Minggu09242017

Last update05:00:00 AM

Back Lingga Sekda: Cegah Konflik Sosial

Sekda: Cegah Konflik Sosial

peringatan hari satuan polisi pamong prajaPemkab Gelar Upacara HUT Satpol PP ke-67

LINGGA(HK)- Sekda Kabupaten Lingga Abu Hasyim mengingatkan keberadaan Satpol PP di lingkungan pemerintah daerah selain cepat dalam pelayanan juga melakukan langkah antisipatif untuk menghindari konflik sosial di masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Abu Hasyim saat apel memperingati Hari Ulang Tahun Satpol PP ke-67 dan peringatan Linmas ke-55 di halaman Kantor Bupati Lingga Daik, Rabu (17/5).

 

"Satpol PP juga harus mampu membuka ruang dialog dengan seluruh lapisan masyarakat serta selalu peka terhadap perubahan-perubahan sosial yang terjadi," kata Abu hasyim.

Menurut Abu Hasyim, tugas Satpol PP tidak hanya penegakan peraturan daerah, namun bertanggung jawab di bidang perlindungan masyarakat dan penangan bencana kebakaran. Dalam gerak tugasnya, Satpol PP juga harus memberi pelayanan cepat dan tepat atas ancaman, gangguan, halangan dan tantangan terkait ketentraman dan ketertiban umum.

Apalagi, kata Abu Hasyim, di era globalisasi, reformasi dan keterbukaan informasi saat ini yang sedang menguji kemajemukan bangsa, potensi besar yang dimiliki segenap Satuan Pamong Praja harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

"Kualitas instansi penegak Perda ini harus diberdaya dan diperkuat lagi. Baik dari segi sarana prasarana, sumber daya manusia, dan mata anggarannya," terang Abu Hasyim.

Untuk itu dia berharap di hari jadi yang ke-67 Satpol PP ini, kondisi yang kondusif dapat terus terbina dengan sinergi yang baik antara Satpol PP dan juga partisipasi dari masyarakat. "Saya berharap Satpol PP khusunya di Lingga semakin baik lagi. Terus berkomunikasi dengan Badan Intelejen Daerah ataupun masyarakat agar selalu tercipta kondisi yang aman dan tertib," harapnya.

Diketahui bersama, peringatan HUT Satpol PP jatuh pada tanggal 3 Maret 2017 lalu. Meski Lingga baru memeriahkan pada 17 Mei 2017 ini, pelaksanaannya tetap berlangsung lancar dan meriah, karena atraksi yang ditunjukkan para Personil dari Satpol PP Lingga cukup menghibur peserta upacara yang hadir. Mulai dari memperagakan pencak silat sampai dengan penangan kebakaran dan aksi melawan pendemo.  

Pantauan di lapangan, pelaksanaan upacara HUT Satpol PP itu berlangsung lancar dan khidmat dengan diikuti ratusan peserta mulai dari barisan TNI, Polri, Linmas, PTT dan THL serta para siswa SMA di wilayah ibukota Kabupaten Lingga.

Dalam upacara itu juga, para personil dari Satpol PP Lingga melakukan atraksi unjuk kebolehan mereka di depan para peserta upacara dan Sekda Lingga yang hadir sebagai inspektur upacara.(put)

Share