Sabtu11252017

Last update05:00:00 AM

Back Lingga PGRI Lingga Timur Gelar Lomba Orseni

PGRI Lingga Timur Gelar Lomba Orseni

kadis pendidikan lingga h kasiman didampingi ketua pgri kab lingga dan camat lingtim andri mediansyahMeriahkan HUT ke-72

LINGGA (HK)- Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 72, Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) cabang Lingga Timur (Lingtim) menggelar lomba olah raga dan seni (Orseni) antar guru dan siswa se-Kecamatan Lingtim. Lomba tersebut dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Lingga H Kasiman.

Ketua PGRI Lingtim sekaligus ketua panitia, Darwis Bendaot, S.Pd mengatakan lomba olah raga dan seni yang digelar, diikuti oleh seluruh perwakilan siswa dan guru-guru sekolah yang ada di Lingtim. Dengan jumlah 12 sekolah yakni delapan SD, dua SLTP dan satu SMK serta satu SLTA.

"Pembukaannya hari ini. Dibuka langsung oleh Kadis Pendidikan Lingga, Pak H Kasiman. Sengaja dibuka hari ini, karena lebih efektif tidak mengganggu jam belajar yang lain," kata Darwis, Minggu (12/11).

Dijelaskan, kegiatan lomba olah raga dan seni ini terselenggara atas dukungan maayarakat. Serta sumber dana dari sumbangan setiap sekolah membantu pendanaan dari 12 sekolah. Termasuk sumbangan donatur lain dan pihak ketiga.

Lomba olah raga yang digelar yakni cabang olah raga bola voli putra dan putri, sepak takraw, tenis meja putra single, tenis meja putri single. Terus, untuk seni lomba cabang tarian Melayu dan nyanyian Melayu.

"Adanya perlombaan olahraga dan seni ke 72 ini diharapkan siswa dan guru dalam menjalankan aktivitas sehari hari termotivasi. Serta memotivasi kawan kawan guru. Serta memicu semangat agar kegiatan serupa juga muncul di di kecamatan
se-kabupaten," terang Darwis.

Sebab, kata Darwis, PGRI Lingtim bisa munculkan kegiatan ini menjelang di akhir tahun. Untuk itu ia berharap, memeriahkan HUT PGRI. "Untuk memotivasi, karena Melalui ajang seni dan olahraga dapat menyalurkan   bakat-bakat siswa baik tingkat kecamatan maupun tingkat Kabupaten," imbuhnya.

Menurut putra asli Lingga tersebut, kegiatan lomba ini digelar di dua tempat yakni di SD Kerandin untuk lomba olahraga dan di Sungai Pinang untuk lomba seni. Berlangsung mulai hari ini hingga pada 15 November mendatang.

Semangat dalam rangka kemeriahan HUT PGRI ke-72 ini, sengaja digelar dengan tujuan untuk mempererat silaturahmi antar sekolah, baik itu guru-guru maupun siswa yang ada di Lingga timur.

"HUT ke 72 PGRI diperingati setiap tanggal 25 November. Maka sebelum hari itu, Untuk memeriahkan PGRI gelar pertandingan dan olah raga. Dengan delapan item cabang olahraga. Pembagian hadiahnya tanggal 25 November mendatang sekaligus upacara benderanya," ujar Darwis.

Menurut Darwis, peran PGRI cukup bermanfaat disamping menggelorakan pembangunan, pengembangan SDM generasi muda bangsa di masa depan.

Ia berharap, selaku ketua PGRI cabang Lingtim, pengembangan pendidikan berkarakter untuk generasi bangsa yang akan datang dapat terlaksana dengan kerja sama siswa dan guru sekabupaten Lingga. Serta guru-guru dapat menyampaikan permasalahan yang dihadapi guru-guru.

"Karena pada hari ini ada juga dialog langsung dengan Kepala Dinas pendidikan. Untuk kemajuan PGRI kedepan, PGRI juga harus kompetensi mengembangkan murid-murid," imbuhnya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga H Kasiman, mengatakan dalam rangka HUT PGRI yang ke-72 ini, pertama sekali guru-guru harus profesional dalam menjalankan tugas. "Meningkatkan silaturahmi. Karena selama ini tidak ada peransang dan motivasi guru. Inilah momennya," kata Kasiman.

Meski ini baru PGRI Kecamatan Lingga Timur yang gelar kegiatan, sudah pasti ada dukungan dari dinas. Karena dimulai dari bawah, dari tingkat kecamatan. "Sudah kuat dari bawah. Sehingga guru guru profesional," ujar Kasiman.

Dalam perlombaan ini juga, Kasiman berharap bukan  menang kalah. Namun yang diharapkan memupuk silaturahmi yang diutamakan. Karena selama ini, kata Kasiman guru hanya membawa jalan masing-masing. Dengan adanya HUT ke-72 PGRI ini lah bahwa guru harus profesional.

"PGRI Lingtim antusias sekali. Motivasi yang tinggi. Penuh semangat. Misi kita supaya guru guru semangat," ujarnya.(put)

 

Share