Selasa12122017

Last update12:00:00 AM

Back Lingga Gerai Ekraf Hadir Sambut Tamadun Melayu

Gerai Ekraf Hadir Sambut Tamadun Melayu

LINGGA (HK)- Gerai industri ekonomi kreatif (ekraf) hadir pertama kali di Kantor Camat Lingga Timur. Pertama kali gerai ekraf dibuka resmi Ketua TP PKK Hj Heryulita untuk persiapan menyambut perhelatan Tamadun Melayu November mendatang.
Camat Lingga Timur Gandime Diyanto mengatakan dibukanya gerai tersebut, pihak kecamatan secara langsung akan terlibat dalam pengembangan ekonomi kreatif masyarakat di Lingga Timur. Dalam hal ini, PKK yang ditujukan sebagai pengelola siap mempromosikan segala jenis produk unggulan hasil olahan masyarakat Lingga Timur.

"Ibu Bupati juga sampaikan, diharapkan semua Kecamatan di Lingga mempunyai gerai. Semoga ini jadi motivasi agar ekonomi kreatif mari terangkat," ujarnya Rabu (11/10).

Dikatakan, gerai ekraf masyarakat ini ide kreatifnya diambil berawal untuk menghidupkan ekonomi masyarakat. Jadi produk-produk khas olahraga masyarakat dapat dipromosikan dan dijual sebagai oleh-oleh dari Lingga Timur.

"Inisiatif ini memang berawal dari diklat kepemimpinan dalam rangka meningkatkan ekonomi, peningkatan pendapatanlah melalui gerai tadi," imbuhnya.

Sejumlah, rangkaian pembukaan gerai tersebut sekaligus diiringi dengan penyerahan pengelola gerai dari PKK Kabupaten Lingga kepada PKK Kecamatan Lingga Timur. Karena nanti, kata Gandime, pada proses berjalannya gerai ini akan dikelola oleh PKK Kecamatan Lingga Timur.

Selanjutnya gerai ini akan memasarkan segala jenis produk-produk masyarakat  Lingga Timur, seperti kerajinan lekar, gonggong, tudung saji, kerupuk, terasi serta bentuk kuliner.

Untuk sementara gerai akan dipromosikan di tingkat Kecamatan Lingga Timur. Namun bukan tidak mungkin menyambut perhelatan Tamadun Melayu yang akan digiatkan Pemkab Lingga tidak lama lagi, gerai industri kreatif Kecamatan Lingga Timur hadir di tengah Kabupaten Lingga sebagai pusat oleh-oleh khas.

"Jadi kita di sini membantu mempromosikan. Dengan adanya gerai ini mudah-mudahan orang lebih kenal. Dan masyarakat Lingga Timur ada kedai untuk mereka titipkan hasil kreasi mereka. Kita tidak memberi brand tapi kemasan kita atur lebih baik dan menarik minat pembeli," ujarnya lagi.

Selain itu, gerai industri kreatif di Kecamatan Lingga Timur ini merupakan gerai pertama yang dibentuk dari 10 kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga.

Sebagai yang pertama, dia berharap tercipta gerai ini dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat Lingga Timur. Sehingga dengan kreasi tangan-tangan terampil masyarakat dapat dijadikan nilai ekonomis. Sekaligus jadi motivasi Kecamatan-Kecamatan lain untuk melakukan hal yang sama guna meningkatkan pendapatan masyarakat dari sudut kreatifitas.

Pihak pengelola gerai juga ditekan lebih agresif mencari pelanggan dengan mengiatkan promosi memanfaatkan berbagai media, salah satunya media sosial, seperti Facebook, Fanspage, Instagram Bisnis, dan lainnya.

"Ya kita harap dengan ini ekonomi kreatif menengah masyarakat dengan promosi. Dengan promosi maka barang akan terjual," tutup dia. Selain dibuka dan dihadiri Ketua PKK Kabupaten Lingga, Hj Heryulita Wello didampingi Wakil Ketua Maratussoliha Nizar secara simbolis peresmian ditandai dengan pemotongan pita.(put)

Share