkut tentang penyelenggaraan program Jamsostek yang sebelumnya telah ditandatangani oleh Presiden Susilo Bambang Yudoyono pada 23 April 12 lalu pada Peraturan Pemerintah No 53 tahun 2012.

Perubahan penting dalam peraturan pemerintah yang baru ini  mengatur tentang iuran Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK) ini yang besarnya 3 persen untuk tenaga kerja lajang, dan 6 persen untuk yang sudah berkeluarga serta Jaminan Kematian.  Karena menimbang saat ini biaya pelayanan kesehatan meningkat cukup signifikan, sehingga batas atas upah sebesar Rp1 juta sebagai dasar perhitungan iuran JPK yang telah berlaku selama 19 tahun sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi saat ini.

Sehingga dengan diterbitkannya peraturan yang baru ini dan dengan kenaikan besaran iuran JPK sangat bermanfaat, termasuk cakupan pelayanannya lebih ditingkatkan yang di antaranya mencakup pelayanan cuci darah serta pengobatan untuk penyakit jantung, kanker, dan HIV/AIDS dan juga telah dilaksanakan medical check up bagi tenaga kerja yang telah berusia 40 tahun ke atas. Sekian penjelasan ini semoga bermanfaat.

Hormat Kami

Surya Rizal
Kepala Bidang Pemasaran
Cabang PT Jamsostek (Persero) Batam I.

Share