Jumat07212017

Last update05:00:00 AM

Back Lingga Stok Ikan di Pasar Daik Minim

Stok Ikan di Pasar Daik Minim

Akibat Musim Angin Selatan

LINGGA (HK)- Akibat cuaca pancaroba dan masuk musim selatan, stok ikan di pasar Rampai Rezeki Daik minim. Untuk kebutuhan lauk pauk masyarakat beralih konsumsi ke daging ayam.
Informasi yang diterima Haluan Kepri, sudah beberapa minggu stok ikan berupa ikan sunu, sagai, maupun memparang sulit didapati. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan pasar, pedagang ikan di pasar Rampai Rezeki turun ke beberapa titik lokasi nelayan ikan, namun yang didapatkan cuma ikan tangkapan dari bubu ikan.

Salah seorang pedagang ikan di Pasar Sinar Rampai Rezeki Daik mengaku sulit mendapatkan ikan, sudah beberapa hari ini mereka harus mencari ikan, para nelayan beralasan angin kencang dan bukan terang ikan sulit didapatkan.

"Kalau ikan karang seperti ini minat masyarakat kurang untuk membeli, mereka lebih memilih ayam potong. Mudahan-mudahan pada Ramdahan ini ikan mudah didapatkan," ujarnya, Rabu (17/5).

Dikatakan, sejumlah penjual ikan pasar Sinar Rezeki Daik juga mengaku sulit mendapatkan ikan untuk didistribusikan. Namun, sejumlah nelayan mengaku akibat musim selatan dan bulan terang angin juga sangat kuat membuat nelayan mengurungkan niat untuk melaut.

"Inilah cuma ikan yang ada, memang pengaruh angin selatan membuat ikan sulit didapatkan para nelayan. Sekarang memang angin tidak menentu,
ditambah lagi dengan bulan terang," imbuhnya.

Bukan tidak ada ikan, kata Am, belakangan ini ia hanya menjual ikan-ikan karang. Kalau ingin mendapatkan ikan yang biasa dijual tidak ada. Dia memperkirakan angin tidak menentu membuat ikan sepi di pasar.

"Jadi tidak heran pedagang ikan sepi, berjualan. Lihat saja lapak pedagang ikan pada sepi semua, karena tidak mendapatkan. Kalau dilihat masyarakat memilih membeli ayam potong, sebagai pengganti ikan," ujarnya.

Salah seorang konsumer ikan di pasar Daik, Nyonya Tinah mengaku sulit mendapatkan ikan di pasar sehingga dia membeli ayam sebagai pengganti ikan. "Sudah beberapa hari ini, Acik mencari ikan di pasar, sekarang hanya membeli ayam dan ikan kering saja sebagai pengganti ikan basah," pungkasnya.(put)

Share